Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Presiden Joko Widodo, Selasa (24/8/21) meresmikan seksi 1 dan 5, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Dua seksi itu meliputi ruas Balikpapan-Samboja. Peresmian ini menandai beroperasinya jalan tol pertama yang diselesaikan pemerintah di Pulau Kalimantan. “Ini capaian yang patut kita syukuri karena kita ingin pembangunan infrastruktur itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja atau di Pulau Sumatera tapi juga merata ke pulau-pulau yang lain,” ujar Presiden yang akrab disapa Jokowi dalam sambutannya di Gerbang Tol Manggar, Kota Balikpapan.

Presiden Jokowi berharap keberadaan jalan tol ini dapat membantu menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Kalimantan Timur. Dia menyatakan, jalan tol pertama itu juga bisa memperbaiki jaringan logistik yang lebih efektif dan efisien di sana.

Menurut Jokowi, keberadaan jalan tol yang mendukung jaringan logistic yang efektif dan efisien akan memperbaiki daya saing Indonesia. Terutama, komoditas-komoditas yang diproduksi di Kalimantan Timur. “Sehingga akses semakin lancar dan bisa menurunkan biaya logistik,” katanya lagi.

Sambutan Presiden Jokowi/Setpres BPMI

Peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Gerbang Tol Manggar/Setpres BPMI

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Setpres BPMI

Selain itu, dia menambahkan, keberadaan jalan tol sepanjang 97,27 Km bisa membuat perekonomian di Kalimantan bisa tumbuh dan efisien. Dia yakin, infrustruktur yang baik akan membantu daya saing produk-produk ekspor Kalimantan Timur.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terbagi menjadi lima seksi. Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 km), Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 km), Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 km) dan Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 km). Tiga ruas sebelumnya sudah diresmikan terlebih dahulu.

Gerbang Tol Manggar/Setpres BPMI

Presiden Joko Widodo berbincang di depan Gerbang Tol Manggar/Setpres BPMI

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur. (naskah : mai/foto : Setpres-BPMI)

Banner Content

Related Article