Jumat, 15 Desember 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
ADA BUS HIJAU ! SEMAKIN LENGKAP WARNA-WARNI BUS WISATA JAKARTA
 
11 Oktober 2017


(Jakarta – haltebus.com) Satu unit bus tingkat wisata kembali bergabung dalam jajaran armada PT. Transjakarta, sebagai bagian program bus tingkat wisata Jakarta yang dimulai sejak Gubernur Joko Widodo dan Wakilnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Rabu (11/10/17). Kali ini warna hijau yang cerah menambah warna-warni bus tingkat wisata diserahkan oleh PT. Nestle Indonesia sebagai bagian dari program Coorporate Social Responsibility (CSR).

Serah terima bus tingkat dari Presiden Direktur PT Nestle Indonesia Dharnesh Gordhon kepada Direktur TransJakarta Budi Kaliwono dilakukan di Pendopo Balaikota Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang ikut menyaksikan serah terima mengaku senang dengan bertambahnya armada bus tingkat wisata Jakarta.

“Bus tingkat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pengunjung di tempat-tempat wisata di Jakarta. Terimakasih untuk PT. Nestle Indonesia yang telah memberikan kontribusinya,” kata Djarot.



Bus berbasis MAN R37 itu adalah bus tingkat ke-27 yang dikelola oleh PT. Transjakarta. Setelah diawali oleh Dinas Pariwisata dengan membeli lima unit bus tingkat Bus Coach International (BCI) tahun 2014, Gubernur Joko Widodo saat itu mengajak perusahaan-perusahaan di Jakarta ikut membantu pengadaan bus tingkat wisata. Satu per satu perusahaan maupun grup usaha yang berbasis di Jakarta mulai menyerahkan bus-bus tingkat yang semuanya berbasis chassis premium.

Djarot berharap dengan bus-bus tingkat wisata itu, masyarakat Jakarta bisa tertarik menggunakan transportasi umum seiring dengan tersedianya transportasi bus yang nyaman. Karena itu, Djarot meminta PT. Transjakarta nantinya tidak hanya menggunakan bus-bus tersebut untuk wisata, tetapi juga dapat mengangkut warga yang tinggal di daerah penyangga Ibu Kota dan bekerja di Jakarta.


“Saya sampaikan pada PT Transjakarta hendaknya memaksimalkan bus wisata ini untuk melayani masyarakat yang berada di Depok, Bekasi, Tangerang, di mana banyak di antara mereka yang bekerja di Jakarta,” kata Djrot mengungkapkan harapannya.

Menurut Djarot pemanfaatan bus tingkat untuk bus wisata dirasakan sudah cukup banyak. Saat ini sudah beroperasi 26 unit bus tingkat wisata. Dia mengungkapkan, agar warga Jakarta dan sekitarnya mau naik bus, salah satu terobosannya adalah mengajak pesepeda yang bekerja di Jakarta ikut naik ke dalam bus. Dia mengusulkan, bus tingkat wisata bisa mengangkut sepeda. Sehingga, warga yang tinggal di sekitar Jakarta bisa membawa sepedanya sekaligus saat naik bus.

Dalam kesempatan itu, dia juga meminta Direktur PT. Transjakarta Budi Kaliwono untuk menjalin kerjasama dengan komunitas pesepeda agar bisa segera merealisasikan ide menggaet pesepeda naik bus. Budi Kaliwono sendiri saat peluncuran Transjabodetabek Premium oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bulan lalu, sudah mulai menjalin komunikasi dengan salah satu komunitas pesepeda di Bekasi.

Presiden Direktur PT Nestle Indonesia, Dharnesh Gordhon, menyampaikan kontribusi ini merupakan komitmen pihaknya untuk terus meningkatkan kualitas hidup melalui peningkatan layananan transportasi publik. “Kami berharap bus tingkat ini dapat menjadi pilihan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat Jakarta agar mereka dapat dengan leluasa berkeliling kota Jakarta bersama keluarga,” ujar Dharnesh.



PT. Nestle Indonesia merogoh kas perusahaan sedikitnya Rp. 5 miliar untuk membangun bus MAN R37 ini di Karoseri Nusantara Gemilang, Kudus. Bus dilengkapi enam CCTV di dalam bus dan satu kamera mundur yang membantu pengemudi dalam bermanuver. Ada 76 kursi yang tersedia di dalam bus untuk penumpang umum dan disabilitas.

Manajemen PT. Nestle Indonesia sempat menaiki bus untuk mencoba kenyamanannya. Dari Balaikota bus berkeliling melalui Jl. Medan Merdeka Selatan, Jl. Medan Merdeka Barat, Harmoni, Jl. Ir. Juanda berputar ke Jl. Veteran, masuk ke Jl. Medan Merdeka Utara dan kembali ke Balaikota. Mereka terlihat senang dan puas dengan bus yang dibuat oleh Karoseri Nusantara Gemilang dan disiapkan chassis-nya oleh PT. Duta Putera Sumatera. (naskah : mai/foto/mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013