Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Volvo Group meluncurkan sistem keselamatan baru, Rabu (24/5/23) dari Gothenbug, Swedia. Sistem ini mengikuti dan patuh pada regulasi UE yang diperbarui, yakni General Safety Regulation yang mulai berlaku pada Juli 2024 di seluruh Eropa. GSR mewajibkan beberapa sistem pendukung pengemudi canggih untuk meningkatkan keselamatan jalan dan meningkatkan perlindungan bagi pengemudi.

 

“Kami terus mengembangkan dan memperkenalkan sistem keselamatan tambahan yang dapat meningkatkan kemampuan pengemudi, membantu melindungi mereka dan orang-orang yang berbagi jalan dengan mereka,” kata Traffic & Product Safety Director Volvo Trucks, Anna Wrige Berling

 

Dengan memperkenalkan undang-undang tersebut, UE berharap dapat menyelamatkan lebih dari 25 ribu nyawa dan menghindari 140 ribu cedera pada tahun 2038. Karena itu, Volvo akan menerapkan fitur-fitur keselamatan baru pada produk Volvo Trucks. Di antara fitur-fitur yang telah dikembangkan untuk keselamatan adalah berbasis radar dan kamera yang bisa mendeteksi obyek bergerak dan diam di area depan truk.

Fitur Front Short Range Assist membantu pengemudi mendeteksi obyek sangat dekat yang tak terlihat atau muncul mendadak.

Door Opening Alarm mencegah kecelakaan akibat buka pintu, Inggris mencatat pesepeda sangat beresiko mengalami kecelakaan jenis ini.

“Kami bersikap positif terhadap regulasi yang lebih ketat dalam hal keselamatan, dan Volvo Trucks telah menawarkan sistem lain yang akan diwajibkan pada tahun 2024 dengan GSR,” kata Anna Wrige Berling.

 

Ada Front Short Range Assist (FSRA) yang meningkatkan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda sekaligus memudahkan pekerjaan pengemudi saat berkendara. Sistem ini dirancang mendeteksi jika pengendara sepeda atau pejalan kaki berada di area berisiko di depan truk. Radar dan kamera depan akan mengirimkan sinyal berupa bunyi dan visual untuk memperingatkan pengemudi jika ada risiko tabrakan.

 

Fitur lainnya adalah Intelligent Speed Assist (ISA). Fitur ini membuat pengemudi tetap mengetahui batas kecepatan dengan mendeteksi rambu lalu lintas dan menampilkan batas tersebut di panel instrumen. Sistem menampilkan batas kecepatan kombinasi untuk kendaraan yang sebenarnya dan juga memberi peringatan visual dan suara, jika batas kecepatan terlampaui.

 

Tire Monitoring System (TMS) juga diperbarui. Sistem ini memantau tekanan ban pada truk dan trailer. Regulasi GSR yang baru menetapkan, jika tekanan turun 20 persen di bawah tekanan referensi, pengemudi harus diberi tahu melalui tampilan di instrumen pengemudi.

 

Volvo Trucks melengkai kendaraan komersialnya dengan Tyre Pressure Monitoring canggih, bisa disetel untuk peringatan diri berkurangnya tekanan angin ban.

Batas kecepatan tidak terlampaui jika pengemudi patuh dan memperhatikan Intelligent Speed Assist.

Sistem Volvo diklaim melebihi persyaratan hukum dengan membiarkan pengemudi memilih untuk menyetting peringatan. Apakah sesuai regulasi UE atau saat terjadi penurunan tekanan sebelum mencapai 20 persen seperti yang ditetapkan. Sistem ini mampu memantau berbagai pembacaan tekanan di bawah dan di atas standar. Selain itu, efisiensi energi yang lebih baik dicapai dengan selalu memiliki tekanan ban yang optimal.

 

Sistem peringatan yang tergolong baru adalah Fitur Door Opening Alarm (DOA). Sistem ini dirancang untuk memperingatkan jika pejalan kaki, pengendara sepeda, atau mobil mendekati truk dari belakang, di sisi yang sama dengan truk yang pintunya dibuka.

 

Auto Hold, menjadi fitur kelima dalam jajaran fitur yang diperbarui Volvo Trucks. Fitur ini bekerja untuk membantu menjaga truk tetap diam sampai pedal gas diinjak pengemudi saat posisi di jalan menanjak. Fitur bantuan Auto Hold meyakinkan pengemudi dan kendaraan sekitarnya saat truk berada di kawasan tanjakan dan perbukitan.

 

Uni Eropa segera menerapkan General Safety Regulation untuk semua kendaraan pada Juli 2024 untuk melindungi pejalan kaki dan pesepeda, juga mengurangi angka kecelakaan jalan raya.

Auto Hold menjamin keselamatan kendaraan truk di jalan menanjak, tanpa pedal gas yang dikendalikan pengemudi, truk tetap dalam keadaan diam.

Tiga dari sistem keselamatan baru yang dihadirkan untuk produk Volvo Trucks sudah memenuhi standar regulasi GSR. “Di Volvo Trucks, visi jangka panjang kami adalah nihil kecelakaan, dan keselamatan adalah inti dari semua yang kami lakukan. Dengan sistem baru ini, kami mengambil langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut,” ujar Anna lagi.

 

Intelligent Speed Assist akan tersedia di sebagian besar pasar, sementara sistem lainnya akan tersedia secara global di Volvo FH, FM, dan FMX dengan penggerak diesel, gas, dan listrik, mulai September tahun ini. Model Volvo FL dan FE akan mendapatkan sistem keselamatan sebagai bagian dari penyempurnaan GSR sebelum akhir tahun 2023. (naskah : mai/foto : dok.volvotrucks.com)

Banner Content