Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan kendaraan komersial IVECO bersama IVECO Bus terlibat dalam pilot project mobilitas listrik tanpa kabel yang di beri nama Arena del Futuro (Arena of Future). Ini adalah Prakarsa yang melibatkan beragam kalangan di Italia yang menjadi proyek percontohan untuk teknologi pengisian baterai kendaraan listrik dengan pendekatan induksi. Proyek aplikasi teknologi Dynamic Wireless Power Transfer (DWPT- transfer daya dinamis nirkabel) menguji pengisian baterai kendaraan sedekat mungkin dengan kondisi riil pergerakan kendaraan dan kemampuan transfer daya yang diperlukan kendaraan listrik.

 

“Perusahaan kami lebih berkomitmen dari sebelumnya untuk mendukung transisi energi, jadi wajar bagi kami untuk berkolaborasi dalam proyek ini, membawa pengalaman jutaan kilometer yang kami tempuh dengan ratusan bus listrik dalam situasi kehidupan nyata bersama kami,” kata President Bus Business Unit IVECO Group, Domenico Nucera.

 

Dynamic Wireless Power Transfer beranama Arena Del Futuor adalah proyek pertama yang menguji pengisian baterai kendaraan listrik nirkabel sambil berjalan

Saat pengujian bus listrik IVECO bisa mencapai kecepatan 70 km/jam sambil mengisi daya listrik hingga 75 kWh

Dalam proyek ini selain IVECO dan IVECO Bus, ada A35 Brebemi-Aleatica motorway, ABB, Electreon, FIAMM Energy Technology, Mapei, Pizzarotti, Politecnico di Milano, Prysmian, Stellantis, TIM, Roma Tre University dan University of Parma.  Proyek ini diumumkan Mei 2021, hasil uji coba pertama yang sukses dan dipublikasikan pada Jumat (10/6/22) dilakukan di lintasan privat milik A35 motorway sepanjang 1,05 km.

 

Sistem pengisian baterai induktif nirkabel ditanam di aspal sepanjang sirkuit. Proyek ini bertujuan melihat efektivitas dan efisiensi pengisian kendaraan listrik menggunakan arus induktif dinamis tanpa kontak dengan kendaraan. Teknologi itu memungkinkan kendaraan listrik mengisi ulang baterai mereka dalam kondisi berjalan di jalur khusus. Pengisian bisa berlangsung berkat sistem kumparan inovatif yang diposisikan di bawah aspal yang mentransfer energi langsung ke baterai terpasang.

 

IVECO Bus menyediakan bus listrik mereka E-WAY berukuran 12 meter dilengkapi dengan konektivitas yang diperlukan dan teknologi pengisian ulang. Pengujian dilakukan pada sirkuit aspal 1 km yang dialiri listrik arus induktif. Saat pengujian kecepatan bus bisa mencapai lebih dari 70 km/jam dan bisa menerima daya listrik 75 kW. Kondisi pengujian, disebut IVECO,  sangat dekat dengan kondisi riil saat operasional bus. Pengujian dilakukan mendekati kondisi riil saat kendaraan beroperasi di jalan raya. Hal itu menjadi proyek Arena del Futuro adalah proyek yang unik.

 

Pemasangan jalur induksi ini memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan pengendara kendaraan listrik

Panel induksi ditanam di dalam aspal di sepanjang lintasan

DWPT memungkinkan perjalanan kendaraan lebih leluasa

“Teknologi pengisian induksi juga memiliki potensi yang menarik untuk kendaraan komersial dan dapat menjadi platform infrastruktur yang efektif untuk semua sistem e-mobility, bukan hanya kendaraan listrik murni. Kami akan melanjutkan pengujian, dengan keyakinan bahwa teknologi ini dapat berkontribusi secara efektif untuk transisi ke mobilitas tanpa emisi, berkat manfaat yang ditawarkannya kepada semua pengguna,” begitu penjelasan Nucera.

 

Dalam resmi Prysmian Group, disebutkan, selain mengaplikasikan teknologi DWPT dengan beragam kendaraan, selama pengujian juga dilihat kondisi statis dan dinamis. Ada dua kendaraan yang mengikuti pengujian DWPT yakni Fiat New 500 dan IVECO Bus E WAY 12 meter. Perbedaan ukuran kendaraan untuk menguji efektivitas dan dampak daya listrik yang tersedia di sistem induksi yang tertanam di bawah aspal terhadap variasi jenis kendaraan yang lewat di atasnya.

 

Saat ini berbagai pihak tengah berlomba-lomba mengimplementasikan teknologi kendaraan listrik yang aman, nyaman, efesien dan efektif

IVECO berkomitmen tetap mendukung proyek Arena Del Futuro untuk mendorong mobilitas listrik masa depan

Beragam inovasi bisa menyertai DWPT yang dimungkinkan via Internet of Things (IoT)

Pengujian di Arena del Futuro juga melibatkan teknologi Internet of Things (IoT) dan juga jaringan internet 5G. Mereka juga  mengoptimalkan permukaan jalan agar lebih awet dan tidak mengubah efisiensi muatan induktif. “Konektivitas canggih melalui teknologi 5G dan IoT untuk memastikan keselamatan jalan maksimum dan mengoptimalkan produktivitas kendaraan komersial,” begitu penjelasan Prysmian. (naskah : mai/foto : dok. ivecogroup.com/arena del futuro)

Banner Content