Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Pembuat bus ramah lingkungan, Solaris Bus & Coach sp. z o.o. dan Pemerintah Kota Bucharest Rumania (Municipiul Bucuresti) menandatangani kontrak untuk penyediaan bus listrik. Kontrak yang ditandatangani, Kamis (29/12/22) itu untuk pemesanan 100 bus troli Solaris Trollino 12 senilai hampir 60 juta euro.

 

“Kota Bucharest (Municipiul Bucuresti) telah memilih Solaris sebagai pemasok 100 bus troli melalui proses tender. Bus Trollino 12 akan dikirim ke ibu kota Rumania, dalam waktu 22 bulan sejak tanggal penandatanganan kontrak. Kendaraan akan tiba di ibu kota Rumania pada akhir 2024,” demikian pernyataan Solaris yang dirilis Jumat (30/12/22).

 

Municipiul Bucuresti telah memilih Solaris sebagai pemasok 100 bus troli melalui proses tender. Bus Trollino 12 yang akan dikirim ke ibu kota Rumania itu adalah kendaraan tanpa emisi. Solaris menyebut bus troli itu sebagai investasi Bucharest untuk meningkatkan kualitas hidup di kota. Bus listrik akan diserahkan oleh pemerintah kota kepada perusahaan transportasi STB SA (Societatea de Transport Bucuresti), yang akan mengoperasikan layanan transportasi untuk kota itu.

 

Bucharest pesan 100 bus trolley listrik Trollino 12 yang diharapkan bisa dikirim seluruhnya di akhir 2023. Walikota Bucharest Nicușor Dan (kiri) dan (Solaris Bus & Coach sp.z o.o., Eugen Daniel Ciolan (kanan)

Bucharest adalah salah satu dari delapan kota di Rumania yang menjadi pelanggan Solaris.

Trollino 12, bus trolley bertenaga listrik dengan panjang 12 meter, bisa beroperasi hingga 20 km tanpa pantograf.

Trolley bus sepanjang 12 meter akan dilengkapi motor traksi 160 kWh. Selain itu, Trollino 12 ini akan dilengkapi dengan baterai Solaris High Power berkapasitas 60 kWh, yang memungkinkan bus-bus itu bisa menempuh jarak hingga 20 km sekaligus tanpa koneksi ke overhead (pantograph). Baterai traksi akan diisi ulang baik dalam perjalanan (melalui teknologi mobile charger) dan semalaman di depot.

 

Operator Municipiul Bucuresti mengutamakan kenyamanan dan keamanan para pelanggannya saat memesan bus yang ramah lingkungan. Semua Trollino yang dipesan akan dilengkapi dengan AC yang efisien di area penumpang. Di dalam kabin, akan ada sistem pemantauan, layar sistem informasi penumpang, dan pengisi daya USB, yang dapat digunakan penumpang untuk mengisi baterai telepon seluler atau gawai mereka. Kendaraan bisa mengangkut 90 penumpang sekaligus, 25 penumpang di antaranya akan duduk.

 

Bucharest adalah salah satu dari delapan kota di Rumania yang mengoperasikan transportasi kota tanpa emisi dari Solaris, baik bus troli dan bus listrik. Sejak 2002, pabrikan yang berbasis di Poznan, Polandia ini telah mengirimkan hampir 500 bus ke operator transportasi lokal di Rumania. Ada lebih dari 180 beragam kendaraan Trollino dan lebih dari 100 Urbino bertenaga baterai listrik. (naskah : mai/foto : solarisbus.com)

Banner Content