Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Perusahaan bus operator angkutan perkotaan di Belanda, Qbuzz, memesan 63 bus listrik Ebusco untuk dioperasikan di layanannya. Ebusco mengumumkan penandatanganan kontrak pemesanan, Rabu (22/3/23) dari Deurne, Belanda.

Pemesanan Qbuzz ada dua varian bus. Ada 45 bus listrik Ebusco 3.0 ukuran 12 meter dan 18 bus listrik Ebusco 3.0 ukuran 18 meter yang empat di antaranya masih dalam opsi. Bus akan memasuki jalan di provinsi Groningen dan Drenthe pada tahun 2024.

 

“Kami sangat bangga bahwa Qbuzz sekali lagi telah memilih Ebusco. Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah mengirimkan lebih dari 100 bus listrik ke Qbuzz. Fakta bahwa Qbuzz memilih kami lagi setelah kesuksesan Ebusco 2.2, adalah bukti bahwa dengan Ebusco 3.0 kami telah mengambil jalan yang benar untuk membawa angkutan umum bebas emisi ke tingkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu, kami berharap dapat melanjutkan kerja sama kami dengan Qbuzz untuk melanjutkan perjalanan kami menuju nol emisi,” Sales Director Ebusco Steven van der Burg.

 

Bus listrik Ebusco 3.0 untuk angkutan reginonal Qbuzz di Belanda

Ebusco telah bekerja dengan Qbuzz selama beberapa tahun sekarang dan telah menyediakan sekitar 130 bus listrik kepada operator. Di bawah payung Qbuzz, bus Ebusco 2.2 sudah beroperasi antara lain di kota Utrecht, Groningen dan Dordrecht.

 

Di wilayah Groningen-Drenthe, operator bus listrik itu sudah memiliki 60 bus Ebusco yang beroperasi, menempuh jarak sekitar 100 ribu km per bus setiap tahunnya. Hasilnya, dengan armada Ebusco 2.2 di Groningen-Drenthe Qbuzz telah mencapai penghematan sekitar 5,5 juta kg CO2 dan 9,5 juta kg nitrogen per tahun. Dengan Ebusco 3.0, Ebusco menyatakan, “Qbuzz akan semakin mengurangi jejak karbonnya.”

 

“Selama beberapa tahun terakhir, kami telah merasakan kesuksesan bus Ebusco di jalan raya. Dengan bus Ebusco 2.2 kami telah berkendara antara 350 dan 375 kilometer listrik per hari, sambil mengisi ulang di depot kami dari waktu ke waktu. Kami sangat senang sekarang juga menambahkan Ebusco 3.0 ke armada kami dan yakin bahwa bus ringan ini akan memberikan jangkauan yang lebih baik dalam kombinasi dengan paket baterai yang besar. Ini akan memungkinkan kami untuk lebih meningkatkan keberlanjutan transportasi umum di provinsi Drenthe dan Groningen,” Creative Bid Manager di Qbuzz, Dirk Huzeling.

 

Qbuzz akan mengoperasikan bus dengan nama OV-biro Groningen-Drenthe di provinsi Groningen dan Drenthe. Bus 12 meter akan digunakan untuk transportasi regional, sedangkan bus 18 meter akan beroperasi di bawah bendera Q-link di jalur 5 dan 6 di dekat kota Groningen. Kedua varian Ebusco 3.0 untuk Qbuzz akan dilengkapi dengan paket baterai ekstra besar (>500kWh), yang unik untuk varian 12 meter.

 

Keunggulan ini dikombinasikan dengan desain bus yang ringan, sehingga operator bus listrik dapat mengandalkan konsumsi energi yang sangat rendah dan jarak tempuh ekstra jauh yang diperlukan untuk transportasi regional dan BRT yang diharapkan. (naskah : mai/foto : Ebusco)

Banner Content