Kamis, 24 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SCANIA PERKENALKAN VANHOOL TX16 ASTRONEF
 
01 Desember 2012


(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan bus asal Swedia, Scania, memperkenalkan bus bergandar (axle ) tiga kerjasama mereka dengan pabrikan bodi bus asal Belgia Vanhool. Bus Scania Vanhool TX16 Astronef ini dipamerkan di ajang Pameran Transportasi Publik di Gothenburg, Swedia, 27-29 November lalu. “Bus ini ditawarkan dengan dua varian panjang yakni 14 meter dan 13,2 meter. Bus yang dipamerkan di Gothenburg adalah bus tiga gandar dengan panjang 13,2 meter, tinggi 3,7 meter,” demikian rilis yang dimuat di www.scania.com situs resmi Scania Rabu (28/11/12).

Seperti diketahui, Vanhool selama ini membangun bus-busnya dengan menggunakan mesin DAF dan MAN. Kerjasama ini, menurut Scania, untuk memperluas pasar mereka di Eropa. Di kalangan pelaku usaha transportasi bus di Indonesia, perkembangan teknologi dan model bus di Eropa dikerap menjadi acuan. Kerjasama dengan Vanhool cukup strategis mengingat setiap tahunnya produksi mencapai 3.500 unit per tahun.

Model bus Vanhool TX16 Astronef dipilih karena memiliki desain yang elegan cocok untuk luxury coach. Kesan mewah didapat tak hanya dari sisi desain eksterior namun juga interior. Lampu ‘berkepala’ hitam ini menonjolkan kesan yang elegan, tanpa meninggalkan ciri khas Vanhool yang sederhana. Dengan desain kaca yang lebar dan bersih mengesankan tanpa sambungan antar kaca menawarkan pandangan luas bagi setiap penumpangnya. Garis kaca yang semakin meninggi dari pintu depan hingga pintu belakang juga diikuti dengan meningginya lantai di kabin penumpang.

Di dalam kabin penumpang, Vanhool menawarkan kelapangan pandangan yang cukup luas. Kesan ini muncul tak hanya karena di sisi kaca samping yang dibuat lebar, adanya sunroof di plafon terbuka yang memanjang dari depan hingga belakang.

Scania menyediakan mesin berkapasitas 13.000cc bertenaga 440HP untuk Vanhool TX16 Astronef ini. Torsi maksimum mesin berstandar Euro-5 ini adalah 2300Nm. Ada juga pilihan mesin berstandar emisi Euro-6. Scania menawarkan kinerja mesin yang irit bahan bakar dengan pilihan dua standar emisi Euro itu.

Meski bergandar tiga, Scania menjamin manuver bus lebih mudah dari yang dibayangkan. Gandar ketiga alias yang terbelakang juga berfungsi sebagai pengarah bus, layarnya ban depan yang dikendalikan dengan steering wheel pada kabin pengemudi. Memarkir bus juga semakin mudah karena adanya fitur kamera di atas kaca belakang bus. Sayangnya Scania tidak merilis bandrol untuk satu unit Vanhool TX16 Astronef ini.

Bus bergandar tiga ini mungkin kah mengaspal di Indonesia? Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan sudah mengakomodir hadirnya bus bergandar tiga di negeri ini. Peraturan Pemerintah ini merupakan penjabaran UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 mengatur bus bergandar tiga yang bisa beroperasi adalah bus dengan panjang keseluruhan antara 12-13,5 meter. Dalam pasal 5 disebutkan bus maxi yang boleh beroperasi tak melebih lebar 2,5 meter, tinggi tak melebihi 4,2 meter dan JBB atau jumlah berat yang diperbolehkan antara 16-24 ton. Tertarik untuk memiliki bus bergandar tiga? (naskah : mai/ foto-foto: scania.com/vanhool.be)

 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013