Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Otoritas transportasi Barcelona, Area Metropolitana de Barcelona (AMB) memesan 87 unit bus hybrid Solaris. Bus-bus itu akan melayani rute-rute di wilayah metropolitan Barcelona, baik pusat kota maupun wilayah sekitarnya. “Urbino hybrid rendah emisi akan dikirimkan ke pelanggan mulai November mendatang,” demikian pernyataan Solaris yang dirilis Sabtu (2/4/22).

Bus solaris Urbino Hybrid dengan panjang 12 meter ini rencananya akan menyusuri jalan-jalan Barcelona dan 36 distrik di sekitarnya. AMB sendiri sudah mengoperasikan 30 bus model serupa yang dipesan Maret 2021 lalu. Program ini adalah bagian dari rencana Catalonia hanya membeli kendaraan rendah emisi mulai tahun 2021.

“Tender dikelola oleh operator lokal TMB (milik AMB), tetapi bus Solaris yang baru dipesan, seperti 30 kendaraan sebelumnya, akan bergabung dengan armada AMB dan akan melayani seluruh wilayah metropolitan Barcelona,” begitu Solaris menjelaskan.

Spanyol menjadi salah satu pasar utama Solaris seiring dengan meningkatnya bus ramah lingkungan di negeri itu/dok. solarisbus.com

Solaris Ubino Hybrid 12 meter memperkuat armada bus ramah lingkungan di Barcelona/dok. solarisbus.com

Solaris Urbino Hybrid 12 meter yang dipesan kali ini memiliki spesifikasi yang sama dengan 30 bus yang sudah dipesan sebelumnya paa 2021 lalu. Motor penggerak diesel Internal Combution Engine (ICE) berstandar Euro 6 bertenaga lebih 150 kW. Bersama mesin ICE, ada motor traksi listrik. Solaris Urbino Hybrid ini sudah dilengkapi dengan superkapasitor yang bisa menyimpang dan menggunakan kembali energi listrik yang disimpan itu untuk menggerakkan bus.

Menurut Solaris, penyimpanan energi itu memungkinkan konsumsi energi dan emisi gas buang yang lebih rendah. Solaris menyebutkan, penghematan ini berkat sistem Arrive & Go yang akan mematikan mesin saat mendekati perhentian dan menghidupkan lagi mesin saat bus kembali bergerak. Mode ini juga mengurangi kebisingan bus saat beroperasi, tentunya sangat menguntungkan penduduk Barcelona.Dari sisi keselamatan, bus juga dilengkapi fitur peringatan sehingga pejalan kaki bisa mengidentifikasi bus saat melintas.

Kenyamanan penumpang juga ditingkatkan dengan AC, port USB yang tersedia untuk penumpang, serta sistem informasi modern dan rambu LED putih. Untuk memastikan keselamatan penumpang, bagian plastik kursi penumpang akan dilapisi dengan lapisan antibakteri.

Pada tahun 2021, Barcelona juga memesan Solaris Urbino Hybrid 12 meter/dok. solarisbus.com

Keamanan juga akan ditingkatkan dengan kamera menggantikan kaca spion konvensional. Sistem ini menawarkan visibilitas yang lebih baik kepada pengemudi di bawah sinar matahari yang cerah, dalam hujan dan malam hari. Pengemudi bisa memanfaatkan berbagai fitur untuk kenyamanan mereka selama bertugas, termasuk jenis kabin tertutup yang disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, ada juga sistem Eco Driver Advisor untuk mengontrol dan membantu operasional bus yang hemat.

“Saat ini, lebih dari 100 bus Solaris beroperasi di wilayah metropolitan Barcelona, ​​​​termasuk hampir 90 bus hybrid dan 19 bus listrik. Solaris adalah pemimpin Eropa dalam penjualan dan produksi bus rendah dan nol emisi,” begitu klaim Solaris.

Dalam beberapa tahun terakhir, operator Spanyol menjadi salah satu pasar utama Solaris. Banyaknya pembelian bus ramah lingkungan telah mengubah pasar bus di Spanyol. Solaris menyebut, “Ketika datang ke transisi menuju mobilitas nol-emisi. Solaris adalah salah satu pemasok utama kendaraan angkutan umum tanpa emisi di Spanyol.” (naskah : mai/foto : solaris.com)

Banner Content

Related Article