(Jakarta – haltebus.com) PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), memperkenalkan produk mereka khusus untuk menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Pabrikan kendaraan komersial asal Jepang ini berharap produk ini bisa membantu pemerintah dalam memerangi penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Hino menyampaikan rasa simpati yang mendalam terkait Covid-19. Jumlah kasus mencapai lebih dari satu juta, tentunya ini bukan kasus kecil. Untuk itu penting bagi kita perlu berjuang bersama agar masalah ini bisa diselesaikan bersama dan aktifitas kita bisa kembali normal sesegera mungkin,” kata, President Director PT. HMSI Masato Uchida di Tangerang, (16/2/21).

Uchida menjelaskan, Hino aktif bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan produk Hino dalam rangka ikut memerangi Covid-19. Dengan produk Hino yang ada dan filosofi Total Support, kata dia, Hino siap mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Hino memperkenalkan dua produk mikrobus yang dimodifikasi untuk kendaraan Ambulan dan Mobile PCR Test. Berbasis Flexicab (Dutro SDB) dengan jarak sumbu 2,5 meter dan Flexicab L (Dutro SDBL) dengan jarak sumbu 3,4 meter. Untuk Flexicab diperkenalkan dalam bentuk Ambulan dan kebutuhan sejenis. Sedangkan Flexicab L diperkenalkan sebagai kendaraan Mobile PCR Test. Kedua kendaraan ini adalah hasil kerja sama PT. HMSI, Karoseri Gunung Mas, CV Ambulance Pintar Indonesia dan CV Anugerah Karya Mandiri.

“Berbicara tentang pandemi, kami dari Hino aktif bekerja sama dengan mengembangkan produk Hino untuk memerangi Covid-19. Kami yakin, produk-produk yang ditampilkan hari ini dapat memberikan dampak yang positif. Kita membutuhkan kendaraan tersebut,” ujar Uchida menambahkan.

Selain dua unit mikrobus, ada dua unit bus lainnya yang juga dipamerkan kepada beberapa undangan dari instansi pemerintah dan media. Satu bus Hino RK RK8JSKA-NHJ (R-260) yang dimodifikasi, hasil kolaborasi Karoseri Laksana dan PO. Sumber Alam, sirkulasi udaranya di dalam kabin. Karoseri Laksana menyebutnya dengan Bio Smart & Safe Bus.

Sirkulasi udara di dalam bus dibuat sedemikian rupa agar dalam tersedot ke dalam bio filter yang ditempatkan di tengah bus. Karoseri Laksana menambahkan lubang penghisap di sisi bawah kabin di sudut kiri dan kanan yang ujungnya mengarah ke bio filter. Selain sirkulasi udara yang diubah, konfigurasi kursi bus juga dibuat hanya untuk satu penumpang, kursi individual.

“Bus ini memiliki konsep untuk mengatur bagaimana sirkulasi udara di kabin menjadi lebih bersih, aman dan tentu saja lebih sehat. Jadi virus yang berkeliaran di dalam kabin dapat tersedot ke bawah dan tersaring dengan baik untuk menjadi udara yang lebih bersih di dalam bus. Selain itu material nano silver juga memberikan proteksi tambahan bagi penumpang, karena partikel ini akan membantu membunuh bakteri atau virus-virus yang menempel di dalam bus,” kata pimpinan PO. Sumber Alam, Anthony Steven Hambali menjelaskan busnya.

Sementara itu, satu bus lainnya adalah bus Mobile PCR Laboratorium yang lengkap. Berbasis Hino FC190, bus yang disebut Bio Laboratorium ini juga dibuat di Karoseri Laksana. namun, untuk layout dan kelengkapan standarnya dirancang oleh PT. Vanadia Utama, penyedia peralatan laboratorium. Menurut Vanessa, dari PT. Vanadia Utama, bus khusus yang mereka rancang memiliki standar keamanan.

Ada dua bilik laboratorium, ruang ekstrak dan ruang PCR. Pintu masuk dan pintu keluar dibedakan, dilengkapi dengan sensor identifikasi. Selain staf yang memegang akses tidak ada yang bisa masuk. “Kami menerapkan sistem interlock-down. Jika ada satu pintu yang terbuka, tiga pintu lain tidak akan bisa dibuka dalam waktu bersamaan,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, Chief Operating Officer Director PT. HMSI, Santiko Wardoyo menjelaskan keempat kendaraan itu menjadi inovasi PT. HMSI bersama mitra kerja. Ada dealer, karoseri dan vendor. Khusus untuk ambulan dan mobil tes PCR bergerak seri produk Flexicab Hino, PT. HMSI menyerahkan kedua kendaraan itu untuk Palang Merah Indonesia dan Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC). “Kami mencoba ikut bahu-membahu untuk menghadapi pandemi ini dengan memberikan produk-produk yang sesuai,” kata Santiko.

Sebagai salah satu pemain utama di kendaraan komersial, Santiko menambahkan, Hino Indonesia ingin berperan aktif dalam mendukung pemerintah. Mereka berusaha proaktif menghadirkan produk yang bisa membantu agar situasi ini segera membaik. (naskah : mai/foto : mai)

Banner Content