Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Régie Autonome des Transports Parisiens (RATP) operator transportasi multinasional asal Perancis mengumumkan perjanjian kerja sama empat tahun untuk pengadaan bus listrik. Pabrikan bus Solaris menjadi salah satu pemasok bus yang telah menandatangani perjanjian kerangka kerja dengan RATP sebagai bagian dari program BUS2025.

RATP telah menandatangani perjanjian kerangka kerja untuk pengadaan bus listrik 12 meter dengan biaya maksimum €825 juta selama empat tahun. Solaris menjadi salah satu dari lima produsen bus terpilih. Mereka dipilih karena menawarkan teknologi bus bebas emisi yang memenuhi kebutuhan operator bus Prancis.

“Langkah baru dalam Program BUS2025 ini menunjukkan keinginan RATP untuk menjadi pemangku aktif dalam pembangunan transportasi umum yang berkelanjutan,” demikian pernyataan Solaris, Senin (13/9/21).

Bus listrik Urbino 12/solarisbus.com

Komisi Eropa baru saja mengumumkan subsidi baru untuk mengubah infrastruktur dan armada RATP di wilayah administrasi Ile de France. Bus-bus yang ada digantikan menjadi bus-bus listrik dan biogas. Secara total, Program BUS2025 telah menerima €50,7 juta pada tahun 2020 dan 2021 dari Komisi Eropa. Hal ini menunjukkan keterlibatan dalam mewujudkan Eropa yang bersih diakui dan didukung oleh Komisi Eropa.

Otoritas Île-de-France Mobilités (otoritas transportasi Île-de-France) dan RATP telah merilis beberapa kontrak untuk membeli bus listrik dan bio-CNG. Solaris siap mengirimkan 28 bus gandeng berbahan bakar CNG selama periode 2019-2021 dan dua midbus listrik pada tahun 2021 ke RATP. “Kerangka perjanjian baru ini menunjukkan kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh RATP untuk mendukung mereka dalam pembangunan berkelanjutan dan bahwa bus kami menjawab kebutuhan mereka, yang merupakan prioritas utama kami,” ujar CEO Solaris Perancis, Olivier Michard.

Solaris Perancis telah mendistribusikan produk bus Solaris selama beberapa dekade di seluruh Perancis. Pengalaman panjang dan produk yang dibekali teknologi mutakhir ini memenuhi kebutuhan pasar di sana. Model layanan purna jual Solaris yang kuat, menyediakan layanan selama dan setelah masa garansi. Solaris menyatakan, layanan itu untuk memastikan kepuasan pelanggan kami sepanjang siklus operasional kendaraan.

Bus Urbino 18 CNG melintas di Menara Eiffel, Paris/solarisbus.com

Bus listrik/solarisbus.com

Dalam laman resmi Île-de-France Mobilités, setiap harinya ada 9,4 juta perjalanan orang di wilayah Île-de-France. Perjalanan ini mencatatkan wilayah Île-de-France menjadi salah satu jaringan transportasi yang tersibuk di dunia. Ada banyak perjalanan bisnis dan wisata disamping perjalanan warga setempat. Sedikitnya ada 1.500 jalur bus, 14 jalur metro (kereta bawah tanah), sembilan jalur trem dan 13 jalur kereta dan kereta komuter RER (Réseau Express Régional).

Di wilayah Île-de-France ini perputaran uang di seputar transportasi publik juga signifikan. Biaya menjalankan sistem transportasi ini mencapai €10,5 miliar setiap tahun. Operasional sehari-hari dari sistem transportasi ini dibiayai oleh otoritas lokal (Wilayah, Departemen dan Kota Paris), pengusaha melalui pajak (pajak pergerakan, sebelumnya pajak transportasi) dan melalui asumsi 50 persen dari biaya penjualan, termasuk biaya untuk staf. (naskah : mai/foto : dok. Solaris)

Banner Content

Related Article