Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Operator bus terbesar di negara-negara nordik, Nobina, memesan bus listrik Volvo dalam jumlah besar. Pesanan dengan total 122 unit bus untuk kota Gothenburg, kota Malmö dan kota Hässleholm di Swedia. Nobina dan Volvo Bus menyepakati pengiriman dimulai pada 2022 hingga 2023. Kesepakatan ini adalah bagian dari kerja sama antara Nobina, otoritas transportasi Swedia (Västtrafik) dan Volvo Bus.

“Bus Volvo cocok untuk pesanan berikutnya baik di Swedia selatan dan di Gothenburg, mengingat hubungan dekat kami dan komitmen bersama untuk transportasi umum yang berkelanjutan, modern, dan andal,” ujar Fleet Manager di Nobina Group, Jens Råsten dalam rilis yang diterima haltebus.com, Jumat (10/9/21).

Råsten mengungkapkan, mereka senang dengan dukungan dari Volvo Bus dengan telah beroperasinya bus gandeng Volvo 7900 Electric Articulated (EA) di Malmö. Menurut dia, ada 60 unit bus Volvo 7900EA yang sudah dioperasikan Nobina di kota itu. Bus gandeng listrik di Malmö dinilai berhasil dalam implementasi dengan jumlah yang besar. Bus-bus listrik Volvo inimulai dioperasikan pada musim semi 2021.

Volvo 7900EA, Electric Articulated Bus/volvobuses.com

Volvo 7900E di Malmö/ Peter Kroon-volvobuses.com

Karena itu, Nobina melanjutkan pemesanan berikutnya yakni 64 unit bus listrik Volvo 7900E dan Volvo 7900EA baru dan 20 unit bus listrik lainnya untuk kota Gothenburg. Pengiriman untuk Gothenburg pada 2022 hingga musim panas 2023. Ada 29 unit bus listrik Volvo 7900EA di Malmö yang diharapkan bisa beroperasi pada September 2022. Sementara untuk sembilan bus Volvo 7900E akan dikirimkan ke Hässleholm, kota di Selatan Swedia, yang diharapkan bisa beroperasi pada Desember 2022.

Key Customer Manager Volvo Bus, Martin Spjern mengatakan, Volvo Bus memiliki kemitraan yang erat dan sudah berlangsung lama dengan Nobina. Meski pandemi Covid-19 kerja sama tetap berlanjut. Kerja sama Nobina, Västtrafik dan Volvo Bus untuk tiga kota di Swedia ini mengikuti pengiriman 145 bus listrik Volvo di Gothenburg yang memulai langkah besar menuju elektrifikasi transportasi umum. Pengiriman pada Desember lalu terbilang berskala besar.

“Kami senang mendapatkan bukan hanya satu, tetapi tiga kontrak dengan mereka dalam waktu beberapa bulan meskipun ada pandemi. Pesanan tersebut merupakan bukti komitmen Volvo Buses untuk menyediakan solusi listrik yang inovatif, berkelanjutan, dan lengkap seiring perjalanan menuju elektrifikasi transportasi umum berlanjut di kota-kota Swedia.”

Bus listrik gandeng/volvobuses.com

7900 Electric/volvobuses.com

Volvo 7900 Electric Autonomous/volvobuses.com

Volvo bus memiliki bus listrik seri 7900 untuk angkutan perkotaan. Bus seri 7900 diperkenalkan tahun 2013 dengan versi electric hybrid. Seiring dengan perkembangan waktu, varian full electric diluncurkan dalam panjang 12 meter, 18 meter dan 18,7 meter. Ada pula bus Volvo 7900E yang memiliki fitur otonom yang diluncurkan pada tahun 2018. Untuk bus 12 meter bus listrik seri 7900 bisa menampung hingga 98 penumpang. Sementara versi gandeng dengan panjang 18 dan 18,7 meter bisa menampung hingga 150 penumpang.

Hingga kini Volvo Bus masih mengembangkan teknologi bus listrik, mulai dengan Opportunity Charging (OppCharge). Volvo Bus mempersiapkan bus listrik buatannya bisa diisi dengan perangkat yang dibuat beragam pabrikan pengisi daya listrik. Hal ini memungkinkan bus bisa dioperasikan sesuai dengan kebutuhan operator bus, lebih fleksibel. (naskah : mai/foto : volvobuses.com)

Banner Content

Related Article