Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Bus tingkat pertama yang bebas emisi, Enviro500EV dari Alexander Dennis Limited (ADL) meluncur di Amerika. Ini bus listrik bertingkat dan bersumbu tiga (3-axle) dari ADL yang pertama di Amerika. “Kami sangat bersemangat bersama Alexander Dennis terlibat dalam produksi solusi untuk bus bebas emisi di Amerika Utara seiring dengan peluncuran perdana bus Alexander Dennis di Vehicle Innovation Center,” kata NFI President & CEO Paul Soubry, Kamis (10/6/21).

Untuk pasar Amerika Utara, ADL memberi nama Enviro500EV CHARGE. Versi seri 500 untuk bus double decker 3-axle yang dipasarkan di sana. Di bawah bendera New Flyer Industries Group Inc (NFI), ADL memperkenalkan bus listrik di Vehicle Innovation Center secara virtual. NFI Group adalah salah satu produsen bus yang memiliki reputasi yang kuat di Amerika Utara dan Eropa dengan beberapa merek di bawahnya.

Enviro500EV CHARGE menawarkan keuntungan yang menjadi keunggulan bus doube decker Alexander Dennis. Selain pemandangan panorama dan akses masuk ke lantai rendah ada bebera fitur kenyamanan. Bus ini memiliki fitur suspensi depan independen sepenuhnya untuk pengendaraan yang lebih mulus dan lebih nyaman.  System penggerak listrik terintegrasi yang disesuaikan dengan persyaratan otoritas transportasi Amerika Utara. Fitur-fitur ini menjadi pionir di kelasnya.

Alexander Dennis Enviro500EV Amerika Utara

Alexander Dennis Enviro500EV Amerika Utara

Dari sisi penggerak, ada poros portal elektrik dengan motor hub menyediakan propulsi yang cepat dan efisien untuk Enviro500EV CHARGE. Motor listrik ini menjanjikan tenaga dengan output daya puncak 2×125kW. Beban pada drive axle dan auxiliary axle dialihkan dengan daya yang disuplai pada sumbu ketiga, memastikan distribusi bobot yang optimal dan kapasitas penumpang yang tinggi.

Penyimpanan energi 648kWh yang terdepan di kelasnya disediakan oleh baterai yang terintegrasi dalam chassis dan bagian belakang bus. Ini bertujuan untuk pencapai pusat gravitasi yang rendah dan stabilitas tinggi. Titik pengisian CCS1 standar industri, yang tersedia di sisi kiri atau kanan bus juga berperan dalam penghitungan beban yang merata. Opsi pengisian baterai lewat pantograph juga disediakan.

Tak sampai di situ, sistem pendukung pengoperasian baterai juga disiapkan. Sistemnya mencakup pompa panas listrik untuk menyediakan pemanasan dan pendinginan, yang meminimalkan jumlah energi. Kondisi ini dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan jangkauan Enviro500EV CHARGE yang juga dilengkapi AC dalam kabin penumpang.

Daasboard Alexander Dennis Enviro500EV

Interior Alexander Dennis Enviro500EV

Dashboard baru yang bergaya, menampilkan pengukur yang dibutuhkan dengan warna khas yang menonjol, mudah dikenali pengemudi. Tentunya informasi kondisi bus yang ditampilkan akan memberikan pemahaman seberapa ekonomis mereka mengoperasikan bus.

“Saat mengakuisisi ADL dan menyambut perusahaan ke dalam NFI Group pada Mei 2019, agenda pertumbuhan internasional mereka yang kuat dan platform bus double decker sangat menarik bagi kami dan peluncuran hari ini menyatukan kedua elemen ini. Sebagai NFI Group, kami memimpin evolusi menuju mobilitas tanpa emisi – Memimpin ZEvolution sebagaimana kami menyebutnya – dan Alexander Dennis adalah bagian sentral dari ini,” ujar Soubry menjelaskan

Kabin Pengemudi Alexander Dennis Enviro500EV

Sisi Kiri Alexander Dennis Enviro500EV

Seperti semua double decker ADL untuk Amerika Utara, Enviro500EV CHARGE sepanjang 13,8 meter menawarkan pengalaman penumpang yang luar biasa. Bus ini dilengkapi tempat duduk yang dapat direbahkan, lampu baca di atas kepala dan ventilasi udara, port USB, serta kemampuan Wi-Fi dan multimedia. Fitur utamanya adalah kapasitas penumpang hingga 82 kursi, termasuk 53 kursi di dek atas.

Tangga yang cukup terang dengan pegangan tangan yang diposisikan dengan nyaman, pintu masuk lebar dan pintu keluar yang lebar. Ada pula ruang yang leluasa untuk penumpang keluar masuk, mulai pintu masuk yang tidak terhalang dengan pegangan tangan sampai lantai yang sepenuhnya datar hingga tempat duduk belakang. Desain ini disebut ADL sebagai desain, ‘yang memastikan aksesibilitas yang luar biasa’.

“Kami sangat senang dengan umpan balik positif yang telah diterima dari agen transit yang telah menguji coba kendaraan ini dan berharap dapat memberikan layanan tanpa emisi dengan dek ganda kami di seluruh Amerika Utara,” kata President & Managing Director Alexander Dennis Limted, Paul Davies.

Kursi Penumpang

Interior Kabin Penumpang Alexander Dennis Enviro500EV

Menurut Davies, Enviro500 adalah keluarga Alexander Dennis bus double decker terlaris di dunia. Dia mengungkapkan, ada lebih dari 18.000 unit telah terjual di seluruh dunia. “Hari ini kami menambahkan tonggak sejarah, saat kami meluncurkan bus listrik double decker 3-axle dan berkapasitas tinggi untuk bus baterai pertama kami (di Amerika Utara),” ujarnya lagi.

Enviro500EV CHARGE merupakan bagian dari jajaran bus dan bagian bebas emisi terdepan di pasar Amerika Serikat. Bersama dengan New Flyer Xcelsior CHARGE NG™ dan Xcelsior CHARGE H2™, J4500 CHARGE™ MCI dan D45 CRT LE CHARGE™, dan ARBOC Equess CHARGE™. Ini sesuai dengan Buy America dan pengujian Altoona dijadwalkan akan dimulai akhir tahun ini.

(naskah : mai/foto : alexander-dennis.com)

Banner Content

Related Article