Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Mitsubishi Fuso meluncurkan bus sedang yang diperbarui. Bus yang dikenal dengan nama Rosa ini diperkenalkan dalam versi baru. Ada beberapa keunggulan dalam bus Rosa versi baru yang dirilis, Selasa (31/8/21), untuk pasar Jepang.

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) memperbarui fitur-fitur terkait keselamatan dan manajemen operasional armada bus. Sebagai produsen kendaraan komersial yang memiliki merek yang kuat di Asia Mitsubishi Fuso memperkuat Rosa dengan fitur teknologi BusConnect®.

BusConnect® adalah sistem telematika yang memungkinkan pelacakan secara daring status operasional real-time kendaraam. Informasi yang dikirimkan oleh bus dikumpulkan dalam database FUSO berbasis cloud melalui koneksi data seluler. Pemilik bus Rosa dapat melacak lokasi di saat yang sama dan status operasional kendaraan dengan mengakses halaman khusus di PC atau smartphone mereka. Layanan dalam BusConnect® ini mencakup berbagai kebutuhan bisnis seperti deteksi dan respon masalah kendaraan, peningkatan efisiensi operasional kendaraan, dan pencegahan cara mengemudi yang berbahaya.

Bus Rosa 2021/dok. MFTBC

Melalui geofencing, BusConnect® membantu manajer yang bertanggung jawab pada armada bus dalam mengelola armadanya. Fitur telematika memungkinkan operator bus untuk melacak dan mengelola lokasi kendaraan, memantau rute dan menetapkan skor keselamatan setiap pengemudi. Dalam BusConnect®, juga bisa sekaligus menganalisa jarak jauh setiap kendaraan secara real-time. Apa saja yang bisa dianalisa dari bus Rosa? Kondisi operasional, titik kerusakan jika kendaraan mogok di jalan, juga waktu perawatan dan pergantian komponen kendaraan.

Bus Rosa baru juga memenuhi berbagai persyaratan industri transportasi yang baru di Jepang, termasuk standar J-OBD II dan peraturan kebisingan. Bus sedang medium duty ini telah dilengkapi dengan lampu siang hari untuk meningkatkan visibilitas kendaraan, meski cuaca terik di siang hari. Rosa ditawarkan dengan lampu otomatis yang dapat membantu pengemudi menghindari kejadian kealpaan menyalakan lampu depan saat senja.

Selain itu, MFTBC baru saja melengkapi bus Rosa dengan pengingat sabuk pengaman co-driver untuk keamanan yang lebih baik. “Selanjutnya, Rosa sekarang mematuhi peraturan sabuk pengaman wajib Jepang untuk kursi tambahan dan dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang sesuai dengan standar terbaru untuk pencegahan kebocoran bahan bakar,” demikian pernyataan MFTBC.

Dari sisi eksterior, bus Rosa ditawarkan dalam dua warna bodi yang baru. Ada  biru laut dan kuning madu. Di Jepang, bus Rosa juga dikenal sebagai angkutan atau bus sekolah. Karena itu, bus Rosa memainkan peran penting dalam transportasi masyarakat sehari-hari di sana. MFTBC menyebut, “Rosa akan terus berkembang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman, efisien, dan lebih nyaman bagi semua orang.”

Tampilan Depan Bus Rosa 2021/dok. MFTBC

Bus Rosa 2021/dok. MFTBC

Pada perkembangannya, MFTBC memperkenalkan kendaraan-kendaraan komersial yang sarat dengan teknologi terbaru. Ada eCanter, truk sedang light duty bertenaga listrik yang diperkenalkan dan mulai diproduksi massal pada 2017. Dua tahun kemudian, tahun 2019, truk Super Great terbaru dengan teknologi otonom juga diperkenalkan. Truk Fuso Super Great itu menjadi truk heavy duty pertama di Jepang dengan Level 2 Automated Driving Support Technology, menjadi benchmark di pasar industri kendaraan komersial di Jepang.

Di bawah payung Daimler Trucks Asia, MFTBC bersama Daimler India Commercial Vehicles (DICV) di India bekerja sama untuk pasar Asia. Kemitraan strategis ini memungkinkan mereka bekerja sama mengelaborasi strategi. Mulai dari pengembangan produk, suku cadang dan produksi untuk menciptakan nilai terbaik yang ditawarkan pada pelanggan. (naskah : mai/foto : dok. MFTBC)

Banner Content

Related Article

No Related Article