Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Perdagangan bursa di hari Jumat (10/12/21) menjadi awal baru untuk Daimler Truck AG. Perusahaan yang selama ini berada di bawah payung Daimler AG, secara resmi berdiri mandiri. Pendaftaran di Bursa Saham Frankfurt Stock Exchange menjadi pelengkap kemandirian finansial untuk rencana jangka panjang grup Daimler yang bergerak di kendaraan komersial itu. Februari lalu, Rapat Umum Pemegang Saham Daimler AG menyetujui Langkah pemisahan (spin-off) Daimler Truck AG sebagai salah satu strategi mereka menghadapi persaingan global, mobilitas masa depan dan kendaraan ramah lingkungan yang berkelanjutan.

“Hari ini adalah hari bersejarah bagi Daimler Truck: Selama 125 tahun, bisnis truk dan bus kami adalah bagian dari Grup Daimler – sekarang kami menjadi perusahaan independen yang terdaftar. Langkah ini memungkin secara organisasi melakukan tour de force. Oleh karena itu, terima kasih saya sampaikan kepada seluruh tim kami atas komitmen mereka yang tak tertandingi selama beberapa minggu dan bulan terakhir. Jadi dalam hal ini, hari ini adalah garis akhir bagi kami. Kami telah bekerja keras untuk mencapainya. Namun, 10 Desember 2021 ini, di atas segalanya, justru sebaliknya, yaitu menjadi garis awal. Karena sekarang segalanya benar-benar dimulai untuk Daimler Truck,” ujar Chairman of Board of Management Daimler Truck Holding AG, Martin Daum di Frankfurt Stock Exchange usai peresmian pelepasan saham perusahaan itu.

Memasuki perdagangan saham ini menjadi tonggak terpenting dalam sejarah Daimler Truck. Langkah itu juga memungkinkan investor memiliki kesempatan untuk berinvestasi langsung di saham salah satu produsen kendaraan komersial terbesar di dunia. Dalam persiapan untuk Spin-Off, Daimler Truck telah menetapkan ambisi keuangannya untuk meningkatkan kinerja dan profitabilitas segmen. Daimler Truck secara konsisten fokus pada peningkatan keuntungan perusahaan untuk memimpin industri di jalan menuju transportasi yang netral CO2.

Momen Daimler Truck AG terdaftar di Frankfurt Stock Exchange, Jumat (10/12/21)/dok. daimlertruck.com

Direksi dan Manajemen Daimler Truck AG, siap menjadi yang terdepan di industri kendaraan komersial dunia/dok. daimlertruck.com

Berdasarkan laporan keuangan, Daimler Truck juga mencatatkan neraca yang kuat. Daimler Truck telah menerima peringkat kredit layak investasi yang solid. Daimler Truck mengharapkan sahamnya akan terdaftar di Pasar Regulasi Bursa Efek Frankfurt dalam indeks DAX. “Sekarang kami melihat ke depan dengan berani dan percaya diri. Sekarang kami berharap untuk menggunakan peluang kreatif sebagai perusahaan independen dengan tim global kami yang hebat – untuk lebih banyak wirausaha sukses di masa depan. Semua orang harus mendapat manfaat dari ini (mulai) tenaga kerja kami, pelanggan kami dan tentu saja, pemegang saham kami,” kata Daum menjelaskan.

Chairman of Board of Management Daimler AG dan Mercedes-Benz AG, Ola Källenius mengatakan hari pertama Daimler Truck AG di pasar saham menjadi sejarah baru mereka. “Hari ini menandai awal dari era baru bagi kami. Kami sepenuhnya fokus untuk membangun mobil yang paling diinginkan di dunia dan memimpin dalam electromobility dan software kendaraan. Pada saat yang sama, daftar Daimler Truck mengubah satu kisah sukses menjadi dua. Reorganisasi bersejarah menjadi dua perusahaan ‘pure-play’ dimaksudkan untuk melepaskan potensi penuh kedua perusahaan dan menciptakan nilai tambah yang menentukan bagi semua pihak. Kami berharap Daimler Truck memiliki masa depan yang sukses dan menantikan awal era baru dengan percaya diri,” katanya.

Daimler Truck memiliki ambisi masa depan yang tinggi. Sebagai perusahaan terbuka, Daimler Truck bertekad menjadi yang terdepan untuk transportasi tanpa emisi, yang lebih lincah (inovasi) dan focus di masa depan. Pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai dan fuel cell diharapkan bisa dipercepat dengan kemandirian Daimler Truck. Mereka bisa lebih leluasa membangun kemitraan strategis. Misalnya, kendaraan baterai dan fuel cell diproyeksikan menyumbang hingga 60 persen dari penjualan Truk Daimler pada tahun 2030.

