Rabu, 20 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TAK SEMATA MENGANGKUT PENUMPANG
 
17 Oktober 2011


(Jakarta – haltebus.com) Perum DAMRI identik dengan angkutan penumpang. Di beberapa daerah bahkan saat kita menyebut DAMRI yang teringat adalah bus kota. Namun, ternyata PERUM DAMRI mulai tahun 2011 menggiatkan pemasukan dari sektor lain. ”Ya memang angkutan barang atau paket menjadi salah satu andalan DAMRI. Secara teknis kami persiapkan,” kata Direktur Teknik PERUM DAMRI, Bagus Wisanggeni kepada haltebus.com, Kamis (13/10/11)

Menurut Bagus, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perum DAMRI ditargetkan untuk menghasilkan keuntungan. Karena itu, pihaknya mulai mengembangkan unit-unit usaha yang ada. Angkutan barang atau paket, kata dia, bukan pembukaan unit baru melainkan unit yang sudah lama beroperasi. Hanya saja, kinerja dan target unit usaha ini ditingkatkan.

Bagus menjelaskan, DAMRI memiliki keunggulan jaringan. Tersebar di 28 provinsi di seluruh Indonesia. Namun, untuk sementara jalur yang aktif untuk angkutan barang Sumatera – Jawa – Bali – Nusa Tenggara. “Kami bahkan punya stasiun khusus yang mengangkut barang di Atambua. Area layanannya hingga ke Dili,” kata dia

Angkutan barang, menurut Bagus, salah satu unit usaha yang cukup menjanjikan. Sejauh ini, DAMRI sudah terikat kerja sama dengan PT. POS Indonesia. Dari kerjasama ini DAMRI memperoleh pendapatan Rp. 30 miliar setahun.

Sementara itu, Kepala Unit Angkutan Barang, yang ditemui haltebus.com mengakui untuk merambah angkutan barang bukanlah hal yang mudah. Sebab, selama ini konsentrasi bisnis DAMRI adalah angkutan penumpang. ”Ada peluang yang besar jika kami bisa saling bersinergi diantara unit-unit usaha di DAMRI, maupun sinergi antar BUMN,” kata dia.

Sejauh ini, kata Iskandar peningkatan armada sudah dilakukan. Dari awalnya 40 unit kendaraan, kini unit Angkutan Barang memiliki armada 91 kendaraan. Tidak hanya truk, ada bus cargo, hingga mobil kecil. Menurut dia, targetnya ke depan DAMRI akan memiliki jangkauan langsung ke pengguna jasa, tak hanya sekedar mengangkut barang. (mai/foto: mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013