Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) menyiapkan Pameran Electric Vehicle Show (PEVS). Pameran ini akan diadakan pada 11-22 Mei 2022, di JIExpo Kemayoran Jakarta. Anggota Periklindo,  Rabu (12/1/2022) mengadakan pertemuan dalam rangka persiapan pameran.

“Terima kasih kepada peserta yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan ini. Periklindo berdiri pada 25 April 2021 hampir setahun dan bisa menyelenggarakan PEVS ini dan saya yakin ini bisa teselenggara karena kerja sama yang sangat baik,” kata Ketua Umum Periklindo, Moeldoko di Jakarta, seperti dilansir Kompas.com Kamis, (13/1/22).

Periklindo EV Show menjadi terobosan Indonesia di kawasan Asia Tenggara/dok Periklindo via kompas.com

Menurut Moeldoko, acara ini diharapkan mendorong implementasi Perpres No 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Pameran ini, kata dia, menjadi Langkah besar bagi Indonesia menuju era kendaraan listrik.

“Karena membangun kendaraan listrik adalah relatif baru di Indonesia, ini memerlukan ekosistem besar, rangkaian yang panjang dan masih banyak isu yang mesti dijawab kepada publik, seperti kesiapan infrastruktur dan charging station, kemudian layanan purna jual,” katanya menjelaskan.

PEVS 2022 adalah pameran berskala internasional. Presdir Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh penyelenggara pameran mengatakan, PEVS 2022 merupakan terobosan untuk Kawasan Asia Tenggara. Menurut dia, hanya soal waktu Indonesia akan berubah kendaraan listrik menjadi pilihan utama. Dia mengatakan, PEVS menjadi yang pertama di Asia Tenggara dan mungkin pertama di Asia di luar China.

Menurut dia, PEVS diikuti semua kendaraan berbasis listrik. Artinya bukan hanya mobil, motor, truk dan bus listrik, tapi juga kendaraan lain termasuk drone alat angkut manusia. “Kita tahu bersama Presiden Jokowi sejak periode pertama meminta percepatan industri mobil listrik, ini sudah periode kedua, progress sudah ada tapi belum menemukan momentum yang tepat, karena itu kita berharap pada pameran ini,” kata pria yang akrab disapa Kohen ini. (naskah : mai/foto : ist/kompas.com)

Banner Content