Mulai tahun 2039, mereka hanya ingin menawarkan kendaraan yang netral CO2 dalam pengoperasiannya. Bagi Daimler Truck, kedua teknologi (baterai dan fuel cell) kompatibel dan diperlukan di masa depan. Truk bertenaga baterai murni digunakan untuk transportasi distribusi light duty dan heavy duty, misalnya dalam pengiriman barang di kota. Penggerak fuel cell berbasis hidrogen akan sangat diperlukan dalam transportasi truk jarak jauh bebas CO2 di masa depan.

Chairman of Board of Management Daimler AG dan Mercedes-Benz AG, Ola Källenius memberikan sambutan sejarah baru Daimler Truck AG/dok. daimlertruck.com

Chairman of Board of Management Daimler Truck AG Martin Daum membunyikan lonceng tanda listing di Frankfurt SE/dok. daimlertruck.com

Semangat CFO Daimler Truck Holding AG, Jochen Goetz dalam pelepasan saham perdana Daimler Truck AG/dok. daimlertruck.com

CFO Daimler Truck Holding AG, Jochen Goetz mengatakan, Daimler Truck juga secara finansial dalam posisi awal yang sangat baik untuk kemandirian kewirausahaan. Dia menegaskan, neraca Daimler Truck AG kokoh dan telah membuktikan di masa lalu betapa andalnya Daimler Truck. “Kami dapat menghasilkan pendapatan yang menarik. Cashflow. Kami sekarang mengerahkan seluruh energi kami untuk sepenuhnya memanfaatkan potensi pendapatan kami dan mendorong transformasi ke transportasi bebas emisi dengan cara yang terfokus. Kami juga ingin menciptakan nilai berkelanjutan bagi investor kami,” katanya meyakinkan

Daimler Truck menargetkan bisa meraih laba atas penjualan dua digit pada tahun 2025, dengan asumsi kondisi pasar yang kuat. Kegiatan bisnis Daimler Truck terstruktur ke dalam lima segmen pelaporan. Manajemen Daimler Truck merumuskan target pengembalian yang konkret untuk kondisi pasar yang kuat. Misalnya, Daimler Truck secara khusus menargetkan laba atas penjualan yang disesuaikan, 12 persen untuk segmen Truk Amerika Utara (TN) jika terjadi kondisi pasar yang kuat. Untuk segmen Mercedes-Benz (MB), targetnya adalah 10 persen penyesuaian return on sales. Sementara untuk segmen Trucks Asia (TA) 9 persen dan untuk segmen Daimler Buses (DB) 7,5 persen. Di bisnis jasa keuangan baru, Daimler Truck Financial Service (DTFS) sebagai segmen kelima, ditargetkan pengembalian ekuitas yang disesuaikan sebesar 14 persen.

Banteng dan eActross, lambang kekuatan Daimler Truck AG menyambut mobilitas masa depan yang berkelanjutan/dok. daimlertruck.com

Perjalanan 125 tahun kendaraan komersial Daimler berlanjut dalam kemandirian Daimler Truck AG/dok. daimlertruck.com

Sejak berdiri 125 tahun, para pendiri Daimler Truck memulai industri transportasi modern dengan truk dan bus. Saat ini, Daimler Truck tercatat sebagai salah satu produsen kendaraan komersial terbesar dengan jangkauan global, yang memiliki lebih dari 40 fasilitas produksi di seluruh dunia dan lebih dari 100 ribu karyawan. Daimler Truck menyatukan tujuh merek di bawah payungnya: BharatBenz, Freightliner, FUSO, Mercedes-Benz, Setra, Thomas Built Buses dan Western Star. Ini menjadi modal Daimler Truck untuk membuat transportasi berkelanjutan dengan keahlian teknologi yang kuat dan gambaran kebutuhan pelanggan yang cermat.

November lalu dalam Capital Markets Day, Daimler Truck mengumumkan akan berfokus pada peningkatan keuntungan. Sejalan dengan itu, perusahaan berharap bisa menyesuiakan Return on Sales (ROS) antara 6-8 persen untuk 2021 walaupun ada tantangan pada semikonduktor dan harga material produksi. Dari hasil upaya yang sudah dilakukan, Daimler Truck berharap bisa mereduksi  fix costs hingga 15 persen di awal tahun 2023, dibandingkan tahun 2019. Lebih cepat dua tahun dari apa yang sudah diumumkan pada Strategy Day di bulan Mei 2021.

Di tahun 2022, Daimler Truck berharap ada penyesuan ROS antara 7 hingga 9 persen. Tingkat investasi yang berkembang di antara agensi pada bulan Oktober sangat positif. Agensi Global Ratings misalnya, memberikan peringkat BBB+ (outlook stable), sementara agensi Moody’s memberikan peringkat of A3 (outlook stable). (naskah : mai/foto : daimlertruck.com)

Banner Content