Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Solaris Bus & Coach sp. z o.o., pabrikan bus perkotaan asal Polandia bersiap meluncurkan produk terbarunya. Bus listrik Urbino 9 LE yang siap diluncurkan adalah seri model bus perkotaan dari Solaris untuk kebutuhan bus yang kompak dengan panjang sembilan meter.

“Bus listrik Urbino 9 LE sepanjang sembilan meter akan diresmikan oleh pabrikan selama peluncuran online-yang kedua dalam sejarah perusahaan yang diselenggarakan dalam format interaktif yang unik,” demikian pernyataan resmi Solaris dalam laman mereka, Rabu (30/8/21).

Solaris belum mengungkapkan informasi apa yang baru dalam bus yang tergolong mungil yang mudah bermanuver di jalan perkotaan yang sempit itu. Mereka berjanji akan menjelaskan pada acara peluncuran 30 September 2021. Solaris hanya menyebutnya : “Peluncuran kendaraan listrik baru dari keluarga Urbino merupakan kelanjutan dari bab antar kota dalam portofolio zero-emission pabrikan, yang dibuka dengan peluncuran perdana Urbino 15 LE listrik tahun lalu.”

Solaris Urbino 9/dok. solarisbus.com

Bus Solaris Urbino 9 LE/dok. solarisbus.com

Konsep bus kota diklaim Solaris sebagai bus low entry yang inovatif. Mereka menyatakan, peluncuran ini menegaskan perkembangan dinamis merek Solaris menuju angkutan umum bebas emisi. “Bus dengan panjang sembilan meter ini diciptakan dengan mempertimbangkan beragam kebutuhan pelanggan. Ini adalah model yang sangat fleksibel yang mampu beradaptasi dengan keadaan lokal,” demikian pernyataan Solaris.

Bus dengan panjang sembilan meter ini, menurut Solaris, akan beroperasi maksimal di ruang kota yang sempit. Bus akan “tampil cemerlang”. Dalam kondisi jalan yang sulit, pada rute yang lebih panjang dan tanjakan yang curam, seperti halnya di tikungan gunung yang sempit tidak menjadi. Dengan konfigurasi dua sumbu, Solaris Urbino 9 LE menjadi pilihan lain dalam seri model bus listrik Solaris yang memenuhi persyaratan untuk kendaraan kelas I dan II.

Dalam rangkaian seri modelnya, Solaris menawarkan pilihan antara baterai Solaris High Power dan baterai Solaris High Energy kepada pelanggannya. Pilihan ini akan memungkinkan operator untuk secara fleksibel merencanakan rute bebas emisi tidak hanya di dalam batas kota, tetapi juga di daerah pinggiran kotanya. Bus listrik Urbino 9 LE adalah kombinasi keamanan, kenyamanan, dan gaya yang ramah lingkungan.

Kabin pengemudi di dalam bus Solaris Urbino/dok. solarisbus.com

Kenyamanan dan keamanan pengemudi dijamin oleh penggerak listrik, sistem dukungan pengemudi yang canggih, serta panel interaktif. Terlepas dari dimensinya yang ringkas, bus sembilan meter ini menawarkan interior yang sangat luas dengan ruang hingga 27 kursi yang nyaman, yang sebagian besar menghadap ke depan. Solusi praktis, seperti pegangan tangan dengan dispenser desinfektan lapisan anti bakteri dan kabin pengemudi yang tertutup akan menjamin perjalanan yang nyaman dan aman bagi warga kota.

Menurut Solaris, kebaruan sistem kelistrikan bus Solaris sangat ideal untuk kebutuhan pasar Eropa. Bus low entry yang baru adalah pilihan yang tepat baik untuk ruang perkotaan yang sempit dan untuk daerah-daerah dengan jaringan kota-kota kecil dan tersebar yang memerlukan transportasi. “Banyak pilihan peralatan tambahan dan berbagai solusi teknis akan memungkinkan operator untuk menyesuaikan konfigurasi dengan kebutuhan mereka di setiap kota,” demikiarn penjelasan Solaris. (naskah : mai/foto : solarisbus.com)

Banner Content

Related Article