Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Perusahaan bus Solaris Bus & Coach sp. z o.o. menandatangani kerja sama pemesanan bus battery-electric dari perusahaan bus Austria Österreichische Postbus AG (ÖBB Postbus). Dalam kerja sama itu ÖBB Postbus memesanan hingga 106 unit bus listrik. “Kemungkinan pesanan harus dipenuhi pada tahun 2022-2025 dengan opsi untuk memperpanjang periode ini hingga 2028,” demikian pernyataan Solaris yang diterima haltebus.com Jumat (4/3/22).

Bus yang akan dibeli oleh ÖBB Postbus antara lain 24 bus listrik Urbino 9 LE terbaru bebas emisi dan 82 Bus hidrogen Urbino 12. Kesepakatan kerja sama itu ditandatangani pada Februari lalu. Dalam kontrak sebelumnya yang ditandatangani pada Februari 2021 antara lain mengasumsikan pengiriman hingga 40 unit bus hidrogen Solaris Urbino 12. Pesanan terakhir melengkapi armada ÖBB Postbus yang dipasok Solaris hingga 146 unit bus bebas emisi beragam model.

Perjanjian kerangka kerja keduanya adalah perjanjian untuk bus hidrogen.  yang dibuat antara Österreichische Postbus AG dan Solaris. Bus hidrogen Solaris yang ditawarkan adalah kendaraan dengan teknologi terbaru dan inovatif di antara varian yang dimiliki pabrikan asal Polandia itu. “Bus menawarkan perjalanan yang senyap, tanpa emisi lokal dan bus menjadi semakin populer di kalangan operator Eropa,” begitu klaim Solaris.

Urbino 12 menjasi salah satu yang populer di Eropa/dok. solaris.com

Perkembangan kebutuhan bus bebas emisi dijawab Solaris menyediakan bus dengan rentang 9 meter hingga 18 meter dengan beragam pilihan/dok. solaris.com

Pada bus Solaris, energi yang menggerakkan bus dihasilkan oleh hydorgen fuel cell 70 kW. Listrik yang dihasilkan melalui elektrolisis terbalik, ditransfer langsung ke driveline, yang terdiri dari poros dengan motor listrik. Satu-satunya produk sampingan yang dihasilkan selama proses ini adalah panas dan uap. Hidrogen yang dibutuhkan untuk menggerakkan bus akan disimpan dalam bentuk gas dalam lima tangki dengan total volume 1.560 liter, ditempatkan di atap bus. Selain itu, setiap kendaraan yang dipesan akan dilengkapi dengan baterai Solaris High Power.

Bus listrik Solaris Urbino 9 LE yang juga dipesan adalah anggota termuda dari keluarga Solaris bertenaga listrik. Model bus yang kompak untuk perkotaan dengan jalan yang sempit itu diluncurkan pada September 2021. Model yang disebut Solaris sebagai bus serbaguna ini telah dirancang dapat disesuaikan untuk bus dengan aprroval class I atau class II (perijinan di Eropa). Karenanya, Urbino 9 LE  bisa menjadi sarana transportasi yang baik antara jaringan jalan di perkotaan dan pinggiran kota yang sering disebut first mile dan last mile.

Solaris Urbino 9 LE/ foto : Lukasz Bera via solaris.com

ÖBB Postbus pesan 106 bus listrik Solaris untuk model Urbino 9 LE dan Urbino 12 Hidrogen/dok solaris.com

Menurut Solaris dimensinya yang ringkas, membuat Uribno 9 LE bisa bekerja sangat baik pada tanjakan yang curam dan tikungan gunung yang sempit di Austria. Bus sepanjang 9 meter ini akan dilengkapi dengan motor listrik sentral. Sistem propulsi akan ditenagai oleh energi yang berasal dari satu set baterai Solaris High Energy dengan total kapasitas sekitar 280 kWh. Interior yang luas akan menampung setidaknya 65 penumpang. Desain modern di bagian belakang bus menyediakan lebih banyak ruang kepala, yang akan meningkatkan kualitas perjalanan.

Solaris hadir di Austria sejak tahun 2003. Sedikitnya ada lebih dari 400 bus Solaris yang dikirim ke 40 kota besar dan kecil di Austria. Solaris mengungkapkan hampir 70 unit bus di antaranya adalah kendaraan tanpa emisi. Bus listrik Solaris Urbino 12 hidrogen dan Urbino 9 meter lebih banyak dipilih pelanggan tidak hanya di Austria. “Sejak peluncuran hidrogen Urbino 12 pada Juni 2019, perusahaan telah mendapatkan pesanan di Republik Ceko, Prancis, Belanda, Jerman, Polandia, Italia, dan Swedia. Unit listrik Urbino 9 LE pertama, pada gilirannya, akan segera diluncurkan ke jalan-jalan di kota-kota Polandia dan Italia,” demikian Solaris menutup keterangannya. (naskah : mai/foto : solaris.com)

Banner Content

Related Article