Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Bus listrik BYD ADL yang dibuat di Inggris terlibat dalam Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim : Conference of the Parties ke-26 atau yang dikenal COP26, 31 Oktober – 12 November 2021. Pertemuan penting membahas perkembangan perubahan iklim dunia yang akan berlangsung di Glasgow, Skotlandia itu diikuti berbagai kalangan. Ada akademisi, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat non pemerintah, industri dan lain-lain dari seluruh dunia.

Menyambut pentingnya pertemuan itu, Alexander Dennis Limited (ADL) dan BYD UK secara bersama, Kamis (14/10/21) mengumumkan bus mereka akan melayani peserta COP26. Mitra ADL dan BYD, yakni First Bussiap  mengoperasikan layanan antar-jemput delegasi selama Konferensi Perubahan Iklim PBB COP26 mendatang di Glasgow. Mereka mempersiapkan 22 bus listrik tanpa emisi BYD ADL Enviro200EV.

Pemilihan First Bus sebagai penyedia transportasi resmi itu setelah mereka mengikuti proses tender. Proses pemilihan dijalankan oleh Strathclyde Partnership for Transport (SPT) atas nama Pemerintah Inggris dan Skotlandia. Layanan antar-jemput akan menyediakan layanan penghubung yang cepat dan frekuensi tinggi bagi semua delegasi yang menghadiri acara. Layanan akan menghubungkan antara pusat kota dan zona Biru dan Hijau di lokasi acara di situs SSE Hydro dan Pusat Pameran & Konferensi Skotlandia.

Dari kiri ke kanan: Councillor David Wilson (Chair of Operations Committee, Strathclyde Partnership for Transport), Menteri Transportasi Skotlandia, Graeme Dey MSP dan Interim Managing Director First Bus Scotland, Duncan Cameron/Photo – Chris Watt Alexander-dennis.com

Bus listrik First Glasgow untuk COPS26

Kerjasama penyediaan bus, kemitraan antara First Bus, ADL dan BYD untuk bus listrik dan bus ramah lingkungan lainnya sudah terjalin lama. ADL adalah anak perusahaan dari produsen bus global independen terkemuka NFI Group Inc. (NFI), sementara BYD adalah pemimpin global dalam baterai, manajemen energi, dan electromobility. Sementara First Bus adalah salah satu operator bus terkemuka di Inggris dan Skotlandia.

Layanan bagi peserta COP26 akan dilayani sepenuhnya oleh armada baru First Glasgow yang terdiri dari 22 bus listrik BYD ADL Enviro200EV. Bus-bus ini dibangun di Skotlandia oleh kemitraan BYD ADL. Bus-bus baru itu, sebagian didanai melalui Scottish Ultra Low Emission Bus Scheme (SULEBS) dari  Transport Scotland. Armada khusus konferensi ini dapat beroperasi dengan jangkauan hingga 160 mil, “Dengan muatan penuh tanpa emisi dan akan memberikan sensasi delegasi dengan state-of-the-art.” Tentunya, peserta akan merasakan keunggulan armada yang membawa mereka ke dan dari lokasi acara tersebut.

Managing Director Interim, First Bus di Skotlandia, Duncan Cameron mengatakan, First Bus sangat senang telah dipilih untuk mengoperasikan layanan antar-jemput resmi COP26. Dia mengungkapkan, mereka siap bekerja sama dengan SPT, Transport Scotland, dan Kantor Kabinet untuk memastikan kelancaran dan efisiensi layanan. Sehingga misi mereka dapat disampaikan untuk semua delegasi yang menghadiri acara tersebut.

Pendanaan SULEBS bertujuan membantu operator bus menjembatani kesenjangan antara biaya diesel dan armada tanpa emisi. Kolaborasi ambisius dengan Transport Scotland tidak hanya membantu First Glasgow mengganti 126 bus yang telah berumur di armadanya dengan bus baru tanpa emisi. Skema ini juga membantu mengubah depot bus Caledonia mereka di sisi selatan pusat kota. Garasi First Bus itu menjadi depot terbesar di Inggris, investasi baru tersebut akan mengubahnya menjadi salah satu stasiun pengisian armada bus listrik terbesar di Inggris. Di lokasi itu, berpotensi untuk pengisian lebih dari 150 kendaraan listrik sekaligus.

