Senin, 22 Desember 2014
Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TIGA RUTE FEEDER TRANSJAKARTA DIRESMIKAN
 
28 September 2011


(Jakarta – haltebus.com)
Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meresmikan beroperasinya tiga rute feeder atau bus pengumpan. Bus yang dioperasikan oleh PT. Ekasari Lorena ini akan melayani penumpang untuk daerah perkantoran dan pemukiman. “Saya berharap bus-bus ini bisa melayani penumpang dengan baik, pengoperasian rute pertama ini juga sekaligus untuk perbaikan di rute-rute mendatang,” kata dia di Kantor Walikota Jakarta Barat, Rabu (28/9/11).

Menurut Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo, di masa mendatang Pemprov DKI Jakarta menambah jalur Transjakarta hingga Koridor XIII. Selama ini, koridor yang sudah beroperasi ada 10 jalur. Satu jalur yakni Koridor XI Kampung – Pulogebang masih dalam tahap pembangunan. Bersamaan dengan itu, lanjut dia, bus-bus pengumpan juga disiapkan.



Tiga rute bus pengumpang yang diresmikan adalah rute Satu, yakni Sentra Primer Barat. Di rute ini bus pengumpan melayani halte Transjakarta Taman Kota di Koridor III Kalideres – Harmoni dan halte Greed Garden di Koridor VIII Harmoni – Lebakbulus menuju Kantor Walikota Jakbar. Areal layanan diantaranya halte Polsek Kedoya Utara, Sekolah Budi Murni, Jalan Pesanggrahan, Pasar Puri hingga kantor Walikota Jakbar.

Rute Dua yakni Sudirman Centre Business District/Senayan. Bus pengumpan rute ini melayani halte Transjakarta Bundaran Senayan di Koridor I Blok M – Kota dan halte Semanggi di Koridor IX Pinang Ranti – Pluit. Di areal ini bus dari halte Semanggi di Koridor IX berputar di Jembatan Semanggi, masuk SCBD, lalu ke halte Polda Metro Jaya di Jl. Gatot Subroto, Jl. Gerbang Pemuda, Jl. Asia-Afrika lalu masuk ke halte Bundaran Senayan di Koridor I. Selanjutnya bus menyusuri Jl. Sudirman berbelok di Bendungan Hilir, Jl. Penjernihan , Jl. Pejompongan, kembali ke Jl. Gatot Subroto untuk masuk ke halte Semanggi lagi

Rute Tiga yakni, Tanah Abang – Balaikota. Bus pengumpat di rute ini melayani halte Monas di Koridor Blok I M – Kota dan halte Balaikota di Koridor II Harmoni – Pulogadung. Bus menyusuri Jl. Medan Merdeka Selatan sisi Utara dan berputar ke sisi Selatan, Jl. Medan Merdeka Barat, Jl. Abdul Muis, Jl. Fachruddin, Jl. Jati Baru, kembali ke Jl. Abdul Muis lalu Jl. Budi Kemuliaan sebelum masuk kembali ke Jl. Merdeka Selatan.

Bus pengumpan yang diresmikan ada 15 unit. Bus berchasis Hino Dutro berukuran sedang ini dilengkapi pendingin ruang Denso. Bus didesain dengan kapasitas 35 orang, dengan 18 kursi. Dengan desain seperti ini bus terlihat lapang untuk mengangkut penumpang berdiri. Rata-rata jarak tempuh bus pengumpang ini antara 6 – 9 Km.

Bus dicat seperti armada Transjakarta Koridor I, yakni kuning di separuh badan bus bagian atas dan merah di separuh badan bagian bawah. Pintu bus didesain tinggi, mengikuti halte bus Transjakarta. Bus-bus ini terintegrasi langsung dengan halte Transjakarta. Di setiap halte yang disinggahi bus pengumpan dibangun tangga untuk memudahkan penumpang naik ke bus. Tangga juga dilengkapi pagar pengaman.

Dengan Rp. 6500 setiap penumpang bisa langsung naik ke bus Transjakarta tanpa membeli tiket lagi. Adapun perincian harga tiket adalah, Rp. 3000 untuk tiket bus pengumpan dan Rp. 3500 untuk bus Transjakarta.

Selama beroperasi, seperti bus Transjakarta, ada petugas keamanan di setiap bus dan petugas karcis di setiap halte. “Untuk Operasional memang operator swasta, dalam hal ini PT. Ekasari Lorena bekerjsama dengan kami. Kami yang memungut uang tiket, nanti di akhir bulan mereka mengajukan klaim per penumpang yang mereka angkut,” kata Kepala BLU Transjakarta Muhamad Akbar.(mai/foto-foto: mai)
 
 
Space Iklan

Rp. 0,00

2008 MAN Noge Titanium 12.8

Rp. 119.000.000,00

Iris Bus Daily 40C14, 3.0TDi 17 seat minibus

Rp. 99.000.000,00

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
     
Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Wisata    |   Iklan   |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013