Banner Top

(Jakarta – haltebus.com) Perusahaan teknologi transportasi asal Jerman, FlixMobility, mulai memperkuat penetrasinya di Amerika Serikat. Kamis (21/10/21), mereka mengumumkan mengakuisisi Greyhound, salah operator bus antar kota jarak jauh terbesar dan cukup dikenal luas di negara itu. Bergabungnya Greyhound Lines Inc menambah luasnya pelayanan FlixMobility melalui FlixBus di Amerika Serikat.

“Bersama-sama, FlixBus dan Greyhound akan lebih mampu memenuhi permintaan yang meningkat ini. Karena bisnis kami terus pulih dari dampak pandemi, kami akan meniru kesuksesan yang telah kami capai di 36 negara di luar AS dengan pendekatan inovatif dan berpusat pada pelanggan kami,” demikian pernyataan Founder & CEO FlixMobility, André Schwämmlein.

FlixMobility mengakuisisi Greyhound Lines Inc, yang dimiliki oleh FirstGroup plc. Akuisisi ini menjadi langkah penting untuk FlixBus. Menurut Schwämmlein, konsumen di seluruh Amerika Utara semakin mencari solusi mobilitas yang terjangkau, nyaman, cerdas, dan berkelanjutan. Penawaran FlixBus akan menarik lebih banyak pelancong secara signifikan, berpindah dari mobil pribadi ke mobilitas berbasis bus antar kota.

David Martin, Executive Chariman First Group plc/dok. firstgroupplc

Greyhound/dok. firstgorupplc

Pernyataan Schwämmlein didasari pada kekuatan masing-masing perusahaan. Pembelian ini menyatukan teknologi global inovatif dari FlixBus dan kemampuan serta pengalaman Greyhound yang ikonik di Amerika Serikat. Jangkauan teknologi FlixBus dan eksistensi Greyhound bisa menjadi penyelamat di masa pandemi. Khususnya, menarik pelancong dengan bus antar kota di jalur bus antar kota yang membentang di Amerika Serikat.

Pegerakan di sektor transportasi bus antar kota, menyelamatkan masyarakat dan pekerja penting. Ketika ekonomi Kembali dibuka, FlixBus berharap, Bersama-sama masyarakat, mereka menjadi pendorong untuk pertumbuhan berkelanjutan di seluruh negeri. “Jaringan FlixBus Global melayani lebih dari 2.500 tujuan di 36 negara di luar AS dengan 400 ribu koneksi setiap hari. Greyhound saat ini menghubungkan sekitar 2.400 tujuan di seluruh Amerika Utara dengan hampir 16 juta penumpang setiap tahun,” demikian pernyataan FlixBus.

FlixMobolity melihat peluang perkembangan industri transportasi bus di masa depan. Bus sebagai alternatif yang berkelanjutan dan dapat dengan mudah diakses sekarang lebih penting dari sebelumnya. Fluktuasi biaya bahan bakar, kenaikan harga mobil baru-baru ini, dan kekhawatiran perubahan iklim telah meningkatkan minat banyak konsumen dalam mencari alternatif untuk beralih dari penggunaan mobil individu.

Founder & CEO FlixMobility, Jochen Engert menambahkan, ekspansi berkelanjutan FlixMolbility menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi pertumbuhan mereka. Strategi ini meliputi perluasan layanan melalui kemitraan maupun akuisisi perusahaan. Berdasarkan strategi itu, kata dia, FlixMobility membangun eksistensi secara global.

Tren mobilitas baru, berpindah dari kendaraan pribadi ke bus

FlixBus

“Akuisisi Greyhound merupakan langkah maju yang besar di Amerika Serikat. Tim FlixBus dan Greyhound memiliki visi yang sama untuk membuat mobilitas yang cerdas, terjangkau, dan berkelanjutan dapat diakses oleh semua orang,” kata Engert.

Executive Chairman, FirstGroup plc, David Martin mengatakan, penjualan Greyhound ke FlixMobility adalah bagian dari strategi rasionalisasi portofolio mereka untuk memfokuskan kembali First Group pada bisnis transportasi umum terkemuka di Inggris. “Kekuatan Greyhound adalah orang-orangnya, dan saya ingin berterima kasih kepada mereka atas komitmen teguh mereka kepada pelanggan dan komunitas mereka. Sebagai bagian dari FlixMobility, saya yakin Greyhound akan ditempatkan dengan baik untuk terus tumbuh dan mengembangkan layanan ikonik mereka selama bertahun-tahun yang akan datang,” ujarnya.

FirstGroup telah mencapai kesepakatan dengan Neptune Holding Inc. sebagai pembeli. Neptune Holding Inc, adalah perusahaan yang 100 persen dikendalikan oleh FlixMobility. FristGroup menjual Greyhound Lines, Inc. yang mencakup operasi bisnis Greyhound AS (termasuk armada kendaraan, merek dagang, dan aset tertentu lainnya serta kewajiban). Nilai perusahaan atas dasar bebas hutang/bebas uang tunai sebesar USD 46 juta ditambah pertimbangan tangguhan tanpa syarat sebesar USD 32 juta dengan tingkat bunga 5 persen per tahun.

Founder FlixBus Ki-Ka : Daniel Kraus, André Schwämmlein, Jochen Engert

FlixBus USA diluncurkan pada 2018 dengan tujuan di seluruh Barat Daya, termasuk Los Angeles, CA, Las Vegas, NV, dan Phoenix, AZ. Sejak itu, Perusahaan telah memperluas operasinya untuk memfasilitasi perjalanan antara kota-kota tambahan di Barat Daya, Selatan, Timur Laut, dan Barat Laut Pasifik.

FlixMobility dimulai di Jerman pada tahun 2013 dengan FlixBus sebagai rintisan awal oleh Jochen Engert, Daniel Krauss, dan André Schwämmlein. Tiga serangkai ini bertekad menghadirkan sarana perjalanan revolusioner yang menggabungkan kemajuan teknologi, kemampuan e-commerce, dan transportasi berkelanjutan.

Selama delapan tahun terakhir, perusahaan telah menunjukkan keberhasilan yang signifikan. FlixBus tumbuh menjadi jaringan bus antarkota terbesar di Eropa, membantu lebih dari 62 juta orang pada tahun 2019 mencapai tujuan mereka. (naskah : mai/foto: flixmobility/firstgroupplc)

Banner Content

Related Article