Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Jalan Tol dalam kota di Jakarta bertambah. Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Tol Dalam Kota Pulogebang – Kelapa Gading Senin (23/8/21). Ruas sepanjang 9,3 Km ini sepenuhnya tol layang yang melengkapi ruas tol lingkar dalam kota yang sepanjang 46 Km dan tol lingkar luar sepanjang 65 Km. “Alhamdulillah pada pagi hari ini, jalan tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Joko Widodo saat peresmian di Gerbang Tol Cakung, Jakarta.

Saat peresmian yang didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Presiden yang akrab disapa Jokowi ini mengungkapkan, jalan tol baru diharapkan bisa memperlancar mobilitas. Menurut dia, melalui jalan tol koneksivitas barang dan orang bisa lebih cepat. Dia kembali menekankan harapannya kecepatan distribusi logistik akan makin baik. Selain itu, lanjut dia, daya saing komoditas-komoditas juga diharapkan makin baik karena jalan tol ini juga terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sehingga akan memperkuat, meningkatkan daya saing kita, dan juga utamanya mobilitas orang di Jakarta akan makin baik, mobilitas barang antara Kota Jakarta dengan sekitarnya juga akan makin baik,” ujar Jokowi melanjutkan penjelasannya.

Presiden Jokowi Diskusi/BPM Setpres

Diskusi Peta Perencanaan/BPM Setpres

Dalam pembangunannya, jalan tol ini juga menggunakan mode pembiayaan dengan memadukan anggaran pendanaan. Ada skema Kementerian dengan BUMN, antara Kementerian dan BUMN dengan swasta atau Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Jokowi berharap skema pembiayaan KPBU bisa digunakan di proyek-proyek jalan tol maupun infrastruktur lainnya yang telah direncanakan.

“Saya berharap skema-skema pembiayaan seperti ini bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur di seluruh provinsi di pelosok Tanah Air, sehingga akan mampu mengatasi ketimpangan antardaerah, antarprovinsi dalam pembangunan infrastruktur dan kita harapkan akan mempercepat konektivitas nasional kita,” tandasnya.

Dalam perencanaannya, ada enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta. Jalan tol sepanjang 69,78 Km membelah ibukota. Pembangunannya, dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama, panjang 31,1 Km yang mencakup segmen Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 Km dan Semanan-Kelapa Gading sepanjang 20,38 Km dan Grogol-Kelapa Gading 12,4 Km.

Peresmian Jalan Tol Pulogebang-Kelapa Gading

Presiden Joko Widodo/BPM Setpres

Penandatanganan Peresmian

 

 

 

 

 

Konsorsium Jakarta Toll Road Development (JTD) yang mengelola jalan tol dalam kota ini. Anggota konsorsium terdiri dari PT. Jakarta Propertindo, Pembangunan Jaya Group, PT. Hutama Karya, PT. Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT. Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT. Adhi Karya Tbk (ADHI), dan PT. Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP). (naskah : mai/Foto : Biro Pers & Media Kantor Presiden)

Banner Content

Related Article