Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Pameran Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) Mobility 2021 yang berlangsung di Munich menjadi ajang unjuk teknologi bus lsitrik. Tak hanya MAN yang menerjunkan MAN Lion’s City E di Blue Lane (Jalur Biru), Mercedes-Benz pun ikutan dengan eCitaro-nya. Salah satu pameran otomotif berpengaruh di dunia ini mengusung slogan : “What will move us next (apa yang akan menggerakkan kita selanjutnya)”.

Dalam keterangan resmi, Kamis (2/9/21), Daimler mengungkapkan, pengunjung pameran IAA Mobility 2021 bisa menaiki bus listrik eCitaro. Ada empat bus kota masa depan Mercedes-Benz yang dioperasikan di “Jalur Biru”. Pengoperasian ini menjadi sarana pameran ruang terbuka bagi eCitaro sekaligus demonstrasi kemampuan.

“Empat eCitaro dan kendaraan lain berjalan bolak-balik di antara lokasi-lokasi ini, menunjukkan efisiensi yang luar biasa dari bus kota saat ini. Autobus Oberbayern, perusahaan transportasi bus terkenal, bertanggung jawab atas pengaturan rute bus yang unik ini,” demikian pernyataan resmi Daimler.

IAA MOBILITY 2021 will be transported by four Mercedes-Benz eCitaro buses in the “Blue Lane”/dok. daimler.com

Green Bus, Mercedes-Benz eCitaro/dok. daimler.com

Di “Jalur Biru” pengunjung pameran yang ingin mengikuti beragam diskusi dan workshop di tempat terpisah dari ruang pameran kendaraan bisa memanfaatkan bus listrik yang disediakan. Jadi, pengunjung tak hanya melihat kendaraan yang dipamerkan statis, tetapi juga ikut merasakan mobilitas berbasis tenaga listrik.

Selama pameran IAA Mobility 2021 ini tidak sedikit kendaraan yang diperkenalkan secara premier di dunia. Teknologi baru dan solusi mobilitas baru juga disajikan. Daimler menyebut, Pameran IAA Mobility 2021 sebagai, “Ruang Terbuka di lokasi terbaik Munich adalah panggung publik untuk kendaraan, teknologi, dan banyak lagi.”

Apa saja yang dipamerkan Mercedes-Benz? Di dalam bus, penumpang merasakan spektrum luas Mercedes-Benz dan Citaro. Dengan kekuatan inovatifnya dalam teknologi, keamanan, dan kenyamanan, banyak yang bisa dilihat dan dirasakan. Dari sisi interior misalnya, penumpang bisa menemukan berbagai varian peralatan desain bus kota modern. Setelah seharian di pameran, kenyamanan pengontrol suhu ruang yang sangat efisien, tempat duduk yang nyaman, dan port USB untuk mengisi listrik perangkat seluler mereka bisa dirasakan.

Kabin Mercedes-Benz eCitaro/dok. daimler.com

Electromobility with eCitaro/dok. daimler.com

Selama perjalanan, ada presentasi dari Mercedes-Benz yang memberikan informasi tentang teknologi masa depan mereka. Informasi ini juga membantu “mempersingkat waktu tempuh” sekitar 30 menit antara lokasi acara sehingga perjalanan tak terasa lama. Teknologi yang dipresentasikan,di antaranya bus yang dilengkapi dengan fitur keselamatan dengan Safeguard Assist, Turning Assistance System, Preventive Brake Assist dan Active Brake Assistance. Empat bus eCitaro juga dilengkapi dengan baterai NMC klasik (teknologi lithium-ion).

eCitaro – back/dok. daimler.com

Mercedes-Benz Support/dok. dailmer.com

Di bagian luar dekorasi biru menyolok dengan motif mobil penumpang dari Mercedes-Benz. Warna silver dan biru mendominasi bodi bus. Semua bus dilengkapi dengan langkah-langkah perlindungan terbaik terhadap risiko infeksi dari COVID-19. Keempat bus memiliki partisi perlindungan pengemudi. Ada filter aktif yang sangat efisien dalam sistem kontrol udara kabin, tersedia pula dispenser desinfektan hands-free di area pintu masuk. Kompartemen penumpang dibersihkan secara berkala dan permukaan kontak dibersihkan dengan desinfektan. “Ini akan memastikan bahwa pengunjung IAA tidak hanya menikmati perjalanan yang bersih dengan bus antar-jemput bertenaga listrik penuh dari Mercedes-Benz, tetapi juga keamanan maksimal,” begitu Daimler memastikan keamanan penumpang. (naskah : mai/foto : daimler.com)

Banner Content

Related Article