Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Orotitas Transportasi Kota Helsinki, Finlandia, (HSL : Helsingin Seudun Liikenne) Bersama operator bus Nobina, memperkenalkan bus listrik yang siap melayani Helsinki. Selasa (10/8/21) 76 unit bus yang diterima HSL dan Nobina dari BYD. Ini pemesanan kedua dari 119 pesanan Nobina untuk Finlandia.

“Saya senang dan bangga dengan pencapaian ini. Kami memiliki kerangka waktu yang sangat ketat untuk mengirimkan bus dan membangun infrastruktur yang siap untuk operasi dimulai. Dengan komitmen 100 persen dari semua pihak, kami dapat mencapai target yang paling menantang ini,” kata Managing Director Nobina Finland, Petri Auno dalam kesempatan itu.

Menurut Petri mulai pertengahan Agustus ini, Nobina menjadi operator bus listrik terbesar di Finlandia. Dengan total lebih dari 110 eBus BYD di seluruh wilayah Finlandia. Sebelum di Helsinki, Juni lalu Nobina juga menerima 43 bus listrik dari BYD untuk dioperasikan di kota Turku. Kedua pemesanan dengan total 119 unit bus listrik adalah bagian kerja sama Nobina dan BYD Skandinavia yang berbasis di Swedia.

BYD eBus 12 Meter

BYD eBus untuk Nobina Helsinki

Nobina memesan bus listrik beragam model. Ada bus listrik 12 meter, bus listrik 15 meter dan bus listrik gandeng 18 meter pada pabrikan bus BYD. Nobina menerima bus listrik eBus 23 unit bus 12 meter, delapan unit bus 12,8 meter yang diperbaharui dan 44 unit eBus gandeng 18 meter. Selebihnya eBus 15 meter.

“Meskipun ini adalah langkah besar bagi Nobina, penumpang kami, dan untuk PTA di Finlandia, ini baru permulaan. Pada tahun depan, ambisi kami adalah menggandakan jumlah bus listrik yang dioperasikan oleh Nobina di Finlandia. Saya ingin berterima kasih kepada BYD atas layanan mereka yang luar biasa dan efisien dan berharap kami dapat terus bekerja sama di masa depan,” ujar Perti lagi.

Bus listrik gandeng BYD yang akan beroperasi di Helsinki, menawarkan interior yang luas yang mampu membawa 112 penumpang. eBus ini dapat mengisi daya hingga 300kW melalui pantograf yang dipasang di atap, selain didukung system pengisian ulang yang nyaman dan efisien.

Sedangkan bus listrik 15 meter juga menawarkan kapasitas tempat duduk yang besar. Ada 47+3 tempat duduk dengan total kapasitas penumpang 90 penumpang. Baterai Iron-Phosphate generasi terbaru BYD yang dipasang pada eBus 15 meter memberikan jangkauan sekali pengisian untuk 400 km dalam kondisi pengujian SORT.

BYD eBus 18 Meter

Interior eBus 18 Meter

Semua bus listrik 12 meter Nobina memiliki tata letak kursi yang dibuat khusus yang mampu membawa 72 penumpang. Semua pesanan untuk Nobina ini dibangun di fasilitas produksi BYD Eropa di Hungaria. Sementara, 23 unit eBus 12 meter yang dipesan adalah bus baru yang populer, salah satu model terlaris di Eropa.

Managing Director BYD Eropa, Isbrand Ho, mengatakan, Nobina secara historis cepat merangkul teknologi bus listrik. Kerjasama BYD Eropa dengan Nobina, kata dia, memungkinkan BYD untuk menjangkau kota-kota dan negara-negara baru. Keberhasilan pengiriman pesanan besar ini, lanjut dia, telah dicapai melalui proses produksi yang sangat efisien dengan pendekatan terpadu di seluruh rantai pasokan BYD. “Kami bangga dengan kemitraan yang kami miliki dengan bisnis lokal, untuk memastikan pasokan produk yang efisien dan efisien kepada pelanggan kami,” ujar Ho.

Sebagai operator bus, Nobina dikenal sebagai perusahaan transportasi umum terbesar dan paling berpengalaman di kawasan Nordik. Nobina memiliki kemampuan yang sudah teruji. Mereka memiliki keahlian mencari calon pelanggan, tender, dan manajemen aktif kontrak untuk angkutan bus umum dalam kombinasi layanan. Dengan kualitas kerja sama jangka panjang menjadikan Nobina pemimpin industri dalam hal keuntungan, pengembangan, dan inisiatif yang mempromosikan industri transportasi yang lebih sehat.

Setiap hari, Nobina memastikan hampir satu juta orang tiba di tempat kerja, sekolah, atau aktivitas lainnya dengan layanan transportasi bus umum. Bus-bus Nobina yang dikontrak di Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Denmark memiliki reputasi yang baik. Selain itu, Nobina menawarkan layanan angkutan umum khusus dengan merek Samtrans di pasar Swedia. Perusahaan ini memiliki penjualan melebihi SEK 10 miliar (2020/21), 12.000 karyawan dan berkantor pusat di Solna, Stockholm.

BYD eBus 12 Meter

Layout BYD eBus 12 meter

BYD Eropa, lanjut Ho, berusaha memenuhi tenggat yang sudah disepakati, meski di tengah kondisi pandemi Covid-19. “Tantangan signifikan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19, BYD dapat menyelesaikan pengiriman eBus ini tepat waktu. Kami berharap dapat melanjutkan hubungan kami dengan Nobina saat kendaraan barunya mulai beroperasi di Helsinki,” katanya menggambarkan upaya serius BYD untuk kepuasan pelanggannya.

Adanya pengoperasian 119 unit bus listrik BYD untuk Nobina semakin menggarisbawahi posisi BYD sebagai pemasok bus listrik terkemuka. Khusus di kawasan Nordik, hampir 600 kendaraan dikirim atau dipesan dengan operator transportasi umum di lebih dari 20 kota besar dan kecil di seluruh Skandinavia. Secara kolektif, kendaraan BYD di Swedia, Norwegia, Denmark dan Finlandia telah menempuh jarak lebih dari 25 juta kilometer, menghasilkan pengurangan emisi CO2 sebesar 27.000 ton. (naskah mai/foto : BYD.com)

Banner Content

Related Article