Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Bus listrik di kota Milan kembali diramaikan oleh Solaris. Melalui operator bus ATM Milano, 75 bus listrik dipesan dalam kerangka kerja sama untuk pengadaan 250 unit bus listrik. Ini adalah bagian dari transisi bus diesel menuju bus bebas emisi di Milan pada 2030.

“Kesempatan untuk memasok ATM Milano, yang merupakan klien yang sangat menantang, dengan bus listrik kami yang canggih, membuat kami sangat bangga dan memberi kami kepuasan luar biasa. Ini juga merupakan tanggung jawab besar bagi kami karena kami dipercaya untuk melayani penumpang yang menggunakan transportasi umum di Milan”, ujar Managing Director Solaris Italia, Alberto Fiore dalam rilis Kamis (28/4/22).

Pesanan 75 unit bus listrik akan diisi oleh Urbino 12, bus listrik ukuran 12 meter dari Solaris. Pada paruh kedua 2022, 75 unit bus listrik itu akan dikirim ke Milan. ATM Milano menjadi salah satu perusahaan yang memesan bus listrik terbesar buatan Solaris. Pada dua batch pengiriman sebelumnya, ATM Milano sudah menerima 140 unit bus listrik Urbino 12.

Solaris Urbino 12 pesanan ATM Milano/dok. solarisbus.com

Kerja sama Solaris dan ATM Milano untuk bus listrik diawali dengan pembelian 40 unit bus listrik Urbino  pada 2019. Setahun berikutnya, perusahaan itu kembali memesan 100 unit bus listriknya, kini jumlahnya sudah mencapai 215 unit, belum termasuk yang segera diserahkan di paruh kedua 2022 ini.

Kemitraan antara Solaris dan ATM Milano dimulai pada 2014. Sejak itu, lebih dari 300 kendaraan, termasuk hampir 200 bus listrik dan bus hybrid telah diluncurkan dari gerbang pabrik di Bolechowo menuju Milan. Pada November tahun lalu, operator tersebut menandatangani kontrak lain dengan Solaris untuk 50 bus troli bebas emisi Trollino 18. “Solaris melakukan bagiannya untuk membuat revolusi e-mobility menjadi kenyataan,” begitu pernyataan Solaris.

Bus Urbino bertenaga listrik 12 meter yang siap dikirim sudah dilengkapi baterai Solaris High Energy dengan total kapasitas hampir 400 kWh. Baterai ini bisa diisi melalui pantograf terbalik. Powertrain bus terdiri darielectric axle dengan dua motor traksi terintegrasi.

ATM Milano menuju elektrifikasi bus kota/dok. solarisbus.com

Menurut Solaris, interior bus yang nyaman dan ber-AC bisa menampung 75 orang. Bus bisa diakses untuk kebutuhan penyandang disabilitas. Ada ruang kursi roda yang fungsional. Sementara untuk kenyamanan dan keamanan perjalanan, bus memiliki solusi mutakhir seperti port pengisian USB untuk perangkat seluler, sistem informasi penumpang dan sistem pengawasan video. “Pengemudi akan memiliki serangkaian solusi inovatif yang mereka miliki, seperti Mobileye Shield+, sistem yang menggunakan peringatan suara dan visual untuk memperingatkan pengemudi tentang objek yang terdeteksi di blindspot kendaraan,” demikian Solaris menjelaskan. (naskah : mai/foto : solarisbus.com)

Banner Content

Related Article