Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Toyota dan CaetanoBus meluncurkan braning Bersama dalam bus listrik terbaru yang diproduksi CaetanoBus. Merek Toyota dan CaetanoBus digunakan pada bus bus listrik berbasis baterai : e.City Gold dan bus listrik berbasis fuel cell : H2.City Gold.

“Dengan branding Bersama ini, kami memperkuat kemitraan lama dengan Toyota untuk bisnis bus tanpa emisi secara keseluruhan. Hal ini memungkinkan kami berdua untuk menunjukkan, di satu sisi, kemampuan teknis dan teknologi pelengkap, dan di sisi lain, keselarasan sejati menuju dekarbonisasi,” kata President of CaetanoBus, José Ramos, dalam rilis yang dilansir Toyota Motor Eropa, Jumat (9/7/21).

CaetanoBus adalah pabrikan pembuat chassis dan bus yang berbasis di Vila Nova de Gaia, Protugis. Sejak 2019, Toyota Motor Europe (TME) bekerja sama dengan CaetanoBus untuk teknologi fuel cell yang ditanamkan pada CaetanoBus. Mulai dari komponen fuel cell stacks (pembangkit tenaga), tangka hidrogen dan komponen penting lainnya untuk bus listrik berbasis hydrogen fuel cell.

e.City Gold – H2.City Gold/toyota.eu

e.City Gold Back/toyota.eu

Pada 2020, kedua perusahaan sepakat untuk bekerja sama lebih erat. Toyota Caetano Portugal, bagian dari TME, menjadi pemegang saham CaetanoBus untuk pengembangan bisnis dalam target pengembangan dan penjualan bus bebas emisi. CaetanoBus selama beberapa tahun terakhir sudah melakukan penetrasi pasar internasional dan menunjukkan eksistensi penjualan untuk bus bebas emisi di seluruh Eropa.

Pertumbuhan penjualan CaetabosBus, menunjukkan pengakuan kemampuan teknologi dan terobosan yang kompetitif di pasar bus bebas emisi di pasar Eropa. Ada keunggulan pada teknologi H2.City Gold adalah bus listrik bertenaga hidrogen CaetanoBus yang menggunakan sistem sel bahan bakar Toyota. Bus ini memiliki jangkauan hingga 400 km dan dapat diisi ulang dalam waktu kurang dari 9 menit. Kendaraan ini menampilkan teknologi dan kemampuan rekayasa yang saling melengkapi dari kedua perusahaan.

Penggabungan kemampuan teknologi ini merupakan langkah pertama dalam strategi co-branding. Selanjutnya, co-branding juga berlanjut untuk bus listrik e.City Gold yang bebrasis baterai. Inti dari co-branding adalah perubahan emblem kendaraan untuk menyertakan logo “Caetano” dan “Toyota”, mengakui pengakuan visual Toyota yang kuat di antara pelanggan Eropa.

“Co-branding bus tanpa emisi CaetanoBus menunjukkan kepercayaan yang kami miliki dalam investasi terbaru kami dan kemitraan jangka panjang kami dengan Caetano. Ini juga menggarisbawahi pentingnya tempat Toyota untuk mengembangkan mobilitas tanpa emisi di luar mobil, di jalan kami menuju karbon netral,” kata Presiden & CEO Toyota Motor Eropa, Matt Harrison.

H2.City Gold Front/toyota.eu

Sejarah CaetanoBus dimulai pada 1946, saat perusahaan itu mulai membuat bus kayu. Tahun 1955, pendiri perusahaan, Salvador Caetano memperkenalkan bus double-decker dengan bahan besi pertama mereka. Seiring berkembangnya usaha, tahun 1966 fasilitas produksi di Gaia mulai beroperasi tahun 1966. Setahun kemudian, mereka mulai mengekspor bus ke Inggris. Pada 1997, CaetanoBus memulai program ramah lingkungan dari aktifitas produksi mereka.

Bus listrik mereka E.COBUS yang dibuat pertama kali pada 2014, beroperasi eksklusif untuk pengorasian di Bandara. Bus ini adalah bus hasil konversi bus bermesin diesel menjadi bus baru yang seperuhnya menggunakan tenaga listrik. Sebelum menjalin kerja sama lebih erat dengan Toyota, Pabrikan bus Portugis ini bekerja sama dengan Mitsui & Co. Aliansi strategis ini menghadirkan bus listrik pertama CaetanoBus di Inggris. (naskah mai/foto : toyota.eu)

Banner Content