Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Perusahaan digital mobility asal Jerman, FlixMobility mengoperasikan rute pertama mereka di Amerika Selatan. Mulai 1 Desember 2021, mereka mengoperasikan bus FlixBus di rute-rute di Brasil yang menghubungkan kota-kota São Paulo, Rio de Janeiro dan Belo Horizonte. Langkah ini menjadi bagian FlixMobility memasuki pasar Amerika Selatan. Seebelumnya, FlixBus merambah Amerika Serikat pada 2018.

“Brasil adalah pasar yang strategis bagi kami karena dimensi benuanya dan potensinya yang tinggi. Sebagai perusahaan yang berinovasi dalam mobilitas dalam skala global, kami ingin menawarkan pilihan perjalanan yang terjangkau dan berkelanjutan kepada lebih banyak konsumen di seluruh dunia. Oleh karena itu, kami sangat senang untuk memulai operasi kami di Brasil”, kata Founder dan CEO FlixBus, André Schwämmlein dalam pernyataannya Rabu (1/12/21).

FlixBus menawarkan hingga dua belas keberangkatan setiap hari di dua rute utama dari São Paulo ke Rio de Janeiro dan Belo Horizonte. Penawaran baru ini direspon oleh pelanggan Brasil, yang bisa dapat memesan tiket sejak pertengahan November, beberapa pekan sebelum resmi beroperasi.

Bus FlixBus melayani rute perdana di Brasil per 1 Desember 2021/dok. FlixBus

Salah satu perhatian FlixBus, keamanan perjalanan pelanggandok. FlicBus

Dalam pernyataannya, perusahaan yang berdiri sejak 2011 ini menyebutkan, ekspansi itu membawa model bisnis ramah lingkungan ke salah satu pasar bus terbesar di dunia. Berdasarkan survei FlixBus, sekitar 60 persen penduduk Brasil menggunakan bus jarak jauh. Kehadiran mereka di Brasil, membangun pola baru perjalanan. Yakni dengan menggabungkan perjalanan berkelanjutan dan terjangkau dengan produk berkualitas tinggi dan standar keamanan yang ketat. Strategi yang menjadi resep sukses FlixBus di seluruh Eropa dan AS.

Grupo Adamantina, salah satu perusahaan di Brasil yang menjadi mitra lokal pertama FlixBus di negeri itu. Rute baru dioperasikan oleh Grupo Adamantina, yang percaya pada keahlian teknologi FlixBus. Selama ini FlixBus memiliki keunggulan dalam penetapan harga, pemasaran dan penjualan, smart route, manajemen kualitas, dan perluasan produk yang berkelanjutan.

Selain itu, seluruh armada bus menerapkan standar internasional, yang mencakup layanan seperti Wi-Fi gratis di dalam pesawat. “Kami menyadari sejarah kualitas FlixBus di luar Brasil. Menjadi mitra pertama perusahaan di negara ini merupakan langkah mendasar dalam mengkonsolidasikan Adamantina di tingkat nasional, memungkinkan kami untuk bersaing dengan grup transportasi jalan lainnya,” ujar pemilik Grupo Adamantina, Clóvis Nascimento Martins.

Rute yang dilayani pertama kali oleh FlixBus menawarkan dua rute utama : São Paulo — Rio de Janeiro dan São Paulo — Belo Horizonte. Delapan keberangkatan harian di rute São Paulo – Rio de Janeiro di kedua arah. Sementara untuk rute São Paulo – Belo Horizonte ada empat kali keberangkatan sehari, juga di kedua arah.

Perusahaan bus Greyhound, salah satu perusahaan yang bergabung dengan FlixBus di Amerika Serikat/dok. FlixBus

Armada FlixBus parkir di Terminal Sentra Hamburg, Jerman/dok. FlixBus

“Kami sedang mencari model untuk memberikan layanan koneksi lebih lanjut dan bekerja sama dengan lebih banyak mitra lokal. Kami ingin membangun jaringan yang solid di Brasil mirip dengan jaringan yang ditawarkan di Eropa dan Amerika Serikat, di mana kami bekerja sama dengan lebih dari 500 mitra bus yang berbeda,” kata Managing Director FlixBus Brasil Edson Lopes.

Lopes menjelaskan, FlxBus memperkenalkan alternatif mobilitas baru yang untuk memperluas wilayah yang memiliki persaingan yang minim. Selain itu, mereka juga mencari wilayah dimana orang-orang mencari sarana transportasi yang terjangkau. Dia mengklaim, dengan pendekatan bisnis yang smart dan produk yang hebat, FlixBus sudah terbukti berhasil mengubah cara orang bepergian ke seluruh Eropa dan AS. “Sekarang kami menawarkan pengalaman ramah lingkungan yang sama kepada pelanggan Brasil dengan standar kualitas tinggi dan nilai terbaik untuk uang,” kata Lopes

Dia juga menambahkan, FlixBus akan menjadi salah satu pemain global pertama yang menyediakan layanan bus yang mudah, terjangkau, dan nyaman bagi pelanggan Brasil. Semua yang mereka jalankan, menurut Lopes, mengikuti langkah-langkah terbaru yang diambil oleh regulator federal menuju pasar yang lebih kompetitif. (naskah : mai/foto : dok. FlixBus)

Banner Content

Related Article