Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
JR CONNECTION, BUS NYAMAN DARI PERUMAHAN KE TENGAH KOTA
 
16 Februari 2017


(Jakarta – haltebus.com) Kementerian Perhubungan meluncurkan bus Jabodetabek Residence Connection (JR Connection), Selasa (14/2/17) di Pusat Perbelanjaan ITC Mangga DUa, Jakarta. Bus yang diinisiasi oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) itu beroperasi untuk melayani warga perumahan di wilayah pinggiran Jakarta untuk ke tengah kota Jakarta. “Namanya sudah bagus, JR Connection, semoga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk warga di sekitar Jakarta mau naik bus dan meninggalkan mobil pribadi,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutan peresmian JR Connection.

Bus JR Connection ini dioperasikan oleh swasta. Budi mengapresiasi peran swasta dan pemerintah daerah, khususnya Walikota dan Bupati, penyangga Jakarta yang bekerja sama untuk bisa mewujudkan angkutan bus model baru ini. Menurut dia, peran swasta dan pemerintah daerah sangat berarti bagi Kemenhub untuk menjalankan program pengalihan warga untuk mau menggunakan angkutan massal.

Budi menjelaskan, di era serba teknologi ini pihaknya berharap bisa mempermudah akses warga ke transportasi umum melalui aplikasi internet yang bisa diakses lewat telepon seluler atau gawai (gadget). Aplikasi itu nantinya diharapkan bisa menampilkan jadwal angkutan bus, kereta api dan transportasi lainnya hingga memudahkan warga berpindah dari satu moda angkutan umum ke moda angkutan lainnya.



Program bus JR Connection dari Kemenhub, menurut Budi, menjadi model baru pengembangan transportasi bus. Tidak ada dana pemerintah yang dikeluarkan untuk pengadaan bus dan sarana penunjang utama. Pemerintah dan pemerintah daerah, lanjut dia, menyiapkan regulasi dan sarana pendukung sekunder. “Terima kasih kepada pihak Swasta, Pengembang, juga REI, BPTJ dan para bupati dan walikota yang berperan dalam mewujudkan program ini. Dengan begitu dana pemerintah bisa dialihkan untuk pembangunan fisik seperti MRT, LRT dan yang lainnya,” begitu dia mengungkapkan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPTJ Elly A. Sinaga mengungkapkan, ada kebutuhan angkutan bus dari warga perumahan di delapan daerah penyangga Jakarta menuju Jakarta. Daerah penyangga yang dimaksud adalah Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi. “Ada 29 kota satelit baru di seputar Jakarta dengan luasan wilayah 25 ribu hektar dari 36 ribu hektar yang direncanakan. Ada 45,7 juta perjalanan per hari dan lebih dari 1 juta perjalanan di saat jam sibuk,” ujar dia menjelaskan.

Angkutan perumahan ke Jakarta ini, lanjut Elly adalah angkutan tidak dalam trayek dan melengkapi angkutan yang sudah ada sebelumnya. Dia tidak menutup kemungkinan, dalam penataannya di masa mendatang, angkutan bus antar-jemput perumahaan yang sudah ada sekarang bergabung dalam JR Connection. Jika ditilik kembali ada empat jenis angkutan bus yang beroperasi di seputar Jabodetabek, ada bus Antar Kota Antar Provinsi, bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) yang belakang tidak lagi masuk bus Transjakarta, Bus Bandara dan bus antar jemput (shuttle) perumahan.

Dalam perencanaannya, di tahap awal enam PO yang dimaksud adalah PT Alfaomega Sehati Mitra (AO Transport), PT Sinar Jaya Langgeng Utama, PT Wahana Trans, PT Royal Wisata Nusantara, PT Sejahtera Cemerlang Trans, dan PT Wifend Darma Persada. Focus perumahan yang akan digarap di tahap awal itu ada di Cibubur, Serpong, Depok, Bekasi dan Bogor. Titik tujuan antara lain Gambir, Pasar Baru, Gajah Mada Plaza, Ratu Plaza, Tanah Abang, FX Senayan, Blok-M, Jakarta Kota, Kelapa Gading, Mangga Dua, Mall Ciputra, Grogol, Roxy dan lain-lain. BPTJ menyeiapakan 125 unit bus yang nantinya secara bertahap akan bertambah hingga 375 unit bus yang diproyeksikan bisa menggantikan 11.275 unit kendaraan pribadi


Jalur Bus JR Connection menurut Elly tidak bersinggungan dengan bus-bus lainnya. Selain itu, bus juga tidak masuk ke dalam jalur bus Transjakarta. Rute yang diresmikan Menhub Budi K.S adalah Kota Wisata – Blok-M dan Kota Wisata – Mangga Dua yang dioperasikan PT. Sinar Jaya Langgeng Utama dan PT. Alfa Alfa Omega Sehati Mitra yang mengoperasikan bus dari Lippo Cikarang ke Blok – M. Masing-masing perusahaan menyiapkan enam armada bus. “Kami sementara ini mengoperasikan tiga unit untuk dua rute yang kami layani,” kata Tori Suryantoro.



Dalam peluncuran bus JR Connection ini, Kepala BPTJ Elly A. Sinaga menyebutkan, beragam fitur pelayanan yang membuat penumpangnya nyaman. Selain dilengkapi dengan pendingin ruangan, bus dilengkapi TV dan peralatan audio untuk hiburan di perjalanan, sambungan internet WiFi, juga dilengkapi dengan alat pembayaran dengan kartu debet. Untuk mempermudah informasi jadwal, bus-bus itu juga dilengkapi dengan alat Global Positioning System (GPS). Tarifnya antara Rp. 20-25 ribu, tergantung jarak tempuh bus. “Kami siapkan bus yang membuat nyaman penumpangnya, ada charge HP dan Laptop sehingga penumpang pun bisa membuka laptop selama perjalanan,” kata dia lagi.

Sementara itu secara terpisah, Direktur Utama PT. Transjakarta Budi Kaliwono menyambut baik peresmian JR Connection. PT. Transjakarta juga siap menyambut warga dari daerah penyangga yang ingin memanfaatkan jaringan bus Transjakarta untuk keperluan bepergian selama di Jakarta. “Penumpang dengan arah ke pusat kegiatan di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat ataupun Jakarta Utara, bisa memanfaatkan layanan Transjakarta untuk menuju titik yang menjadi tujuan dengan mudah, murah dan nyaman,” ujar Budi dalam siaran pers tertulisnya.

Budi Kaliwono menambahkan, saat ini PT. Transjakarta sudah mengoperasikan 80 rute dengan 1.347 unit armada bus yang melayaninya. Dia yakin, dengan hadirnya layanan JR Connection dari BPTJ, penumpang bus Transjakarta juga bisa semakin bertambah. Tahun 2016, seluruh armada bus yang dioperasikan PT. Transjakarta melayani 430 ribu penumpang per harinya. Selama tahun 2016 tecatat 123,7 juta penumpang, dan ditargetnya menjadi 185 juta penumpang di tahun 2017. (naskah : mai/ foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013