(Jakarta – haltebus.com) Persiapan menyambut arus mudik lebaran tahun ini sudah mulai dilakukan beberapa Provinsi. Lebih dari 15 ribu bus dikerahkan untuk mengantar pemudik ke daerah masing-masing. Diperkirakan mobilitas orang yang menggunakan sarana angkutan darat selama musim mudik tahun ini lebih dari lima juta orang.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta, misalnya sudah menyiapkan sedikitnya 7.292 unit bus untuk mengangkut pemudik pada musim lebaran tahun ini. Menurut Kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, persiapan armada kali ini naik dua persen dibandingkan tahun lalu. Namun, diperkirakan jumlah pemudik yang diangkut akan menurun 1,9 persen. “Tahun lalu ada sekitar 600 ribu orang yang mudik, tahun ini kami prediksi hanya 590 ribu orang,” kata Udar seperti dikutip tribunnews.com.

Udar juga menambahkan, sudah ada 14 perusahaan yang mengajukan ijin untuk menggelar mudik bersama. Total armada yang digunakan 1.245 unit bus dengan perkiraan pemudik yang terangkut 69.849 orang.

Sementara itu, di Surabaya, pemerintah Provinsi Jatim menyiapkan 131 unit bus angkutan mudik gratis bagi pemudik. Dengan kapasitas angkut 7 ribu penumpang, bus-bus itu akan melayani jalur dari Surabaya ke Malang, Lumajang, Blitar, Kediri, Jember, Banyuwangi, dan Pacitan. kompas.com menyebutkan, pemberangkatan dilakukan dua kali, yakni 27 dan 28 Agustus.

Selain armada mudik gratis yang disiapkan Dishub Jatim, Organda Jatim juga telah menyiapkan lima ribu unit bus milik anggota Organda selama musim mudik lebaran. Dishub Jatim memperkirakan, penumpang selama musim mudik tahun ini mencapai 5,7 juta orang.

Dari Jawa Tengah dilaporkan, Pemprov Jateng juga menyiapkan 190 unit bus khusus pemudik asal Jateng yang berdomisili di Jakarta. Bus-bus ini akan diberangkatkan dari anjungan Pemprov Jateng di Taman Mini Indonesia Indah. “Tahun ini Pemprov Jateng menyiapkan 70 unit bus, masing-masing dari 35 kabupaten/kota menyiapkan 2 unit bus jadi ada 70 dan dari Dewan Perwakilan Daerah menyiapkan 50 unit bus,” ujar Gubernur Jateng Bibit Waluyo seperti dikutip suaramerdeka.com.

Menurut Bibit, menyambut kesibukan mudik lebaran pihaknya menyiapkan posko sejak 23 Agustus hingga 7 September. Dia memperkirakan, lebih dari 400 ribu mobil pribadi dan lebih dari 55 ribu unit bus melintasi jalan-jalan di Jateng di musim mudik kali ini. “Secara umum Jateng sudah siap menerima kedatangan para pemudik maupun orang yang akan melintasi Jateng,” kata dia. (mai)

Sumber : berbagai sumber/detik.com (foto)

Banner Content