Rabu, 28 Oktober 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SEGERA MELUNCUR MERCEDES-BENZ ECITARO G
 
22 September 2020


(Jakarta – haltebus.com) Daimler segera meluncurkan bus Mercedes-Benz perkotaan bertenaga listrik terbaru mereka dalam waktu dekat. Dalam rilis, Selasa (15/9/20) lalu, Daimler mengumumkan segera memperkenalkan bus eCitaro G yang menawarkan teknologi listrik terbaru mereka. “(eCitaro G) Ini secara opsional dilengkapi dengan baterai solid-state yang inovatif. Dengan konsep baterai ini, Mercedes-Benz memimpin teknologi tidak hanya di segmen bus tetapi juga dalam konstruksi otomotif di seluruh dunia,” demikian pernyataan Daimler yang dimuat di laman resminya.

Daimler, yang menjadi payung bus Mercedes-Benz memperkenalkan bus listrik tahun 2018. Mercedes-Benz eCitaro dibuat dalam versi 12 meter dilengkapi dengan teknologi andalan yang diklaim pabrikan Jerman ini andal untuk di segala cuaca berkat sistem sirkulasi suhu yang lebih maju yang melindungi perangkat lisrtik. Suhu luar ruang yang panas atau dingin kerap menjadi kendala operasional kendaraan listrik, terutama kendaraan berukuran besar.

Kini, para perancang Daimler membuat terobosan baru untuk model baterai yang diklaim lebih andal. Mereka menyebutnya dengan baterai solid-state. Baterai ini dirancang untuk menyimpan kepadatan energi tinggi, ramah lingkungan dan tahan lama. Dengan konsep ini, Mercedes-Benz lagi-lagi mengklaim sebagai pabrikan otomotif yang lebih maju, tidak hanya di segmen bus tetapi juga untuk kebutuhan konstruksi otomotif di seluruh dunia.

Sebelumnya banyak orang memperkirakan teknologi baterai yang bisa menyimpan tenaga listrik dalam jumlah besar dan cepat baru akan terwujud di pertengahan 2020-an. Namun, Daimler mewujudkannya lebih cepat. “eCitaro G baru adalah bus kota produksi seri pertama dalam kategorinya di mana pun di dunia yang dilengkapi dengan baterai solid-state,” begitu pernyataan tertulis Daimler.

Menurut Daimler, baterai solid-state memiliki kapasitas penyimpanan 25 persen lebih banyak dari pada baterai lithium-ion mendatang dengan elektrolit cair. Hasilnya adalah kandungan energi yang mengesankan sebesar 441 kWh untuk eCitaro G. Teknologi baterai ini juga bebas dari unsur kimia kobalt dan oleh karena itu sangat ramah lingkungan dalam pembuatan komponennya.

Selain itu, umur baterai solid-state sangat menyolok, lebih panjang. Saat membeli eCitaro dengan baterai solid-state, Daimler memberikan jaminan dasar untuk baterai tegangan tinggi hingga 10 tahun. Standar energi yang dirancang, yang bisa dihasilkan hingga 280 MWh per paket baterai.

Baterai solid-state, NMC ini memiliki keunggulan lain yakni pengisian cepat generasi kedua yang baru dan bertenaga. Karena baterai solid-state dibatasi dalam kapasitas pengisian cepatnya, Mercedes-Benz menawarkan generasi baru dari baterai NMC yang sebelumnya digunakan sebagai alternatif. Komposisinya secara khusus dipilih agar sesuai untuk arus pengisian dengan daya yang tinggi selama pengisian baterai dengan arus berdaya tinggi. Berkat kerapatan energinya yang bisa tersimpan di baterai, jangkauan untuk eCitaro G bisa lebih jauh.

Baterai NMC generasi baru ini memiliki kapasitas yang jauh lebih besar, sekitar 33 kWh, bukan 24 kWh per unit baterai. Jumlah maksimum unit baterai yang dipasang, bisa mencapai total 396 kWh. “Dalam hal geometri, baterai NMC baru berbentuk prisma, identik dengan baterai yang saat ini digunakan dan memiliki koneksi yang sama. Artinya, operator angkutan yang menggunakan eCitaro saat ini sebenarnya akan dapat menambah jangkauan kendaraannya dengan mengganti aki baru,” klaim Daimler dalam pernyataannya.

Teknologi baterai terbaru yang dicapai Mercedes-Benz menegaskan pengembangan menuju elektrifikasi bus kota sepenuhnya. “eCitaro G baru adalah bus gandeng listrik pertama yang membawa bintang tiga arah. Dua versi baterai baru ini juga akan digunakan untuk bus tunggal Mercedes-Benz eCitaro, yang diluncurkan pada 2018 dan telah terbukti memiliki nilainya berlipat,” demikian Daimler Buses menutup keterangannya. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013