Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Perusahaan transportasi berbasis mobilitas digital, Flixmobility, kembali melebarkan sayapnya melalui FlixBus. Setelah sukses di Eropa dan Amerika Utara, giliran Amerika Latin yang menjadi target berikutnya. Perusahaan yang berbasis di Jerman itu, menargetkan bisa beroperasi pada akhir 2021 di Brasil. Demikian informasi yang dirilis secara resmi oleh Flixmobility melalui laman resminya Kamis, (29/7/21).

Terbukanya peluang berkompetisi di Brasil ini, dimanfaatkan FlixBus sebagai kesempatan baru dalam rencana ekspansi mereka. Dengan ekspansi ini, FlixBus membawa model bisnis hijaunya ke salah satu pasar bus terbesar di dunia. Di Brasil, 60 persen populasinya memilih menggunakan bus jarak jauh, bus merupakan sarana transportasi bersama yang paling banyak digunakan.

Strategi FlixBus di Brasil, tak berbeda dengan negara-negara yang menjadi wilayah operasional mereka. Menggabungkan perjalanan ramah lingkungan dan terjangkau dengan produk berkualitas tinggi serta standar keamanan yang ketat telah menjadi resep keberhasilannya di seluruh Eropa dan di AS.

Flixmobility, New Mobility

FlixBus Safety

Pendiri dan CEO FlixBus André Schwämmlein berharap mereka bisa membuka pasar baru di Brasil. “Kami berharap pembukaan pasar mobilitas Brasil akan membawa perubahan signifikan dan banyak peluang bagi pemain inovatif seperti kami. Pasar yang kompetitif menawarkan lebih banyak pilihan bagi pelanggan dan mengarah pada pilihan mobilitas yang lebih berkelanjutan dan perjalanan yang terjangkau,” ujarnya.

Bersama dengan mitra bus regionalnya, FlixBus telah mengembangkan jaringan bus jarak jauh terkemuka di Eropa dan telah menjadi pemain terbesar kedua di Amerika Serikat. Kini perusahaan akan fokus membangun jaringan di seluruh Brasil. Inovasi produk dan pendekatan cerdasnya terhadap bisnis akan menjadi kunci sukses di negara Amerika Selatan.

Managing Director FlixBus Brazil Edson Lopes, mengungkapkan, mereka akan memperkenalkan alternatif mobilitas baru yang bertujuan untuk memperluas wilayah. Mereka akan menyasar wilayah, di mana saat ini tidak ada persaingan dan orang-orang mencari sarana transportasi yang terjangkau. “Dengan pendekatan bisnis yang cerdas dan produk yang hebat, FlixBus berhasil mengubah cara orang bepergian ke seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Tahun ini, kami akan mulai menawarkan pengalaman ramah lingkungan yang sama kepada pelanggan Brasil dengan standar kualitas tinggi dan value for money,” kata dia.

FlixBus Fleet

Cleaning FlixBus Fleet

Schwämmlein menambahkan, sejak FlixBus dimulai, banyak negara Eropa telah mengambil langkah penting ini. Ujungnya, kata dia, meningkatkan keseluruhan penawaran mobilitas bagi pelanggan bus. Dia berharap negara-negara Eropa yang tersisa seperti Spanyol, Yunani atau Rumania akan segera menyadari potensi pembukaan pasar baru, agar menarik lebih banyak penumpang ke perjalanan kolektif yang berkelanjutan.

Awal Juni 2021, perusahaan mengumumkan putaran pendanaan yang baru ditutup lebih dari $650 juta. Dana ini akan digunakan untuk memperluas penawaran FlixBus dan FlixTrain di beberapa pasar baru dan yang sudah ada. Bagian yang signifikan dimaksudkan untuk mendanai ekspansi global ke geografi baru, dengan Brasil menandai langkah paling penting.

Menurut Schwämmlein mereka melihat potensi solusi mobilitas berkelanjutan yang terjangkau di seluruh dunia, di semua negara. Dia menambahkan, di negara-negara berkembang, seperti Brazil atau Turki, mereka hadir sejak 2019, mobilitas masyarakat meningkat pesat. “Untuk memastikan bahwa peningkatan kebutuhan mobilitas mereka terpenuhi secara berkelanjutan, adalah kunci untuk membangun jaringan yang menarik dari pilihan mobilitas kolektif yang berkelanjutan. Karena bus jarak jauh adalah salah satu moda perjalanan yang paling ramah iklim, tawaran yang lebih besar akan berkontribusi secara signifikan untuk membuat perjalanan lebih berkelanjutan,” kata dia. (naskah : mai/foto : flixbus.com)

Banner Content

Related Article