Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Volvo Bus mendapatkan pesanan hingga 82 unit bus di Finlandia. Pesanan itu dating dari Helsinki, Joensuu dan Savonlinna. Bus yang dipesan adalah Volvo 9700 Electric single dan articulated dengan lantai rendah yang memudahkan akses penumpang denga naman.

“Kami senang bahwa dalam waktu singkat telah mengkonfirmasi tiga pesanan listrik di Finlandia. Kami sangat senang dengan pesanan terbesar untuk Helsinki, di mana kami sekarang membangun pijakan yang kuat untuk solusi elektromobilitas lengkap kami,” kata Presiden Volvo Bus, Anna Westerberg dalam keterangan resmi Kamis (24/2/22).

Dari 82 unit bus listrik itu, 61 bus dikirim untuk Helsinki, tercatat sebagai pesanan terbesar yang pernah ada untuk Volvo Bus di Finlandia. Dua pesanan selanjutnya, 13 bus listrik untuk Joensuu dan delapan untuk Savonlinna di Timur negara itu.

Volvo siapkan solusi transportasi perkotaan berbasis listrik/dok. volvobuses.com

Volvo 7900 Electric/dok. volvobuses.com

“Kami mempercepat ambisi kami dalam electromobility dan (kami) memiliki kapasitas serta kompetensi untuk memberikan solusi electromobility skala kecil dan besar untuk kota-kota yang menginginkan solusi transportasi penumpang yang bersih dan efisien,” ujar Anna menambahkan.

Pesanan di Finlandia di bulan kedua 2022 menandai perjalanan Volvo Bus memperluas pasarnya. Di Helsinki, 19 bus Volvo 7900 Electric diperbaharui menjadi bus gandeng (articulated). Alasan lain pemilihan semua bus berlantai rendah adalah untuk memberikan pengalaman penumpang yang baik. Selain akses dan lebih aman melangkah ada tawaran menarik dari bus listrik Volvo seri 9700. Penumpang bisa merasakan perjalanan yang tenang dan mulus, yang juga berorientasi untuk pelanggan.

Salah satu faktor penentu pemilihan Volvo Bus sebagai mitra di Finlandia adalah karena factor keselamatan dan keandalan yang menjadi focus. Pengalaman jangka panjang dalam menerapkan solusi transportasi umum berbasis listrik juga menjadi nilai tambah lain. Bus-bus gandeng juga dilengkapi charging station pantograf di perhentian akhir rute. Sementara 42 bus non articulated lainnya menggunakan pengisian listrik overnight di depot.

Volvo Bus memiliki pengalaman dalam mendukung operasional bus listrik di berbagai kota di dunia/dok.volvobuses.com

Kota Savonlinna adalah salah satu yang pertama di Finlandia yang berkeinginan mengaplikasikan bus listrik sepenuhnya. Pengiriman delapan Volvo 7900 Electric untuk yang direncanakan mulai beroperasi pada awal 2023. Bus-bus Volvo itu menjadi bus listrik pertama di sana. Untuk bus yang dikirimkan ke Joensuu akan mulai beroperasi pada musim panas. Sementara bus yang dikirim ke Helsinki akan mulai menghiasi lalu-lintas di sana pada musim gugur tahun ini.

“Kami sepenuhnya mendukung kota Savonlinna saat melangkah untuk pertama (kalinya) menuju elektrifikasi transportasi umum. Karena semakin banyak kota di seluruh dunia yang ingin menjadi Zero City, pesanan ini menunjukkan bahwa Volvo Bus berada dalam posisi yang kuat untuk mendukung transformasi yang sama di Finlandia,” kata Country Manager Volvo Bus Finlandia, Petteri Reku. (naskah : mai/foto : volvobuses.com)

Banner Content

Related Article