Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Presiden Joko Widodo meresmikan Seksi Danowudu-Bitung Jalan Tol Manado-Bitung, sekaligus menandai beroperasinya jalan tol itu secara utuh. JalanTol Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 km diresmikan dalam kunjungan kerja Presiden ke Sulawesi Utara, Jumat (25/2/22).

“Jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik, mobilitas barang, mobilitas orang dari Manado ke Bitung, Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung dan nantinya kita arahkan untuk menuju ke Likupang apabila Likupang juga sudah selesai semuanya,” ujar Presiden yang akrab disapa Jokowi ini dalam sambutan peresmian.

Peresmian Seksi itu oleh Jokowi melengkapi beroperasinya seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 km. Jalan Tol di ruas Manado-Danowudu telah beroperasi terlebih dahulu pada September 2020. Jalan bebas hambatan Manado-Bitung itu, menurut Jokowi, siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di provinsi Sulawesi Utara.

Presiden Jokowi berharap Jalan Tol Manado-Bitung bisa menumbuhkan pusat-pusat perekonomian baru di Sulawesi Utara/dok. BPMI Setpres-Laili Rachev

Jalan Tol Manado-Bitung mempersingkat perjalanan di kedua kota/dok. BPMI Setpres-Rusman

Presiden dalam kesempatan itu mengatakan, kehadiran jalan tol di Sulawesi Utara ini memangkas waktu tempuh perjalanan dari Manado ke Bitung. Perjalanan bisa ditempuh menjadi sekitar 30 menit dari sebelumnya 1,5 sampai 2 jam.

Selain efisiensi waktu tempuh, lanjut dia, pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung juga dapat mempermudah akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, sehingga diharapkan dapat menarik investor dan terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional. Karena di 2021, di Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional kita,” katanya.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih kepada Presiden yang telah mendorong pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung. Menurut dia, kehadiran jalan tol itu sebagai bentuk komitmen Pemerintah atas pembangunan infrastruktur dari barat hingga timur Indonesia. “Semoga peresmian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu hari ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Pariwisata Likupang,” ujar Olly.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Jasamarga Manado-Bitung Charles Lendra menambahkan, Jalan Tol Manado-Bitung adalah jalan tol pertama di Provinsi Sulawesi Utara. Dia berharap, jalan itu bisa mempermudah akses menuju kawasan vital yang berada di antara dua kota tersebut seperti Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang.

Jalan Tol Manado-Bitung bisa menjadi penghubung Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang/dok PT. Jasa Marga.

Presiden Jokowi menyatakan, Jalan Tol menjadi simbol infrastruktur yang mendorong konektivitas dan daya saing Nasional/dok. BPMI Setpres-Laili Rachev

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey berterima kasih atas komitmen Pemerintah membangun infrastruktur diwilayahnya/dok. BPMI Setpres-Rusman

“Dengan Jalan Tol Manado-Bitung yang kini telah beroperasi penuh, maka konektivitas kedua wilayah tersebut menjadi lebih terjangkau dan memiliki daya saing investasi khususnya di Provinsi Sulawesi Utara. Kami juga berharap hal ini dapat menstimulasi arus lalu lintas dari kawasan-kawasan vital di antara dua kota tersebut,” kata Charles.

Jalan Tol Manado-Bitung dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dengan konstruksi yang dikerjakan oleh Pemerintah sepanjang 14 Km yang terdiri dari Seksi 1A Ruas Manado-Sukur sepanjang 7 Km dan Seksi 1B Ruas Sukur-Airmadidi sepanjang 7 Km. Sementara itu, untuk konstruksi yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol, PT Jasamarga Manado Bitung, adalah sepanjang 25,8 Km, terdiri dari Seksi 2A Ruas Airmadidi-Danowadu sepanjang 12,4 Km dan Seksi 2B Ruas Danowadu-Bitung yang diresmikan adalah sepanjang 13,4 Km. Jalan Tol Manado-Bitung memiliki lima gerbang tol, yaitu GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. (naskah : mai/ foto : dok. BPMI Setpres/PT. Jasa Marga)

Banner Content

Related Article