Kamis, 06 Mei 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS OTONOM PERTAMA DARI IRIZAR BEROPERASI PENUH DI MALAGA
 
05 April 2021


(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan bus Irizar mengoperasikan bus otonom pertama, dalam layanan reguler pertama di kota Malaga, Spanyol. Ini adalah bus bebas emisi bertenaga listrik yang bergerak sendiri tanpa pengemudi pertama di negara itu. “Ini adalah bus Irizar ie 100 persen (bertenaga) listrik nol emisi, 12 meter dan ini adalah proyek perintis karena melibatkan penempatan kendaraan ukuran standar di jalan dalam situasi lalu-lintas kota yang sebenarnya,” demikian pernyataan Irizar melalui anak usahanya, Irizar e-mobility yang diterima haltebus.com, Kamis (18/2/21).

Bus otonom perdana itu adalah bagian dari proyek yang dinamakan AutoMOST. Dari informasi yang dihimpun haltebus.com, proyek masa depan ini merupakan kerja sama berbagai pihak di Spanyol untuk mewujudkan transportasi bebas emisi sekaligus efisien. Dalam Jurnal Teknologi Transportasi yang diterbitkan scirp.org Agustus 2018 disebutkan AutoMOST memiliki misi : 1) Transportasi yang lebih aman, dengan mereduksi kecelakaan akibat kesalahan manusia; 2) Peningkatan efisensi transportasi, dari sisi konsumsi energi maupun waktu; 3) Nyaman untuk pengguna maupun dunia usaha, baik para professional yang mengoperasikan maupun nilai yang didapat perusahaan; 4) Keterlibatan sosial, menyediakan mobilitas yang mudah bagi semua orang dari waktu ke waktu; 5) Akses yang mudah dari pinggiran menuju ke tengah kota maupun daerah yang sulit dijangkau. Jurnal ini menyebut, program AutoMOST berbasis kendaraan otonom itu memiliki dampak hingga €71 miliar pada tahun 2030.

Sementara Asosiasi Transportasi Dunia (Union Internationale des Transports Publics – UITP) menyebut, proyek AutoMOST dimulai 2017. Proyek yang didanai pemerintah Spanyol itu, memiliki tujuan mengembangkan teknologi kendaraan otonom untuk transportasi perkotaan. Lebih khusus lagi, lanjut UITP, AutoMOST memungkinkan penerapan sistem kontrol bersama (Dual Mode) untuk kendaraan otonom masa depan. Dengan mode ganda, memungkinkan layanan beroperasi lebih efisien dan fleksibel, dalam konteks infrastruktur yang cerdas dan terhubung.

Siapa saja yang terlibat dalam AutoMOST? Bus otonom pertama ini adalah hasil dari Proyek AutoMOST yang dibiayai oleh Centre for the Development of Industrial Technology (CDTI) melalui program CIEN. Ada Avanza yang berpartisipasi sebagai operator bersama 11 mitra, termasuk Irizar Group melalui Irizar e-mobility dan Datik. Universitas Politeknik Madrid, Insia, CEIT-IK4 dan Universitas Vigo juga ikut berpartisipasi dalam proyek AutoMOST. “Ini adalah proyek R&D percontohan yang dimulai empat tahun lalu dan selesai tahun ini, pada 2021, memenuhi tenggat waktu yang diproyeksikan,” demikian penjelasan Irizar e-mobility.

Irizar menyebutkan, proyek rintisan ini memiliki dua karakteristik yang menjadikannya sebuah terobosan. Di satu sisi terkait kemampuannya mengangkut penumpang dan di sisi lain, ada karakter interaksinya dengan kendaraan, pejalan kaki, dan infrastruktur dalam kondisi lalu-lintas sehari-hari di kota Malaga.

Bus menggunakan sistem penentuan posisi, panduan dengan presisi tinggi dan akan dihubungkan ke pusat kendali. Dari pusat kendali ini instruksi khusus dikirim ke setiap unit dan bus dapat dipantau dan perjalanannya diakses secara langsung (real time). Irizar e-mobility mengklaim, Malaga menjadi kota di Eropa pertama yang memiliki bus otonom di jalan-jalannya dan beroperasi dalam layanan reguler. “Ini adalah langkah besar menuju pengangkutan masa depan-pengangkutan berkelanjutan, terhubung, aman, dan otonom-di mana Irizar akan menjadi pemain kunci dalam transformasi,” demikian pernyataan Irizar.

AutoMOST baru-baru ini dianugerahi Penghargaan Desain Industri di ITS oleh Intelligent Transport Systems Society (ITSS) cabang Spanyol. AutoMOST akan menjadi implementasi sistem kontrol bersama (Dual Mode) untuk kendaraan otomatis masa depan yang memungkinkan layanan operasi lebih efisien dan dengan lebih banyak fleksibilitas dalam konteks infrastruktur yang cerdas dan terhubung.

General Manager Irizar e-mobility menegaskan keyakinannya untuk operasional bus otonom yang dioperasikan tanpa awak ini. Bus ini siap untuk memulai uji coba dalam kondisi operasi nyata (sehari-hari), dalam situasi lalu-lintas sebenarnya di kota Malaga. Ini adalah tes pertama jenis ini, dengan bus seukuran ini di Spanyol. Tanpa ragu, tes ini akan memberikan data dan pengalaman dalam operasional praktis sehari-hari, yang akan berkontribusi untuk memajukan tantangan besar demi masa depan Irizar Group,” katanya seperti dikutip dari sustainable-bus.com.(naskah : mai/foto : irizar-emobility.com/sustainable-bus.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013