Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Direksi Flemish Transport Company (operator bus Belgia), De Lijn, telah memulai proses pembelian armada baru. Mereka mulai memesan hingga 1.250 unit bus bebas emisi dari berbagai jenis dengan panjang mulai 8,5 hingga 24 meter. Dengan keputusan yang diumumkn secara resmi Rabu (30/3/22) ini, De Lijn juga memasukkan jenis bus lain dalam program armada bus ramah lingkungan, bukan bus konvensional. Program ini membuat De Lijn dapat mengganti bus diesel yang paling berpolusi dengan bus bebas emisi.

Prosedur ini berjalan paralel dengan perjanjian kerangka kerja untuk maksimum 350 standar e-bus yang sudah berjalan sejak tahun lalu. “Saat ini, 65 persen dari semua perjalanan dilakukan dengan mobil. Angka itu harus dikurangi. Kita harus go green di semua bidang,” kata Minister of Mobility & Public Works Flemish, Lydia Peeters dalam keterangan tertulis yang dirilis De Lijn.

Menurut Peeters mobil penumpang, van pengiriman, truk, juga armada De Lijn menjadi elektrifikasi armada De Lijn menjadi garis kebijakan yang penting. Bersama pemerintah setempat, De Lijn bertekad untuk berkontribusi pada lingkungan dan iklim yang lebih baik dengan membuat armada dan infrastruktur terkait lebih hijau.

De Lijn, operator bus di Belgia terus bergerak menuju armada bus listrik secara menyeluruh/ dok. DeLijn

Bertahap menuju bus listrik keseluruhan, De Lijn mulai mengganti armada bus Euro 3 dan Euro 4/dok. DeLijn

Tahun lalu, De Lijn memesan 60 bus listrik berbasis baterai bebas emisi 12 meter dari Van Hool (36 unit) dan VDL (24 unit). Dengan keputusan terbaru dari direksi, penghijauan armada sudah memasuki fase berikutnya. Dalam kerangka pembiayaan pada tahun-tahun mendatang, De Lijn mulai menghapus maksimal bus EUR3 dan EUR4. Bus-bus yang masih menerapkan kedua teknologi itu akan diganti bus listrik berbasis baterai yang bebas emisi. “Bus-bus tua ini bertanggung jawab atas sebagian besar emisi armada kendaraan,” begitu pernyataan De Lijn.

Armada seperti apa saja yang akan dibeli De Lijn? Bus gandeng bertenaga listrik, electric bus atau E-Bus 18 meter, maksimum pembelian 500 bus. Ada juga E-bus standar, 12 meter dengan maksimum pembelian 500 bus. Untuk bus kota listrik 10 meter ada proyeksi maksimum hingga 75 bus. Sementara bus E-HOV 18 meter, maksimum 75 bus. Bus-bus ini untuk transportasi umum berkualitas tinggi seperti Ringtrambus. Ada pula bus E-HOV 24 meter juga pembelian maksimum 75 bus.

Secara konkret, De Lijn telah memilih dua perjanjian kerangka kerja melalui prosedur yang dinegosiasikan dengan panggilan sebelumnya untuk kompetisi, untuk jangka waktu enam tahun. Dalam setiap lot perjanjian kerangka kerja, jumlah maksimum kendaraan yang dapat dibeli ditunjukkan. Jumlah efektif yang akan dibeli tergantung pada evolusi teknologi selama jangka waktu perjanjian kerangka kerja. Bus dalam perjanjian kerangka kerja besar ini akan dibeli secara bertahap tergantung pada kebutuhan dan jaringan.

Pembelian armada bus listrik De Lijn bervariasi, mulai 8,5 meter hingga 24 meter/dok. DeLijn

“Di De Lijn, wisatawan dan sustainablility adalah yang utama. “Armada yang modern dan ramah pelanggan penting untuk meyakinkan lebih banyak orang Flemish untuk menggunakan transportasi umum. Ketika armada itu bebas emisi, kami juga berkontribusi pada Flanders yang berkelanjutan dengan lebih sedikit mobil di jalan. Dengan cara ini kami berkontribusi pada mobilitas yang lebih baik,” ujar Director General Ann Schoubs.

Selain itu, De Lijn juga telah menerbitkan perjanjian kerangka kerja untuk maksimal 25 bus midi, 8 meter. E-bus yang mampu mengangkut kurang lebih 50 penumpang ini akan diikutsertakan dalam tender tersendiri. Hal ini memungkinkan De Lijn untuk menanggapi permintaan khusus dari kota-kota untuk bus yang lebih kecil. E-bus midi pertama akan dipesan akhir tahun ini, dengan perkiraan commissioning di Bruges pada musim panas 2023. (naskah : mai/foto : DeLijn)

Banner Content

Related Article