Minggu, 24 Januari 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
CITARO CAPACITY L SIAP MELAYANI GOTHENBURG
 
17 Desember 2020


(Jakarta – haltebus.com) Bus kota Mercedes-Benz Citaro CapaCity L siap mengaspal di kota Gothenburg, Swedia. Citaro CapaCity L dipilih setelah berhasil lolos dalam serangkaian pengujian yang ekstensif. “TÜV Rheinland telah mengkonfirmasi bahwa bus ekstra besar empat sumbu memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh otoritas transportasi Swedia (Swedia: Transportstyrelsen) mengenai stabilitas lateral dalam bus gandeng,” demikian rilis yang diunggah Daimler dalam laman resminya, Selasa (17/11/20).

Bus Mercedes-Benz Citaro CapaCity L ini diuji secara ketat selama beberapa hari. Sebagai kota yang sibuk, Gothenburg memiliki karakteristik kebutuhan yang tinggi untuk transportasi kotanya. Berkapasitas besar, memiliki kemampuan manuver yang baik dan stabil saat dikendarai.

Daimler menyebut, bus rancangan mereka berhasil lolos berkat teknologi yang ditanamkan pada bus yang memiliki kapasitas angkut hingga 191 orang itu. Kekuatan yang paling dominan dalam bermanuver adalah berkat pengontrol meja putar (turn-table atau sambungan-Articulation Turntable Control). Fitur ini juga memungkinkan peredaman yang bisa menjaga kestabilan bus gandeng yang diklaim Mercedes-Benz sebagai bus satu gandengan dengan kapasitas terbesar saat ini.

Citaro CapaCity L memiliki radius putar 24,47 meter dengan sudut putar minimum 7,1 meter. Manuver ini dimungkinkan karena sudut belok pada roda depan mencapai 42 derajat serta dibantu oleh poros keempat yang ikut berbelok saat bus bermanuver. Namun itu hanya bisa terjadi pada kecepatan di bawah 40 Km per jam. Saat bus melebihi kecepatan 40 Km per jam, sumbu keempat akan mengunci dan menjaga kestabilan bus saat melaju. ATC akan bekerja mengimbangi kestabilan bus yang didukung fitur Electronic Stability Program (ESP) itu.

Setelah lolos pengujian dan persyaratan ISO 14791: 2000 yang ditetapkan otoritas transportasi Swedia, barulah Mercedes-Benz Citaro CapaCity L diijinkan beroperasi. Operator bus di Gothenburg, TransDev memesan 23 unit Mercedes-Benz Citaro CapaCity L. Diharapkan akhir tahun 2020 sudah bisa beroperasi di sana.

Apa saja yang menarik dari Citaro CapaCity L yang besar ini? Citaro CapaCity L adalah bus gandeng 21 meter bersumbu empat. Bus gandeng kebanyakan memiliki panjang 18 meter dan bersumbu tiga. Daimler menyebut Citaro CapaCity L adalah penerus Citaro G bus gandeng tiga sumbu yang juga memiliki karakter kapasitas yang lebih besar di kelasnya.

Citaro Capacity L dilengkapi dengan mesin OM 470 10,7 liter berstandar Euro VI dengan dua pilihan tenaga yakni 360HP dan 394 HP didukung transmisi ZF Ecolife. Mesin ini disebut Daimler cukup mumpuni menopang bus yang bisa mengangkut penumpang dalam jumlah besar.

Diluncurkan 1 Desember 2014, Citaro CapaCity L ini langsung disambut Hamburger Hochbahn. Salah satu pengelola transportasi terbesar di Jerman itu, sangat perhatian dengan teknologi baru yang membuat pengoperasian bus kota menjadi lebih efisien.

Daimler menekankan, dimensinya yang lebih panjang dari bus gandeng lainnya, yakni 21 meter, membuat pemangku kepentingan perlu memikirkan regulasinya. Walaupun panjang, Daimler meyakinkan, Citaro CapaCity L bisa bergerak bahkan lebih lincah dari bus gandeng dengan panjang 18 meter. (naskah : mai/foto : daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013