Jumat, 18 Agustus 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS TINGKAT LORENA GRUP RAMAIKAN JALAN DI JAWA TAHUN INI !
 
08 Mei 2017


(Jakarta – haltebus.com) Lima tahun setelah memborong chassis Mercedes-Benz, Lorena Grup kini memberikan kejutan di tahun 2017. Tak tanggung – tanggung, 20 unit bus tingkat untuk rute jarak jauh siap digelar di pulau Jawa. “Untuk tahap pertama kami siapkan 12 unit dulu, delapan unit lainnya menyusul. Semua ditargetkan beroperasi tahun ini,” ujar Direksi Lorena Grup Ryanta Surbakti kepada haltebus.com di International Convention Exhibition, Serpong, Banten, Sabtu (6/5/17).

Penyerahan 12 unit bus tingkat jarak jauh itu dilakukan di Pameran Mercedes-Benz Indonesia Commercial Vehicle Expo 2017. Managing Director of Marketing, Sales and After Sales of Commercial Vehicle PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Ralf Kraemer menyerahkan langsung secara simbolis bus tingkat yang diproduksi oleh Karoseri Adiputro Wirasejati, Malang. Turut hadir dalam penyerahan itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan Sugihardjo, Dirjen Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan dan Dirjen Perhubungan Darat Puji Hartanto Iskandar.

Upacara penyerahan diawali dengan masuknya bus tingkat ke dalam arena pameran yang dikemudikan langsung oleh Adri Budiman, Deputy Director of Commercial Vehicle Bus Operation Mercedes-Benz Indonesia. Ralf Kraemer berharap Mercedes-Benz Indonesia bisa menghadirkan bus-bus yang aman dan nyaman sebagai salah satu moda transportasi di Indonesia. “Kami senang bisa menampilkan produk terbaik kami di pameran ini dan bus Lorena sangat mewah,” kata Ralf saat mendampingi tamu undangan masuk ke dalam bus Lorena Grup yang diluncurkan.



Sekjen Kemenhub, Sugihardjo berharap Mercedes-Benz Indonesia Indonesia bisa menghadirkan kendaraan komersial yang aman dan nyaman. Dia mengapresiasi kecanggihan teknologi pada kendaraan komersial, untuk penumpang dan barang dari Mercedes-Benz.

Kecanggihan teknologi ini, kata pria yang akrab disapa Jojo, sangat penting untuk kemajuan dunia transportasi di Indonesia. Menurut dia, masyarakat Indonesia saat ini tidak hanya mempertimbangkan faktor harga melainkan juga kenyamanan. “Ada bus dan truk dengan teknologi terbaru. Ini penting sekali untuk kemajuan dunia transportasi kita, karena masyarakat sekarang ini sudah memperhatikan kenyamanan,” ujarnya

Jojo mengungkapkan pemerintah terus berupaya menyediakan transportasi publik, berbasis jalan yang mengutamakan keselamatan, aman dan nyaman. “Kami mengajak PT Mercedes Benz Distribution Indonesia untuk berpartisipasi aktif, tidak hanya sebatas menghadirkan sarana transportasi, namun juga mewujudkan sistem transportasi yang selamat, aman dan nyaman, serta ramah lingkungan,” kata dia lagi.



Harapan pemerintah ini sejalan dengan apa yang diungkapkan Ryanta Surbakti kepada haltebus.com. Menurut dia, manajemen Lorena Grup sengaja menghadirkan bus tingkat untuk masyarakat di pulau Jawa. “Pertama, jalan utama antar kota di Jawa sudah memungkinkan dioperasikannya bus tingkat. Kedua, dengan adanya jalan tol, nantinya kota-kota di Jawa terhubung dengan tol, maka bus-bus bertenaga besar sangat diperlukan, seperti bus kami ini,” katanya.

Mengapa bus tingkat, bukan bus berlantai satu? “Karena kami ingin menghadirkan bus yang nyaman, yang beda dari yang lain,” begitu kata Ryanta menjelaskan pemilihan model bus yang dibangun di atas Mercedes-Benz OC 500 RF-2542.

Tren bus antar kota di Indonesia, menurut Ryanta harus lebih maju dengan dukungan pabrikan yang ada. Dia mengatakan, Lorena Grup memilih Mercedes-Benz sebagai pabrikan utama armada busnya sudah sejak lama. Ketika Mercedes-Benz menyediakan chassis OC 500 RF-2542 yang bisa dibuat bus tingkat maka kesempatan itu langsung disambut positif manajemen dengan membuat road map untuk bus tingkat antar kota jarak jauh. “Tunggu tanggal mainnya, mudah-mudahan Juni sudah bisa beroperasi,” kata dia saat ditanya rute bus tingkatnya.



Interior bus dibuat berbeda dari bus-bus Lorena grup lainnya. Kursi tebal dari Alldila yang menjanjikan kenyamanan dilengkapi dengan LCD sebagai sarana hiburan di perjalanan. Ruang kaki yang longgar Lorena Grup menamakannya kelas Super Eksekutif. Di dek bawah hanya diisi 10 penumpang, sedangkan di dek atas bisa memuat 34 penumpang. Ada dua kursi yang tersedia di ruang merokok. “Tiketnya mungkin berkisar 10 persen di atas bus yang biasa,” kata Ryanta.

Berdasarkan pengamatan haltebus.com, kehadiran bus tingkat Lorena-Karina banyak menyedot perhatian masyarakat. Di dunia maya, saat bus keluar dari karoseri Adiputro Wirasejati, Malang, foto-fotonya sudah beredar di media sosial. Demikian pula saat kedua bus hadir di ruang pamer Mercedes-Benz Indonesia Commercial Vehicle Expo 2017, Sabtu lalu. Pengunjung yang datang tak putusnya melihat bus baik luar maupun masuk ke dalam bus.

Tahun 2017 menjadi penanda langkah baru transportasi bus di pulau Jawa. Jika bus Lorena Grup selesai dan beroperasi di tahun ini maka tak kurang dari 25 unit bus tingkat jarak jauh beroperasi di Jawa. Tren bus tingkat untuk angkutan antar kota jarak jauh sudah di depan mata. Inovasi perusahaan bus untuk menghadirkan kenyamanan dipastikan akan memanjakan masyarakat dan membuat kompetisi antar perusahaan bus menuju ke arah persaingan yang baru. (nakah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013