Rabu, 02 Desember 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SCANIA HADIRKAN PENANTANG BARU UNTUK BUS KOTA
 
20 Juni 2020


(Jakarta – haltebus.com) PT. United Tractors Tbk memperkenalkan bus terbaru dari Scania. Bus yang diaplikasikan untuk bus kota ini melengkapi varian bus kota Scania yang sudah ada. Scania K250IB/4x2 ini dihadirkan di Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Expo 5-8 Maret 2020 di Jakarta Convention Center, Jakarta. “Kami ingin menunjukkan komitmen driving the shift towards a sustainable transport system, untuk menciptakan mobilitas lebih baik dalam mendukung bisnis, masyarakat dan lingkungan, “ ujar Direktur Marketing PT. United Tractors Tbk, Loudy Irwanto Ellias, saat memperkenalkan Scania K250IB/4x2, Kamis (5/4/20).

Sejak 2014, Scania mulai ikut mendukung pemerintah, khususnya Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan. Di tahun itu, Scania meluncurkan bus gandeng berbahan bakar gas dengan standard Euro 6 pertama di dunia. Jakarta dipilih sebagai tempat peluncuran perdana. Di Jakarta ini, terdapat Bus Rapid Transit terpanjang di dunia, dengan total jalur mencapai 251 Km.

Pada 2015, Scania dipilih oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu penyedia bus bus kota untuk warga Jakarta, melalui PT. Transjakarta. Ada bus gandeng Scania K340IA/6x2*2 yang dipesan oleh Transjakarta diikuti oleh PT. Mayasari Bakti dan menyusul Scania K310IB/6x2*4 juga dipesan PT. Mayasari Bakti. Terakhir ada bus low entry (berlantai rendah) Scania K250UB/4x2 yang menyemarakkan Asian Games tahun 2018. Sedikitnya 400 unit bus Scania sudah beroperasi menyusuri jalan-jalan di Jakarta.











Setelah model terakhir banyak menarik perhatian, yakni Scania K250UB/4x2, PT. United Tractors Tbk ingin menghadirkan satu tipe yang banyak digunakan namun belum tersedia. “Scania K250IB/4x2 yang baru ini, melengkapi semua kebutuhan, saat ini di PT. Transjakarta, dan secara umum untuk kota-kota besar lainnya di Indonesia,” ujar Loudy menjelaskan.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan transportasi perkotaan, yang beberapa tahun ini mulai menggeliat dengan beroperasinya angkutan perkotaan aglomerasi di berbagai daerah, lanjut Loudy, PT. PT. United Tractors Tbk merasa perlu menghadirkan model bus yang lengkap. Jika ditilik dari beberapa kota, rerata bus-bus kota yang beroperasi adalah bus dengan kelas 15-16 ton dan bertenaga 260 HP. Sayangnya dalam kesempatan itu, Loudy belum mau membuka harga Scania K250IB/4x2.

“Kami melihat peluang yang ada dan sekaligus menghadirkan bus yang sudah terbukti ramah lingkungan. Bus ini sudah B30 ready, bahkan jika di saatnya nanti harus B100, ya sudah siap juga,” katanya merujuk kebjiakan pemerintah terkait campuran bio pada solar dari 30 persen, termasuk jika ada kebijakan ditingkatkan campurannya nanti.









Apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh Scania K250IB/4x2? Bus ini ditopang mesin diesel DC9 114 Euro 3, dengan isi silinder 9.000 cc, lima silinder segaris empat langkah dilengkapi turbocharger dan intercooler system. Tenaga yang dihasilkan 250 HP pada 1.900 RPM, dengan torsi maskimal 1.250 Nm pada 1.000-1.350 RPM.

Untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang, transmisi otomatis yang dilengkapi dengan retarder yang bisa diprogram agar mencapai konsumsi bahan bakar maksimal menjadi andalan. Pengaturan ini juga membuat bus lebih halus dari posisi berhenti dan berjalan atau sebaliknya. Selain itu, masih ada keunggulan yang belum ada di bus sekelas yang sudah beredar di Indonesia. Scania K250IB/4x2 dilengkapi dengan enam suspensi udara (dua di depan dan empat di belakang) yang diatur secara elektronik. Sistem Electronic Leveling Control memungkinkan pengemudi bisa mengatur ketinggian minimal, maksimal maupun mengatur ketinggian hanya satu sisi dengan memencet tombol.

Fitur unggulan standar Scania juga tersedia di bus debutan ini. Ada Electronic Braking System dan Anti-lock Braking System, ada juga Telematic Device yang terkoneksi dengan Scania Fleet Management Services. Sistem telematika yang disediakan Scania memungkinkan pemantauan operasional bus secara rinci. Sistem telematika yang tertanam di Scania K250IB/4x2 juga bisa memandu pengemudi untuk memaksimalkan operasional, sehingga tercapai efesiensi. Perilaku pengemudi juga bisa disesuaikan dengan karakter bus, berkat informasi yang tersedia pada instrumen digital yang sudah berbahasa Indonesia.











Loudy berharap, bus Scania K250IB/4x2 ini bisa menjadi jawaban untuk kebutuhan bus yang aman, nyaman dan sekaligus ramah lingkungan. Seperti moto mereka : Moving People, Changing Minds. Mengantarkan orang, mengubah pemikiran. “Target kami tahun ini bisa diaplikasikan di Transjakarta. Gak muluk-muluk,” kata dia.

Dalam kesempatan peresmian itu, Pelaksana Tugas Direktur Utama PT. Transjakarta, Yoga Adiwinarto ikut hadir. Dia berharap, Scania bisa mendukung operasional bus Transjakarta dengan model terbarunya. Sejauh ini, lanjut dia, bus-bus Scania sangat membantu operasional dan salah satu yang dikenal masyarakat Jakarta. “Kami sudah ada bus gandeng, ada bus maxi, terakhir ada bus low entry. Sekarang ya bus ini, hanya bus single yang belum ada modelnya untuk Scania. Dengan adanya model baru ini, Scania memiliki semua model yang dibutuhkan Transjakarta,” ujar dia.

Beberapa operator bus Transjakarta juga terlihat hadir. Ada pimpinan PPD, Pahala Kencana, juga salah satu pimpinan PT. Mayasari Bakti, Ade Mahpud ikut melihat dari dekat bus terbaru dari Scania itu. PT. Mayasari Bakti adalah pemilik bus Scania terbanyak yang beroperasi di Transjakarta.











Dalam catatan haltebus.com sedikitnya ada 56 bus gandeng Scania K340IA/6x2*2 dan 110 bus Maxi Scania K310/6x2*4 yang dioperasikan PT. Mayasari Bakti, salah satu operator bus yang lebih dari 40 tahun melayani transportasi kota Jakarta ini. “Pesan saya cuma satu, kalau bisa suku cadangnya jangan terlalu lama menunggu,” kata Ade saat berbincang ringan dengan dua direksi PT. United Tractors Tbk, Loudy I. Elias dan Iman Nurwahyu, serta Direktur Scania untuk Kantor Perwakilan Jakarta, Ted Goransson.

Sementara itu, salah satu pengusaha bus antar kota yang tak mau disebutkan namanya yang hadir di antara pengunjung, mengaku tertarik dengan spesifikasi Scania K250IB/4x2. Menurut dia, dari bus sekelas yang sudah beredar di Indonesia, spesifikasi Scania lebih unggul. “Entah apakah kira-kira cocok untuk bus AKAP? Saya mau lihat dulu secara operasional nanti seperti apa,” ujarnya. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013