Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan bus Alexander Dennis Limited (ADL), Senin (16/6/21) mengumumkan pembelian terbesar dari operator bus RATP Dev London yang beroperasi di kota London, Inggris. Pemesanan ini adalah bagian dari komitmen RATP Dev London untuk mendukung program transportasi bebas emisi di tahun 2037. Strategi Transportasi Walikota London tahun 2018 menetapkan semua bus Transport for London (TfL) sudah bebas emisi.

“Perjanjian ini akan membantu RATP Dev London memposisikan dirinya sebagai penyedia layanan bus listrik terkemuka di kota. Kami bangga bekerja sama dengan TfL untuk membantu London mencapai tujuan keberlanjutannya,” ujar Managing Director RATP Dev London, Catherine Chardon.

RATP Dev London adalah salah satu operator bus utama TfL. Mereka memesan bus listrik single deck dan double deck dengan total 195 unit. Bus yang dipesan adalah bus BYD ADL, kerja sama BYD dan ADL yang sudah terjalin dan memproduksi sedikitnya 500 unit bus listrik untuk berbagai kota di Inggris.

Bus Double Deck BYD ADL Enviro400EV

Pemesanan dari RATP Dev London juga menjadi salah satu rekor pemesanan BYD ADL, dalam kurun waktu lima tahun kerja sama BYD-ADL. Mereka menyebutnya sebagai, “Berkat kombinasi yang terbukti dari teknologi driveline listrik baterai kelas dunia BYD dan bodi buatan Inggris ADL, yang dapat sepenuhnya disesuaikan untuk mencerminkan persyaratan operasi.”

ADL mengungkapkan, khusus di London, lebih dari 400 bus listrik BYD ADL secara kumulatif telah menempuh lebih dari 20 juta mil tanpa emisi. Dengan hampir 300 unit lain yang sudah dipesan termasuk yang terbaru ini untuk RATP Dev London. RATP Dev London akan menjadi operator bus listrik terbesar di London pada awal 2022, dengan hampir 25 persen armada London United dan London Sovereign sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Pengiriman armada BYD ADL terbaru RATP Dev London akan dimulai pada musim panas. Ada 68 unit bus BYD ADL Enviro200EV single deck (termasuk 21 model kompak 10,2 meter) dan 127 unit bus BYD ADL Enviro400EV double deck. Bus-bus ini akan berbasis di RATP Dev London Fulwell, Harrow dan Shepherd’s Bush depot untuk melayani rute di barat London.

Bus-bus tersebut akan bergabung dengan 36 uni bus single deck BYD ADL yang telah beroperasi sejak 2018 dan 29 unit bus double deck BYD ADL yang dikirimkan tahun lalu. Respon dari RATP Dev London untuk bus-bus BYD ADL dalam layanan ini sangat positif. Bus double deck BYD ADL Enviro400EV, khususnya, dirasakan keandalannya meski beroperasi penuh pada rute 24 jam.

Chardon mengatakan, elektrifikasi adalah bagian penting dari bisnis dan kemitraan mereka dengan TfL. “Kami meluncurkan dua rute listrik 100% pertama kami kurang dari dua tahun yang lalu, serta rute bus tingkat 24 jam listrik 24 jam pertama di London tahun lalu. Pada awal 2022, kami akan mengoperasikan 15 rute bebas emisi dan lima garasi kami dikonversi menjadi (garasi bus) listrik,” katanya menjelaskan.

BYD ADL Enviro200EV

Managing Director BYD UK, Frank Thorpe mengatakan, pemesanan ini menjadi momen yang sangat signifikan dalam pengembangan merek BYD di Inggris. Dia menjelaskan, pengelolaan transportasi umum di ibukota sering menjadi contoh untuk kota-kota lain. “Fakta bahwa operator besar seperti RATP Dev membuat komitmen substansial untuk eMobility, saya percaya, akan beresonansi dengan otoritas lokal di seluruh Inggris. Meningkatnya elektrifikasi rute oleh operator pada TfL memberikan produktivitas jangka panjang untuk armada mereka dan manfaat lingkungan yang nyata bagi warga London,” katanya

Sementara itu, Presiden & Managing Director ADL Paul Davies mengatakan, rekor pesanan RATP Dev London adalah bentuk kepercayaan yang besar terhadap bus listrik buatan Inggris. Pemesanan ini, kata dia, juga menunjukkan kemampuan ADL yang telah terbukti bisa menyesuaikan kebutuhan dengan persyaratan otoritas dan operator. “Bus-bus ini akan dibangun berdasarkan pekerjaan perintis kami dalam mendukung Standar Keselamatan Bus Ttransport for London dengan fokus pada keselamatan bagi pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lainnya,” ujarnya. (naskah : mai/foto : alexander-dennis.com)

Banner Content