Jumat, 18 Agustus 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
DOA YANG TERSEMAT DI DINDING BUS
 
21 Agustus 2016


(Jakarta – haltebus.com) Apalah arti sebuah nama. Kalimat yang cukup populer yang sering kita dengar ketika kita mendiskusikan nama. Ada pula keyakinan sebagian masyarakat, nama bagaikan sebuah doa. Keyakinan ini yang juga menjadi falsafah Randy Lionardy, ketika memulai usahanya sendiri di bidang transportasi bus. “Nama Semanta sebetulnya agak maksa sih. Diambil dari kalimat Semua Karena Anugerah Tuhan,” ujarnya sambil tertawa lepas, saat berbincang dengan haltebus.com, Kamis (28/7/16).

SEMua kArena ANugerah TuhAn yang disingkat menjadi Semanta memang sedikit janggal, tetapi nama Semanta enak dilafalkan, juga akrab didengar. Seperti nama Samantha, nama yang kerap digunakan sebagai nama perempuan. Nama Samantha sendiri, menurut namacewek.com mengandung arti/karakter, sangat menarik, cerdas, pekerja keras, berjiwa petualang, berani mengambil keputusan serta dinamis.

Walau Randy tidak mengacu pada nama Samantha, namun usaha yang dibangun tiga tahun terakhir memiliki karakter yang sangat dekat dengan nama itu. Tampilan bus PT. Semanta Mulia Transportasi cukup menonjol dan atraktif. Semua armada busnya berwarna oranye yang bercampur merah, putih dan kuning. Warnanya cerah, cenderung berani dan terlihat berbeda. “Sengaja memilih warna yang cerah supaya orang tertarik melihatnya. Kalau eye-catching pasti mudah diingat orang, kalau warnanya biasa atau banyak dipakai orang, jarang yang melihat apalagi mengingatnya,” ujar Randy.



Saat memulai usaha sendiri tiga tahun lalu, bukan tanpa resiko. Sempat berkongsi dengan mitra bisnis, Randy memilih jalannya sendiri agar leluasa mengelola bisnisnya. Bermodalkan pengalaman 12 tahun berkecimpung di dunia transportasi bus, membawa ayah dua anak ini percaya diri. Pemilihan warna dan interior bus yang menarik, dipelajarinya saat menimba ilmu di Karoseri Adiputro selama 11 tahun hingga dinyatakan "lulus" lima tahun silam.

Strateginya cukup menarik. Memilih lokasi yang dekat dengan target pasarnya, menyediakan armada yang diminati penyewa, serta membangun jaringan di wilayah yang menjadi target pasarnya. Fasilitas armadanya pun standar seperti yang banyak ditemukan di bus pariwisata, ada internet nirkabel, LCD TV, dispenser air, peralatan audio untuk menemani pelanggan ber-karaoke dan interior terjaga kebersihannya. “Gak muluk-muluk, kami cukup menyediakan armada standar yang bersih dah terawat. Puji Tuhan, walaupun 11 unit, delapan bus besar, dua bus medium dan satu minibus, kami bisa melayani pelanggan dengan baik,” kata Randy.

Pasar bus wisata belakangan ini cukup menggairahkan. Meski banyak operator bus wisata baru bermunculan, kebutuhannya masih menjanjikan. Penyewa bus wisata yang umumnya banyak ditemui adalah wisata sekolah, wisata ziarah juga wisata grup seperti wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik.

Salah satu pelanggan tetap PT. Semanta Mulia Transportasi adalah Raffa Tour. Biro perjalanan wisata yang berdomisili di Jakarta ini selalu menggunakan jasa PO. Semanta sejak tiga tahun silam. Menurut pimpinannya, Tomy, pelayanan yang diberikan manajemen bus berkelir dasar oranye itu sangat memuaskan. “Awalnya kami kenal sebelumnya berbendera Semanta, karena pelayanannya memuaskan. Setelah Semanta berdiri kami semakin akrab, sebelumnya kami belum mengenal pak Randy, seiring dengan meningkatnya kerjasama, ya jadi mitra yang akrab sampai sekarang,” ujar Tomy.

Menurut Randy, Raffa Tour masih menduduki peringkat atas dalam daftar penyewa bus miliknya. Di saat musim liburan, transaksi antara PT. Semanta Mulia Transportasi menembus sembilan angka. Dasar kerjasama yang dipegang keduanya adalah pelayanan dan kepercayaan. “Kami kalau dengan kru bus dan manajemen Semanta sudah seperti keluarga,” kata Tommy menggambarkan keakraban mereka.

Bermodalkan kepercayaan dan pelayanan dari manajemen serta kru bus PO. Semanta itu pula, Tommy bisa ikut mengembangkan usahanya. Menurut dia, pelanggan biro wisatanya juga selalu puas selama perjalanan. Otomatis, selain kembali menggunakan jasa Raffa Tour, juga menyebarkan kepuasannya pada orang lain yang akhirnya juga ikut menggunakan jasa Tommy dan biro wisatanya.

Doa yang disematkan Randy pada busnya membawa keberkahan. Mengawali usahnya dengan empat bus, dua bus besar dan dua bus sedang, kini bisa berkembang hampir tiga kali lipatnya. Selama menjalankan bisnisnya Randy menjaga betul hubungan baik dengan mitra dan rekan kerjanya, demi menumbuhkan kepercayaan dan mengasah insting melayani. Prinsip itu menjadi manifestasi doa yang menempel di dinding armada busnya untuk meraih kesuksesan. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013