Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan otomotif China, Build Your Dream (BYD) memperkenalkan truk listrik generasi terbaru di Amerika Serikat. Dua model truk listrik Gen3 8TT dan 6F dipamerkan di Advanced Clean Transportation (ACT) Expo 2021 di Long Beach, California, Amerika Serikat. “Kami mendengarkan pelanggan kami dan pengemudi mereka untuk memastikan kami menyediakan fitur dan kinerja yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan,” kata Presiden BYD Amerika Utara, Stella Li dalam keterangan resmi BYD, Selasa (31/8/21).

Truk listrik BYD menawarkan konsep ramah lingkungan yang bersih dan suara lebih senyap. Truk ini memiliki komponen penggerak yang jauh lebih sedikit dari truk dengan bahan bakar fosil yang menghasilkan karbon. Dengan kebisingan dan getaran yang lebih sedikit dibandingkan kendaraan konvensional, truk BYD menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dan lingkungan kerja yang lebih aman.

Truk BYD Gen3 8TT adalah kendaraan serbaguna, mampu melakukan drayage, pengangkutan regional, dan pendistribusian barang. Sementara itu, Truk BYD 6F dapat melakukan pekerjaan pengangkutan dan distribusi regional. Fungsi lain truk BYD 6F yang lebih kecil dari BYD Gen3 8TT juga dapat dilengkapi dengan bodi yang bisa dipalikasikan untuk pengumpulan sampah kota.

BYD 6T (kiri) dan BYD Gen3 8TT (kanan)/ dok. byd.com

BYD menyebutkan, kedua truk didesain oleh Wolfgang Josef Egger, mantan kepala desainer Audi, salah satu merek otomotif yang dikenal dalam jajaran kendaraan mewah. Kabin yang didesain Egger, tak hanya menawarkan gaya yang menarik, tetapi juga peningkatan aerodinamis dan efisiensi energi.

Dalam hal keamanan dan keselamatan, truk dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS). Sistem ini mendukung kinerja pengemudi, selain lebih mudah mengendalikan kendaraan, juga meningkatkan keamanan berkendara. Kedua model truk itu dilengkapi dilengkapi dengan sistem Electronic Parking Brake (Rem Parkir Elektronik). Ada pula fungsi keyless entry dan push to start.

Dari sisi daya listrik, kedua truk memiliki kemampuan pengisian daya CCS1 hingga 185kW. Versi jangkauan yang diperluas dari 8TT dan 6F menawarkan jangkauan hingga 200 mil dengan biaya tambahan. “Dengan 6F dan 8TT generasi berikutnya, kami membuat sejarah dengan menetapkan standar baru untuk kenyamanan dan keselamatan pengemudi dalam kendaraan listrik,” ujar Stella Li menambahkan.

Pabrikan otomotif BYD, adalah salah satu produsen kendaraan listrik terbesar di dunia. BYD melaporkan lonjakan penjualan hingga 300 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Dalam laporannya penjualan Agustus lalu, tercatat 61.409 kendaraan, sementara pada Agustus 2020 hanya 15.283 kendaraan yang terjual. Di sisi kendaraan komersial, BYD Truk juga mengklaim sebagai pemimpin truk listrik berbasis baterai dengan lebih dari 8 ribu truk dalam layanan di seluruh dunia dan lebih dari 200 dalam layanan di seluruh Amerika Serikat. (naskah : mai/foto : byd.com)

Banner Content

Related Article