Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Kota Leeds, di Inggris, baru saja mengumumkan layanan baru untuk beroperasi di Stourton Park & ​​Ride. Lima bus listrik double decker BYD ADL Enviro400EV akan melayani rute yang dioperasikan oleh First Bus itu. West Yorkshire Combined Authority (otoritas gabungan di wilayah West Yorkshire – WYCA) membeli armada bus listrik dengan skema Department for Transport’s Ultra-Low Emission Bus dari pemerintah Inggris.

West Yorkshire memiliki keunikan dengan proyek bus listriknya. Area di Stourton Park & ​​Ride dilengkapi dengan sumber listrik bertenaga surya, menjadi yang pertama di Inggris. Stourton ini juga merupakan area Park & ​​Ride ketiga di Leeds. Skema ini dikemas dalam paket kemitraan dengan Connecting Leeds di Dewan Kota Leeds, West Yorkshire Combined Authority dan First Bus di West Yorkshire, operator bus yang mengoperasikan layanan tersebut. Proyek ini masuk dalam program yang disebut Leeds Public Transport Investment Programme.

“Sebagai Park & ​​Ride bertenaga surya pertama di Inggris, Stourton meningkatkan jaringan transportasi di Leeds dan West Yorkshire dan membuat dampak positif pada ekonomi dan bisnis lokal. Dan tentu saja, Stourton Park & ​​Ride juga memberikan kontribusi penting bagi Wilayah Kota Leeds untuk mencapai ekonomi nol karbon bersih pada tahun 2038,” ujar Councillor West Yorkshire Transport Committee, Lead Member for Public Transport, Kim Groves.

Stourton Park & Ride, memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi publik yang nyaman dan ramah lingkungan/ dok. alexander-dennis.com

Terminal modern terintegrasi area parkir di Selatan Leeds/dok. westyorks-ca.gov.uk

Groves menambahkan, kebijakan ini bisa berdampak pada pengurangan waktu perjalanan dan biaya perjalanan yang lebih rendah. Menurut dia, hal itu bisa menjadi dorongan besar bagi orang-orang yang bekerja di kota untuk naik transportasi umum. Tentu saja, kata dia, dampaknya akan medatangkan kebaikan dari segi kesejahteraan maupun rutinitas harian mereka.

Stourton Park & ​​Ride menawarkan 45 panel surya yang luasnya bisa menutupi 18 lapangan tenis. Panel-panel itu bisa menghasilkan daya untuk kebutuhan listrik seluruh area melalui sistem penyimpanan baterai yang inovatif. Fitur lain dari area Park & ​​Ride yang baru ada 26 port pengisian cepat (fast charging) kendaraan listrik cepat dan empat pengisi daya cepat dengan total kapasitas untuk 30 pengisian kendaraan listrik. Tersedia pula area penyimpanan sepeda yang aman dan tempat parkir 1.200 kendaraan.

Selain menggunakan panel surya untuk menghasilkan listrik, Stourton Park & Ride juga menjaga lingkungan yang hijau. Listrik panel surya digunakan untuk penerangan, pengisian kendaraan listrik, keamanan CCTV dan panas untuk gedung terminal dan ruang tunggu.

Desain area yang mempertimbangkan kondisi ramah lingkungan. Ada lebih dari 11 ribu pohon dan semak yang menciptakan lingkungan yang menarik bagi orang-orang yang menggunakan fasilitas ini. Pengguna transportasi publik, baik berjalan kaki atau bersepeda, bisa menikmatinya. Bangunan terminal memiliki ‘atap hijau’, membantu mengurangi suhu udara perkotaan dan menciptakan habitat bagi satwa liar.

Lay out Stourton Park & Ride/dok. westyorks-ca.gov.uk

Bus yang melayani area parkir di pinggiran kota Leeds menuju tengah kota berangkat setiap 10 menit. Bus listrik, double decker yang bebas emisi itu membutuhkan waktu kurang dari 15 menit untuk mengantarkan penumpang dari titik di jalan raya M621 ke pusat kota Leeds. Fasilitas produksi Alexander Dennis Limited (ADL) yang terletak di Scarborough, Yorkshire, menjadi tempat pembuatan BYD ADL Enviro400EV. Dengan panjang 10,8 m, bus listrik varian terbaru dari BYD ADL Enviro400EV menawarkan hingga 69 kursi yang nyaman. Baterai BYD Iron-Phosphate yang bebas kobalt memiliki jangkauan hingga 160 mil dengan sekali pengisian.

Commercial Director First West Yorkshire Martin Hirst mengatakan, Stourton Park & ​​Ride semakin populer sejak mereka memulai layanan. Menurut dia, orang-orang merasakan betapa mudahnya untuk masuk dan keluar dari sisi selatan Leeds.

“Kami berharap ini akan terus berlanjut karena semakin banyak pelanggan yang melihat manfaat dari penghematan waktu dan uang melalui perjalanan berkelanjutan yang membantu mengurangi kemacetan dan menciptakan udara yang lebih bersih di kota. Ini menunjukkan bagaimana, dengan bus yang sepenuhnya listrik, kami membangun kesuksesan Park & ​​Ride in Leeds yang berkelanjutan dengan mitra otoritas regional dan lokal kami,” ujar Hirst.

Sales Account Manager ADL, Marie Connell mengungkapkan, pemilihan BYD ADL Enviro400EV  merupakan kehormatan bagi mereka. Memasok bus listrik double decker BYD ADL untuk proyek Stourton Park & ​​Ride dari West Yorkshire Combined Authority sangat bermakna bagi mereka.

Bus tingkat listrik untuk Stourton Park & Ride, Leeds, West Yorkshire/dok. alexander-dennis.com

BYD ADL Enviro400EV terbaru dengan warna yang menarik/dok. alexander-dennis.com

“(Pembelian) ini tidak hanya menyediakan pilihan perjalanan yang berkelanjutan untuk komuter dan pengunjung ke kota Leeds, tetapi dengan dibangun di Scarborough, juga menguntungkan Yorkshire melalui pekerjaan terampil yang mendukung produksi mereka, memastikan bahwa dana diinvestasikan kembali ke komunitas kami (Yorkshire),” kata Connel.

Managing Director BYD UK, Frank Thorpe menambahkan, pengiriman bus-bus terbaru mereka adalah contoh yang sangat baik dari pendekatan kemitraan untuk menyediakan solusi yang total. Semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam proyek ini, kata dia, memiliki komitmen yang kuat untuk memberikan solusi transportasi umum tanpa emisi. Selain itu juga untuk menghadirkan kualitas udara yang lebih bersih ke wilayah tersebut.

“Upaya gabungan kami akan membuat perbedaan nyata. (Yakni) menawarkan transportasi yang aman, tenang, nyaman bagi pengguna Park & ​​Ride dan menyingkirkan ratusan mobil penghasil CO2 dari jalan setiap hari – kesepakatan yang lebih baik untuk semua orang,” katanya. (naskah : mai/foto : dok. alexander-dennis.com/westyorks-ca.gov.uk)

Banner Content

Related Article