Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Pengelola transportasi di Madrid, Spanyol, Empresa Municipal de Transportes (EMT) Madrid, menambah 30 unit bus listrik Irizar. Ini adalah pemesanan keempat dari EMT untuk bus listrik Irizar. “(Dari) pesanan terbaru ini berarti EMT Madrid sekarang akan memiliki total 85 bus Irizar tanpa emisi dalam (jajaran) armadanya,” demikian pernyataan Irizar, Jumat (24/9/21).

Sejak 2019, kota Madrid sudah memulai transisi transportasi kota berbasis bus mereka dengan bus-bus listrik. Mereka memesan armada bus listrik bebas emisi dari Irizar, untuk bus 12 meter. Bus 12 meter ini adalah salah satu model bus listrik dari Irizar yang memiliki tawaran untuk akses penumpang yang mudah, aman, dengan jangkauan dan efisiensi operasional yang sudah terbukti. Rentang model ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan operator.

Bus Listrik Irizar di Madrid, Spanyol/dok. irizar.com

EMT Madrid memilih bus listrik 12 meter dengan dua pintu, 28 kursi penumpang ditambah area untuk dua kursi roda. Bus-bus ini nantinya juga akan didukung oleh Irizar e-mobility. Salah satu perusahaan di bawah Irizar Group, Jema Energy, siap memasok 30 unit pengisi daya (charger) listrik ECI-100.

Dalam laman Jema Energy, charger ECI-100 adalah salah satu model pengisi daya untuk depo bus. Bisa diaplikasikan pada model kabel plug-in (panjang kabel maksimal delapan meter) maupun pantograf. Model ini menghasilkan output daya 100 kW pada 480-800 V DC/ 200 Ampere. Sementara input daya 400 V AC 3Ph + N + PE pada 102 kVA/ 163 Ampere. Charger dilengkapi sistem keamanan charger mulai input maupun output daya, termasuk pengatur daya untuk menjaga kestabilan listrik selama digunakan.

Sistem pengisian daya listrik bus-bus yang dipilih EMT Madrid dari Irizar juga satu paket dengan Smart System untuk daya listrik 100 kW. Charger mampu mengisi daya listrik  kendaraan dalam tiga jam menggunakan soket pengisi daya Combo 2. Opsi pengisian pantograf terbalik juga tersedia. Selama beroperasi bus-bus listik itu juga dipantau dengan sistem pemantauan jarak jauh yang dikembangkan Datik. Selain memproduksi bus, Irizar Group juga memiliki perusahaan yang bergerak di bidang teknologi digital pendukung operasional bus.

EMT Madrid memesan 30 unit bus listrik Irizar beserta charging system/dok. irizar.com

“EMT Madrid telah menjadi tolok ukur global dalam electromobility dan kami sangat bangga dapat berkontribusi pada kebijakan keberlanjutan kota dengan menambahkan tiga puluh kendaraan baru ke armadanya,” kata General Manager e-mobility Irizar, Imanol Rego.

Irizar menyatakan, bus-bus listrik yang dipesan EMT Madrid akan membantu mencapai tujuan kota Madrid untuk transportasi kota yang berkelanjutan. Bus listrik, tidak hanya saat terasa manfaatnya untuk  lingkungan tetapi juga  pengurangan kebisingan yang sangat besar yang bisa dirasakan warga Madrid. (naskah : mai/foto : dok. irizar.com)

Banner Content

Related Article