Jumat, 20 September 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BERBURU MAINAN ANAK MURAH DI PINGGIR JAKARTA
 
02 September 2011


(Jakarta – haltebus.com) Letaknya dipinggir Jalan Basuki Rahmat, Jakarta Timur. Di masa musim libur dan akhir pekan selalu banyak kendaraan terparkir. Ujungnya kemacetan tak jarang mengular hingga jalan masuk terowongan dari arah Kampung Melayu. Di musim libur Idul Fitri ini, pusat perdagangan mainan anak yang dikenal dengan sebut Pasar Gembrong menjadi salah satu tempat favorit warga Jakarta berburu mainan anak.

Di hari pertama setelah Lebaran, Kamis (1/9/11) siang misalnya, pengunjung berjubel untuk membeli mainan yang sebagian besar merupakan produk China. Pedagang senapan angin plastik, Feristiyanto, mengaku omzet penjualannya naik berkali-kali lipat dari hari biasa.”Kalau Lebaran pendapatan per hari mencapai Rp 15 juta, sementara di hari biasa hanya Rp 2 juta,” katanya sambil melayani pembeli.

Menurut Feristiyanto senapan angin plastik kini sedang laris. Hampir di setiap lapak senapan angin plastik dipajang. Harga senapan yang ditawarkan bervariasi dari Rp 10 ribu hingga Rp 245 ribu.

Meningkatnya pembelian di masa lebaran ini menjadi ritual tahunan. Kawasan di pinggiran Jakarta ini, selama seminggu sejak satu hari setelah Lebaran, banyak warga yang membeli hadiah lebaran. Belum lagi tak sedikit anak-anak yang membelanjakan uang yang diperolehnya saat lebaran.

Seorang ibu, Lita, mengaku menghabiskan Rp. 200 ribu untuk membeli dua jenis mainan anak. Dia sengaja datang ke Pasar Gembrong bersama seorang temannya untuk membeli mainan hadiah lebaran. “Saya baru membelikan mainan untuk anak perempuan saya, dan juga satu set mainan kereta untuk keponakan,” katanya sambil tersenyum

Menurut Lita, jika dibandingkan dengan toko-toko di Mall, harga mainan di pasar ini bisa separuhnya. Tak heran, banyak warga Jakarta dari berbagai kalangan kerap datang ke lapak-lapak yang sebenarnya tak layak disebut pasar itu. Bahkan, pedagang mainan anak juga sering ikut berburu mainan murah dalam partai besar untuk dijual kembali. Maklum, daerah ini sudah terkenal sebagai pusat penjualan mainan anak sejak 1990-an.

Jika anda sedang berlibur di Jakarta, tidak ada salahnya menyambangi pasar ini. Namun anda harus siap dengan sulitnya mencari parkir. Selamat berburu mainan.(mai/foto kompas.com)

Sumber : kompas.com

 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013