Minggu, 24 Januari 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS TINGKAT HYBRID PERTAMA UNTUK IRLANDIA
 
13 Desember 2020


(Jakarta – haltebus.com) National Transport Authority (NTA) Irlandia meluncurkan gelombang pertama pemesanan bus Hybrid (diesel-electric) plug-in dari pabrikan bus Inggris, Alexander Dennis Limilted. Otoritas transportasi Irlandia itu meluncurkan 100 dari 180 bus yang dipesan pertama dan harus diselesaikan pengirimannya pada 2021. “NTA berkomitmen untuk transisi ke kendaraan transportasi umum tanpa emisi dan rendah emisi, dan dengan bus ADL baru ini, kami mengambil langkah signifikan menuju armada bus yang lebih berkelanjutan,” kata Chief Executive Officer NTA Irlandia, Anne Grahamsaid dalam rilis yang diterima haltebus.com, Kamis (10/12/20).

Bus yang dipesan adalah bus tingkat Alexander Dennis Enviro400ER. Januari 2020 lalu, NTA Irlandia sudah mengumumkan pembelian 180 unit bus. Pesanan tersebut merupakan bagian dari perjanjian kerangka kerja lima tahun untuk total hingga 600 unit bus Alexander Dennis Enviro400ER.

Dari 100 unit bus yang datang lebih awal, 74 unit bus akan dioperasikan oleh Bus Dublin di ibukota Irlandia. Sementara 26 unit bus lainnya akan dioperasikan oleh Bus Éireann di Galway. Bus Alxander Dennis Enviro400ER ini diharapkan mulai beroperasi pada awal 2021. NTA akan memperkenalkan kepada pemangku kepentingan dan pers di acara di Dublintoday.

“Kendaraan ini juga akan menambah beberapa kapasitas ekstra yang sangat dibutuhkan untuk armada kota kami di Dublin dan Galway dan kami berharap mereka mulai beroperasi di awal tahun baru,” ujar Grahamsaid.

Bus tingkat Alexander Dennis Enviro400ER adalah bus tingkat hybrid yang mampu menempuh jarak dengan penggunaan motor listrik setidaknya 2,5 kilometer tanpa emisi gas buang. Penggeraknya ditopang oleh sistem hibrida BAE Systems Series-ER. Sistem ini memiliki penyimpanan energi baterai lithium-ion generasi terbaru 32kWh. Sistem penyimpanan tenaga listrik juga bisa diisi daya secara eksternal melalui koneksi plug-in.

Alexander Dennis Enviro400ER juga diakui sebagai kendaraan bersih atau ramah lingkungan oleh Uni Eropa. Selain emisi gas buang melalui mesin dieselnya, sistem hibrida Enviro400ER secara otomatis mematikan mesin dieselnya pada kecepatan rendah. Saat mendekati dan berangkat dari halte, ketika bergerak mendekati diam dan mulai bergerak kembali energi listrik yang bekerja.

Director of Business Development for Power & Propulsion Solutions di BAE Systems, Ian Wilson, mengatakan, teknologi transportasi bersih di perkotaan sangat penting. Khususnya, untuk mencapai target masa depan transportasi tanpa emisi. “Sistem kami akan membantu Irlandia mengambil langkah selanjutnya menuju elektrifikasi penuh dan meningkatkan kualitas udara tempat orang tinggal, bekerja, dan berkunjung,” katanya menjelaskan.

Bus diesel-electric yang biasa disebut sebagai bus hibrida adalah salah satu bentuk transisi untuk mencapai target Uni Eropa yang bebas emisi. Sistem peggerak hibrida ini membantu mengurangi emisi dari penggerak diesel konvensional sekaligus alih teknologi ke arah penggerak listrik sepenuhnya pada bus.

President & Managing Director ADL, Paul Davies mengungkapkan, Alexander Dennis Enviro400ER sangat cocok untuk kebutuhan pengoperasian yang fleksibel. Menurut dia, pengoperasian bus dengan mode tanpa emisi, di titik-titik polusi udara di perkotaan, bisa dilakukan. “Dengan kemampuan untuk mengisi baterai secara eksternal, penggunaan pembangkit listrik on-board dapat dikurangi lebih jauh,” kata dia.

Davies menambahkan. generasi baru bus tingkat untuk Irlandia ini menunjukkan bahwa dengan fokus ADL pada inovasi. Dia menyatakan, ADL membangun bus yang dibutuhkan kota-kota, untuk mengatasi tantangan transportasi mereka. ADL sendiri memiliki produk-produk yang didominasi untuk keperluan bus perkotaan, baik single-deck maupun double-deck. Pada 15 September lalu, Enviro400ER yang dikembangkan bersama BAE Systems mendapat sertifikat dari Low Carbon Vehicle Partnership Inggris.

Enviro400ER lolos uji bisa beroperasi lebih dari tiga mil tanpa emisi gas buang. Sistem hirbida electric yang ditanamkan diakui Low Carbon Vehicle Partnership, lebih rendah. Berdasarkan uji yang dilakukan, Enviro400ER lebih rendah 31% dari yang ditetapkan untuk mengurangi efek rumah kaca akibat emisi gas buang di seluruh Inggris dibandingkan dengan mesin diesel Euro VI pada perbandingan yang sama.

ADL meluncurkan Enviro400ER pada 2019, saat Go-Ahead Group’s Brighton & Hove memperkenalkan 30 unit bus double-deck mereka untuk mengurangi emisi gas buang, untuk program Brighton’s Ultra Low Emission Zone. Versi plug-in dari Enviro400ER ini dipilih NTA Irlandia dalam kerangka kerjasama yang sudah disepakati untuk lebih dari 600 Enviro400ER.(naskah : mai/foto : alexander-dennis.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013