BYD ADL Enviro200EV

Pengisian baterai BYD ADL Enviro200EV

Menteri Transportasi Skotlandia, Graeme Dey menyatakan kegembiraannya skema SULEBS bisa diimplementasikan dengan baik. Menurut dia, skema SULEBS dari Transport Scotland membantu mendanai pesanan bus listrik baru yang signifikan. Hal ini, lanjut dia, menjadi komitmen Skotlandia untuk memenuhi target perubahan iklim dunia di Skotlandia dan ikut memimpin pemulihan dunia dari pandemi, yang ramah lingkungan.

“Ini adalah kisah sukses nyata bahwa bus-bus ini akan diproduksi oleh ADL di Falkirk – mendukung pekerjaan di bidang manufaktur bus dan memberi manfaat bagi ekonomi yang lebih luas sebelum mereka memasuki layanan untuk komunitas di seluruh Glasgow,” katanya.

“Sebagai pemimpin dalam mobilitas berkelanjutan, kami sepenuhnya selaras dengan ambisi pemerintah untuk sistem transportasi bebas karbon, termasuk armada bus tanpa emisi. Kami telah berkomitmen untuk mencapai ini pada tahun 2035 dan kami berharap dapat menunjukkan ini kepada para delegasi selama acara berlangsung.”

President & Managing Director ADL, Paul Davies mengungkapkan rasa senangnya para peserta akan merasakan bus buatan mereka. “Dengan penunjukan First Bus untuk mengoperasikan layanan antar-jemput resmi dengan bus listrik BYD ADL yang baru, delegasi ke COP26 akan merasakan langsung perjalanan yang mulus dan pengoperasian yang tenang dari bus buatan Inggris yang bebas emisi,” katanya.

Kabin pengemudi BYD ADL Enviro200EV

Kabin penumpang BYD ADL Enviro200EV

Davies juga menambahkan, keterlibatan ADL dalam pengadaan bus bebas emisi di Skotlandia sangat positif. “(Ini) Menunjukkan komitmen First Bus kepada masyarakat yang dilayaninya, 22 bus ini telah dibangun di sini, di Skotlandia, di pabrik kami di Falkirk. Seperti halnya 126 kendaraan berikutnya, memastikan bahwa pendanaan SULEBS Pemerintah Skotlandia diinvestasikan kembali secara lokal,” kata dia menegaskan komitmen ADL.

Managing Director BYD UK, Frank Thorpe, menyatakan keterlibatan mereka dalam COP26 merupakan suatu kehormatan bagi BYD. Terutama dikaitkan dalam kegiatan global yang penting untuk perubahan iklim. Menurut dia, dengan bus listrik BYD ADL buatan Inggris yang beroperasi sebagai bagian dari layanan antar-jemput delegasi COP26 disediakan oleh First Bus bisa menjadi kebanggaan. Dia menegaskan, bahwa bus listrik tanpa emisi itu telah diproduksi secara lokal di Skotlandia. Artinya, yang berarti selain berkontribusi untuk melindungi planet ini, BYD juga mendukung ekonomi lokal.

“BYD berkomitmen pada inovasi teknis berkelanjutan dalam electromobility, yang sangat penting bagi masa depan transportasi umum di Inggris. Kami bersemangat dengan solusi udara bersih dan tanpa emisi. Melalui teknologi BYD yang telah terbukti dalam daya baterai listrik untuk kendaraan, dan reputasi keandalan kami, kami sangat bangga diakui sebagai produsen bus listrik terkemuka di dunia,” ujarnya. (naskah : mai/foto : alexander-dennis.com)

Banner Content

Related Article