Kamis, 24 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SEPULUH PENGEMUDI IKUTI FINAL KOMPETISI PENGEMUDI BUS SCANIA
 
21 April 2017
 

(Jakarta – haltebus.com) PT. United Tractors, Tbk, Selasa (18/4/17) mengumumkan 20 finalis peserta Scania Driver Competitions. Ada dua kelompok peserta yang terdiri dari 10 orang pengemudi bus dan 10 orang lainnya adalah pengemudi truk. “Kami menyaring 390 peserta dari seluruh Indonesia dengan tes pengetahuan tertulis awal April kemarin,” kata Marketing Communication Manager PT. United Tractors, Tbk Novie Sianipar kepada haltebus.com.

Menurut Novie, Scania Driver Competitions menjadi ajang yang pertama kali mereka gelar. Dia berharap, kompetisi ini bisa menjadi tolok ukur untuk pelanggan Scania dalam mencari pengemudi yang baik. Di sisi lain, pelanggan Scania juga bisa memiliki cara pandang baru untuk menjaga armadanya tetap siap operasional dan berumur panjang.

Tes penyaringan atau babak kualifikasi
dilakukan di kantor PT. United Tractors, Tbk di Balikpapan, Jakarta, Medan, Samarinda, Semarang, Surabaya, Makassar, Palembang dan Bandung. Ada pula tes yang dilakukan di sejumlah pusat layanan seperti di Tarakan, Site Adaro, Batukajang, Bengalon, Binungan, Bontang, Buhut, Muaralawa, Lati, Loajanan, Rantau, Sangatta, Sungai Danau, Tabang, Tanjung Enim, Tanjung Redeb, Tuhup dan Tenggarong.
 
Kompetisi ketrampilan pengemudi seperti yang digelar PT. United Tractors, Tbk ini sebenarnya sudah menjadi ajang tahunan untuk Scania di berbagai kawasan. Kompetisi ini juga diselenggarakan Afrika Utara, Negara-negara di kawasan Afrika Selatan, Amerika Latin, Eropa, Australia, juga di Asia Tenggara. Menurut Novie ada tiga ketrampilan dan kemampuan yang diuji dari seluruh peserta. Pengetahuan umum seputar produk Scania dan pengoperasiannya, pengetahuan tentang operasional di jalan raya atau khusus, kemampuan mengoperasikan kendaraan sesuai standard keselamatan serta ketrampilan pengendalian kendaraan.



Sebagai gambaran, lanjut Novie, saat putaran final nanti, ada dua uji ketrampilan dan kemampuan yang akan dilalui setiap peserta. Kemampuan pengendalian kendaraan di jalan raya dan ketrampilan mengendalikan kendaraan berdasarkan titik-titik dan manuver yang sudah ditentukan tim penilai. “Kami tak hanya mementingkan efisiensi bahan bakar. Dalam kompetisi ini ketrampilan pengemudi juga diuji. Tentu di saat putaran final nanti akan jadi sesuatu yang menarik,” kata Novie.

Adapun kendaraan yang akan digunakan adalah Truk Scania seri R-580 dan Bus Scania K360IB. Semua kendaraan yang dipilih memiliki fitur Scania Fleet Management. Tujuannya agak penilaian terhadap ketrampilan dan kemampuan pengemudi saat mengoperasikan kendaraan bisa terukur real-time.

 

Pemilik bus PO. Putra Jaya, Vicky Hosea mengaku senang dengan adanya kompetisi antar pengemudi bus yang digelar PT. United Tractors, Tbk. Menurut dia, kegiatan semacam ini sangat baik untuk pengembangan, kemajuan dan prospek pengemudi bus Scania di masa mendatang. Kompetisi membuat pengemudi terpacu untuk mengembangkan pengetahuan mereka, khususnya tentang bus yang mereka operasikan sehari-hari. “Karena ada motivasi selain pengetahuan untuk mereka sendiri, ada bonus dan gengsi ingin menjadi the best driver (lewat Scania Driver Competitions).

Vicky berharap kompetisi antar pengemudi bus Scania bisa digelar setahun sekali secara rutin. Dalam pandangannya, jika ada motivasi lewat kompetisi itu, pengemudi bisa semangat sehingga mudah menyerap pengetahuan tentang bus Scania yang mereka operasikan sehari-hari.

Novie Sianipar mengungkapkan, tiga orang terbaik dari seluruh peserta putaran final akan mendapatkan hadiah menarik berupa uang tunai. Khusus untuk terbaik pertama selain mendapatkan uang tunai juga mendapatkan kesempatan ikut kompetisi Scania Driver Competitions South East Asia di Malaysia, Agustus mendatang. Semua biaya akomodasi dan perjalanan akan ditanggung PT. United Tractors, Tbk.

“Kami juga memberikan penghargaan untuk para pemilik kendaraan, sebagai bentuk terima kasih kami bahwa para pengemudi ini sudah diberikan kesempatan mengikuti kompetisi hingga babak final. Oh ya, dari kami hadiah yang diterima peserta kelak menjadi hak dengan atas nama peserta bukan perusahaannya,” kata Novie lagi. (naskah : mai/foto : dok. PT. United Tractors,Tbk/scania.com)



Peserta Scania Driver Competitions Indonesia 2017 yang lolos babak kualifikasi dan maju ke babak final di Jakarta tanggal 26 – 27 April 2017 adalah :

I. Kategori Truk
1. Ali A. Siregar – PT. Puninar Fueller
2. Arif Rachman Hakim – PT. Pamapersada Nusantara
3. Jon Pitriadi – PT. Ulima Nitra
4. Kukuh Hendrawan – PT. United Tractors Semen Gresik
5. Muhammad Nur Said – PT. Bukit Makmur
6. Muhilal – PT. Pamapersada Nusantara
7. Norianthus – PT. Pamapersada Nusantara
8. Steve Reynold Solung – PT. Borneo Alam Semesta
9. Wisnu Muslimin – PT. Kalimantan Prima Persada
10. Yawan Arianto – PT. Sapta Indra Sejati

II. Kategori Bus :
1. AA Kurniadi N – PT. Mayasari Bakti
2. Alfius – PO. Putera Jaya
3. Arif Nur – PT. Transportasi Jakarta
4. Asril Chandra – PO. Halmahera
5. Feryanto Gini L – PO. Rosalia Indah
6. Hasriandi – PT. Bintang Sempati (Sempati Star)
7. Hevi Rivandi – PT. Putera Pelangi Perkasa
8. Lontas Sihite – PO. Bintang Utara
9. Parulian Simanjutak – PT. Transportasi Jakarta
10. Tri Leksono – PT. Putera Mulya Sejahtera
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013