Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Dua perusahaan global di kendaraan komersial, Daimler Truck AG dan Cummins Inc. sepakati kerja sama. Kesepakatan ini adalah bagian dari pembicaraan awal tentang kemitraan strategis pabrikan bus dan truk Daimler Truck AG bersama pabrikan mesin Cummins Inc. pada Februari 2021 lalu. Kamis (5/8/21) kedua perusahaan itu mengumumkan perjanjian yang mereka sepakati bersama untuk kerja sama di masa mendatang.

“Kami sangat senang bahwa kami dapat menyelesaikan negosiasi untuk perjanjian kerangka kerja dengan Cummins dengan begitu cepat. Kerjasama ini membuat produksi mesin di lokasi Mannheim siap untuk masa depan dan sekaligus memperkuat daya saing kami,” kata Chairman of Board of Management Daimler Truck AG, Martin Daum dalam keterangan bersama.

Kedua perusahaan sudah menyelesaikan rincian dan kerangka perjanjian untuk kebutuhan kendaraan medium duty. Di bawah kemitraan strategis, Cummins akan berinvestasi dalam pengembangan lebih lanjut dari platform mesin kendaraan medium duty. Dalam kerangka perjanjian itu juga disepakati, produksi dan pengiriman globalnya mulai paruh kedua dekade ini. Semua mesin yang diproduksi Cummins digunakan untuk Daimler bus dan truk.

Chairman of Board of Management Daimler Truck AG & member of the Board of Management of Daimler AG, Martin Daum

Chairman & CEO, Cummins Inc., Tom Linebarger

Dalam pernyataan bersama ini juga disebutkan, Daimler Truck AG tidak akan lagi menginvestasikan dananya sendiri dalam pengembangan lebih lanjut mesin medium duty. Lebih khusus lagi untuk mesin berstandar emisi Euro VII. “Kami akan mengembangkan solusi bersama, selalu memperhatikan kepentingan pelanggan, karyawan, dan perusahaan kami,” kata Daum menambahkan.

Cummins Inc. adalah pabrikan mesin yang memiliki reputasi global yang baik. Kemitraan strategis ini memungkinkan Cummins Inc. memproduksi mesinnya di lokasi pabrik Mercedes-Benz di Mannheim, Jerman. “Kami senang untuk menandatangani perjanjian ini saat kami bergerak maju dalam kolaborasi untuk menyediakan sistem mesin medium duty untuk truk dan bus Daimler di pasar global,” kata Chairman & CEO, Cummins Inc., Tom Linebarger.

Menurut Linebarger, kemitraan mereka membuka peluang bagi kedua perusahaan bisa lebih kompetitif di pasar global. Dengan kemitraan strategis ini, Daimler Truck AG dan Cummins Inc. akan membantu mempertahankan pekerjaan di Mannheim. Cummins Inc. akan menggunakan rekam jejak yang ada, produksi yang kuat, dan jaringan rantai pasokan di wilayah lain. Secara bersama-sama Daimler dan Cummins saling memperkuat posisi masing-masing.

Di satu sisi, merek Cummins bersama merek Daimler Trucks, termasuk merek di bawah naungan Daimler Trucks Amerika Utara memperkokoh penetrasi pasar. Di sisi lain, Cummins Inc. juga mendapat kesempatan terus mengembangkan kehadiran di seluruh Eropa. Kerja sama ini memperluas portofolio produk masing-masing perusahaan.

Mesin Cummins/dok.cummins.com

Pekerja Daimler sedang merakit baterai EQ/daimler.com

Masih ada lagi keuntungan yang diperoleh Cummins Inc., pengembangan mesin penggerak untuk pelanggan mulai dari diesel yang canggih, penggunaan gas alam, tenaga listrik, hybrid, dan sel bahan bakar hidrogen akan lebih terbuka. Sebagai bagian dari kemitraan strategis, Daimler Truck AG dan Cummins Inc. akan terus mengevaluasi peluang tambahan untuk kerja sama.

“Kemitraan kami adalah peluang luar biasa bagi kedua perusahaan untuk menjadi lebih kompetitif, mendorong inovasi global, memperluas penawaran kepada pelanggan, dan mengurangi emisi. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Daimler dalam hal ini dan menjajaki peluang potensial lainnya untuk mengembangkan perusahaan kami masing-masing,” kata Linebarger.

Portofolio Cummins Inc. mencakup desain, pabrikasi, distribusi, layanan purna jual serta solusi semua hal yang terkait mesin penggerak. Perusahaan ini mengembangkan teknologi mesin berbasis gas, listrik serta hybrid. Di luar itu, mereka juga memproduksi sistem terkait komponen mesin, mulai komponen yang terkait sistem penyaringan/filtrasi, turbochargers, fuel system, control system, air handling system, transmisi otomatis, mesin penggerak listrik, baterai, sistem kelistrikan, hidrogen dan sel bahan bakar. Berbasis di Colombus, Indiana, Cummins berdiri sejak tahun 1919.

Keahlian Cummins Inc di Teknologi Mesin/dok. Cummins.com

Museum Mercedes-Benz di Stuttgart, Jerman/dok. daimler.com

Bagaimana dengan Daimler? Perusaahaan yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Carl Benz 125 tahun lalu itu secara konsisten fokus di transportasi, baik penumpang maupun barang. Daimler Trucks AG menjadi salah satu pabrikan kendaraan komersial besar di dunia yang tersebar di 35 wilayah. Ada tujuh merek kendaraan komersial yang bernaaung di bawah Daimler Truks AG.

Di Eropa ada merek Mercedes-Benz (termasuk light, medium and heavy duty truck, serta city bus, intercity bus dan touring coaches). Ada pula merek Setra (intercity, long-distance dan premium coaches, ada pula bus perkotaan dengan beragam kebutuhan). Daimler menyebut kedua merek ini sebagai, “Our traditional European brands”.

Sementara itu masih ada pula merek tradisional Amerika yang bernaung di bawah bendera Daimler. Ada Freightliner Trucks (truk kelas 5-8 untuk kebutuhan komersial yang luas dan beragam), ada Western Star (heavy duty truck untuk transportasi jarak jauh dan kebutuhan khusus) serta ada Thomas Built Buses (light sampai medium duty bus). Setra juga hadir di pasar Amerika.

Pekerja Daimler Trucks di India tengah bekerja di Virtual Reality Center/dok. daimler.com

Di Asia, Daimler menaungi Bharat Benz dengan basis di India dan FUSO yang berbasis di Jepang. Kedua merek ini memiliki beragam kelas kendaraan komersial dari kelas sedang hingga kendaraan berat. Khusus untuk FUSO selain memiliki penetrasi pasar di Kawasan Asia Timur hingga ke Timur Tengah, mereka juga beredar di Amerika Latin dan Eropa.

Kolaborasi antar pabrikan ini, menjadi salah satu strategi Daimler Trucks AG dalam meningkatkan efisiensi dan produksi, memperluas pasar sekaligus pengembangan teknologi masa depan. Strategi itu saling memperkuat mitra kerja sama. Kolaborasi juga mengantisipasi perkembangan teknologi dan peradaban manusia yang sangat dinamis dan cepat dalam kurun waktu beberapa decade terakhir. (naskah : mai/foto : daimler.com/cummins.com)

Banner Content

Related Article