Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) pabrikan bus Spanyol, Irizar memperbarui Irizar i4, salah satu model coach mereka untuk kebutuhan jarak dekat. Pembaruan bus Irizar i4 ini mengusung konsep lebih efisien, sustainable dan menguntungkan. “Irizar i4 adalah kendaraan serbaguna, coach yang ideal untuk digunakan di lingkungan perkotaan, untuk perjalanan dekat, transportasi sekolah atau melayani shuttle perusahaan,” demikian pernyataan Irizar yang dirilis Selasa (8/2/22).

Irizar juga memperkenalkan Irizar i4 dengan panjang 13,23 m untuk varian 4×2 (2-axle : dua sumbu). Bus ini memiliki kapasitas hingga 63 kursi. Kehadiran varian itu melengkapi produk Irizar i4 dengan rentang Panjang 10 m (2-axle) hingga 15 m (3-axle) mulai varian H, M dan L. Konsep Irizar i4 pada dasarnya mengedepankan aksesibilitas dan kapasitas kompartemen bagasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan operator bus. “Lantai, yang bisa datar atau diturunkan dan lorong yang lapang tak terhalang, menegaskan konsep kemampuan (Irizar i4) dalam beradaptasi,” demikian penegasan Irizar.

Bus Irizar i4 generasi baru, pertama kali di pameran Busworld 2019. Dalam perjalannya, generasi baru itu diperbarui dengan fitur-fitur yang signifikan, terutama fokus pada pengurangan berat dan distribusi beban per sumbu yang lebih optimal. Irizar menyebut, pembaruan menghasilkan kendaraan yang lebih ringan, dengan pengurangan berat hingga 955 kg, tergantung pada konfigurasi yang dipilih operator.

Menurut Irizar, mereka ingin menjadikan Irizar i4 menjadi lebih efisien dan menguntungkan, demi transportasi yang berkelanjutan. Para ahli di Irizar mendesain ulang struktur dan menerapkan teknologi konstruksi yang dioptimalkan dan inovatif. Targetnya, menghasilkan penghematan. Irizar menyebut, desain baru itu  menghasilkan penghematan bahan bakar yang signifikan hingga lima persen. “Ada peningkatan untuk mengurangi emisi CO2,” begitu Irizar menegaskan.

Lift untuk disabilitas, memudahkan akses bagi penumpang dengan kursi roda/dok. irizar.com

Kabin penumpang dengan kursi ergonomis/dok. irizar.com

Bagasi lapang, konstruksi baru Irizar i4 bisa menguntungkan pelanggan/dok. irizar.com

Fitur keselamatan Irizar i4/dok. irizar.com

 

 

 

 

 

 

Irizar menawarkan tiga opsi powertrain. Mulai 341 HP, 367 HP dan 408 HP berbasis mesin MX 11 10.800 cc (seri 251-270-300) Euro 6 dari PACCAR (DAF Group). Mesin PACCAR MX 11 bisa diaplikasikan untuk bahan bakar solar maupun bio solar Hydrogenated vegetable oi HVO dan B100. Ada juga pilihan dengan bahan bakar yang sama namun mesin versi hybrid dari Scania. Bus hybrid ini mengusung mesin Scania DC09 140 9.300 cc bertenaga 320 HP dan motor listrik 130 kW dengan baterai lithium-ion, 15 mobul dengan 12 sel baterai di tiap modulnya. Ada pula Scania bertanaga CNG dan LNG yang ditopang mesin Scania OC09 106 9.290 cc  Euro 6 CNG yang dilengkapi juga dengan 3-way catalyc emission control dan Teknologi EGR.

Di luar tawaran itu, termasuk Scania, Irizar juga sudah terbiasa bekerja sama dengan pabrikan chassis bus Eropa, mulai Mercedes-Benz, MAN dan Volvo. Irizar memiliki fitur keselamatan yang kompleks sebagai standarnya. Ada Electronic Brake control System-EBS (termasuk ABS, ASR, ESC dan BFD), Electronically-Controlled Air suspension System (ECAS), Advanced Emergency Braking System (AEBS), Forward + Collision Pedestrian alert system, Traffic Signal Recognition (TSR) System dan Lane Departure Warning System (LDWS). Beberapa komponen dari ZF juga menjadi standar Irizar, mulai transmisi otomatis ZF Ecolife dan Traxon juga ada axle depan ZF RL82EC dan axle belakang A133. Transmisi dan Axle ini menjadi komponen penting dalam fitur keselamatan Irizar i4.

Powertrain PCCAR MX 11 engine/dok. irizar.com

Komponen ZF yang diaplikasikan pada Irizar i4/dok. irizar.com

Kapasitas kursi bisa mengangkut hingga 63 penumpang/dok. irizar.com

Kokpit pengemudi juga menjadi perhatian Irizar. Mereka menyebutnya kabin pengemudi yang memiliki visibilitas tinggi, ruang yang lapang dan ergonomis yang bisa mendukung pengemudi mengendarai dengan nyaman dan aman. “Ini adalah bus yang sangat efisien, sustainable, menguntungkan, andal dan serbaguna, yang menawarkan respon komprehensif terhadap tuntutan layanan metropolitan dan pinggiran kota, untuk transportasi sekolah atau perusahaan,” begitu Irizar menutup pernyataannya.(naskah : mai/foto : dok. irizar.com)

Banner Content

Related Article