Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Salah satu operator bus terkenal di Inggirs, Stagecoach, menyediakan sepuluh bus listrik Alexander Dennis Limited (ADL) dan pengemudi untuk transportasi VIP. Bus-bus listrik itu membawa pejabat khusus dari lokasi konferensi inti Conference Of the Party 26 PBB untuk Peribahan Iklim ke  resepsi di Galeri Seni Kelvingrove di Glasgow. Resepsi jamuan makan malam itu diselenggarakan oleh HRH The Prince of Wales Charles.

Dalam pernyataannya ADL, Selasa (2/11/21), ADL mengungkapkan pemimpin negara dan organisasi dunia seperti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres naik bus listrik double-decker yang ramah lingkungan. Mereka bisa merasakan kenyamanan bus listrik BYD ADL Enviro400EV.

Mereka naik bus listrik yang menjadi ikon kota London bus tingkat Merah yang menjadi favorit di Inggris. Bus-bus itu dibuat di Inggris dengan kemitraan antara BYD dan ADL. Bus listrik yang digunakan selama konferensi COP26 dibuat di fasilitas produksi ADL di Skotlandia dan rencananya akan dioperasikan Stagecoach di London.

Konvoi menuju tempat resepsi Jamuan Makan Malam Pangeran Charles/Chris Watt/Alexander Dennis Limited

Bus Listrik ADL Enviro400EV

Stagecoach adalah operator bus terbesar di Inggris yang berkomitmen untuk membeli energi terbarukan di semua bisnisnya. Mereka menargetkan armada bus listrik bebas emisi yang akan beroperasi di Inggris pada tahun 2035.

“Kami sangat bangga telah bekerja dengan Alexander Dennis untuk menyediakan layanan bus listrik bagi para pemimpin dunia di COP26. Kami terus menginvestasikan ratusan juta pound untuk listrik baru yang bersih dan bus (listrik) tanpa emisi, seperti yang kami miliki untuk dipamerkan di COP26,” kata CEO Stagecoach, Martin Griffiths.

Griffiths menambahkan, salah satu perubahan positif terbesar yang bisa dilakukan orang secara individual dalam mengatasi darurat iklim adalah dengan beralih. Apa yang harus dialihkan? “Kebiasaan menggunakan mobil ke transportasi umum atau  bisa juga bersepeda dan berjalan kaki yang lebih sustainable,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Presiden & Managing Director ADL, Paul Davies juga mengungkapkan kegembiraannya bisa melayani peserta COP26. Kesempatan itu sangat berkaitan erat dengan bisnis mereka. “Kami senang bahwa para pemimpin dunia memiliki kesempatan untuk naik bus double-decker kami yang terkemuka di dunia. COP26 difokuskan untuk menemukan solusi darurat iklim dan kami bangga dapat menunjukkan solusi nol emisi yang tersedia saat ini. Bus listrik bersih seperti yang dilakukan para pemimpin dunia tadi malam adalah kunci untuk mengurangi emisi transportasi di seluruh dunia dan mendorong peralihan moda ke moda transportasi yang berkelanjutan,” katanya.

Bus Merah London mengantar Perdana Menteri Boris Johnson pada resepsi COP26 di Kelvingrove Art Gallery, Glasgow/Karwai Tang/ UK Government

Bus Merah London yang membawa Perdana Menteri Boris Johnson memasuki Kelvingrove Art Gallery, Glasgow/Karwai Tang/ UK Government

Konvoi Bus Merah London yang dinaiki pemimpin dunia peserta COP26/Chris Watt/Alexander Dennis Limited

Davies menambahkan, bus listrik tanpa emisi sudah tersedia saat ini dan siap diluncurkan dalam skala besar. BYD-ADL sendiri telah menyiapkan lebih dari seribu bus listrik tanpa emisi, baik yang sudah diserahkan ke pemesanan atau masih dalam status pemesanan. (naskah : mai/ foto : dok. UK Government)

 

Banner Content