Rabu, 28 Oktober 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MERCEDES-BENZ PUNYA SISTEM PENGEREMAN BUS YANG CANGGIH
 
23 September 2020


(Jakarta – haltebus.com) Daimler kembali meningkatkan teknologi pada busnya. Kali ini, sistem pengereman terbaru mereka, Active Brake Assist 5 ditanamkan pada model terbaru bus Mercedes-Benz Intouro. “New Intouro menjadi bus berlantai tinggi dengan tingkat ekonomis dan fleksibilitasnya yang maksimal, yang serba baru, meningkatkan standar bus untuk transportasi antar kota dan wisata ke tingkat yang sama sekali baru,” demikian rilis Daimler yang dipublikasikan Jumat (11/9/20).

Sejak lebih dari 10 tahun terakhir Daimler mengembangkan teknologi pada kendaraan niaga yang mereka produksi. Sejak diperkenalkan pada tahun 2007, sistem pengereman Active Brake Assist (ABA) terus dikembangkan. Baru berumur tiga tahun ABA 4, kini versi kelima dari ABA sudah terpasang pada bus. Jika tradisi sebelumnya, sistem yang canggih ditanamkan pada Travego atau Setra TopClass, kini giliran Intouro, satu di antara model bus Mercedes-Benz, selain Travego dan Tourismo, mendapat kesempatan pertama mengaplikasikan ABA 5.

Daimler menyebut, Mercedes-Benz Intouro hadir dengan standar yang serba baru, yang diklaim akan menaikkan standar untuk bus reguler maupun wisata ke level yang lebih tinggi. Sistem pengereman aktif dan otomatis ini, menurut Daimler meningkatkan keamanan dan keselamatan perjalanan. Sistem yang dirancang itu, tidak hanya untuk siapapun di dalam bus melainkan yang ada di luar bus, meski pejalan kaki sekalipun.

ABA pada dasarnya adalah sistem pengereman aktif dan otomatis, yang membantu pengemudi menghindari benturan. Dilengkapi Sideguard Assist (pelindung samping) yang aktif memindai situasi sekeliling bus. “Active Brake Assist 5, dan Sideguard Assist, menawarkan tingkat keselamatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk bus,” begitu Daimler menyebut keunggulan perangkat ini.

Pabrikan asal Jerman ini menyebut, ABA 5 memiliki prinsip kerja sama dengan versi terdahulunya, ABA 4. Daimler tidak menjelaskan secara rinci letak perbedaan dan keunggulannya. Namun mereka menegaskan, ABA 5 membuat kendaraan besar seperti bus bisa berhenti, dari bergerak ke posisi diam, dalam keadaan darurat/mendadak. Daimler menjelaskan, bus bisa berhenti total dengan aman saat mendeteksi adanya pejalan kaki, benda diam maupun bergerak.

Sistem pengereman ABA 5 yang ditawarkan sudah tersedia secara global pada produk bus Mercedes-Benz maupun Setra secara opsional. Cara bekerja sistem pengereman itu juga tidak bisa dipisahkan dari Sideguard Assist, sistem perlindungan sisi kendaraan. Bahkan Daimler pun menyebut, Sideguard Assist ini seebagai sistem dukungan operasional yang luar biasa.

Fitur Sideguard Assist memberikan kemudahan pengemudi saat bermanuver. Di saat bus berbelok, terutama dalam hal mengantisipasi di area yang tidak terdeteksi dari kabin pengemudi. Sideguard Assist berbasis radar yang bisa memperingatkan obyek bergerak seperti pejalan kaki atau pengendara sepeda dan obyek yang tidak bergerak.

Kedua sistem keamanan pengereman pada Mercedes-Benz Intouro yang baru, memberikan tingkat keamanan yang belum pernah ada sebelumnya untuk bus. Standar Mercedes-Benz Intouro pada dasarnya sudah dilengkapi dengan ESP (Electronic Stability Program), program keselamatan elektronik. Kehadiran Active Brake Assist 5 dan Sideguard Assist ini menggabungkan semua teknologi keselamatan yang saat ini tersedia untuk bus.

Mercedes-Benz Intouro terbaru adalah bus berlantai tinggi dengan tingkat operasional yang ekonomi dan fleksibilitas maksimum. Bus ini dirancang untuk memenuhi beragam kebutuhan, bus sekolah, bus wisata dan bus reguler dengan bagasi luas, serta untuk keperluan antar jemput karyawan. Perjalanan panjang maupun wisata menjadi lebih nyaman.

Dari sisi tampilan, Mercedes-Benz Intouro mengedepankan aerodinamika yang dioptimalkan. Bodi luar yang baru dikembangkan, lebih ringan untuk memastikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Meski efisensi bergantung operasional kendaraan, konsumsi bahan bakar Mercedes-Benz Intouro, tiga persen lebih rendah untuk varian standar. Mau lebih efesien? Ada fitur opsional yang bisa mengurnagi konsumsi bahan bakar yang lebih signifikan. (naskah : mai/foto : Daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013